Beranda Tiket Wisata

PANTAI AKKARENA Makassar Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Akkarena
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000 Jam Buka: 06.00 - 19.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Tanjung Bunga,Tamalate,Makassar,Sulawesi Selatan,Indonesia,-.

Pantai Akkarena merupakan destinasi wisata bahari yang berada di pesisir wilayah Tanjung Bunga, Makassar.  Nama Akkarena berasal dari bahasa Makassar yang berarti bermain, karena lokasinya menjadi destinasi berlibur.

Pantai Akkarena dibuka untuk umum sejak tahun 1998 dengan luas 10 hektare. Tak hanya menawarkan keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati berbagai watersport hingga cafe-cafe unik.

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Pengunjung yang datang ke area pantai akan dikenakan tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiket masuknya masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Senin – JumatRp10.000
Sabtu, Minggu, LiburRp15.000
Anak-anak di bawah 5 tahunGratis

Baca: 12+ Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
WeekdayPk. 06.00-19.00
WeekendPk. 06.00-20.00

Berbagai Aktivitas Di Pantai Akkarena

Pantai Akkarena setiap harinya dikunjungi ratusan wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantainya. Pada hari-hari libur, jumlahnya mencapai ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Bersantai Menikmati Suasana Pantai

Bersantai bersama keluarga area pantai
Bersantai bersama keluarga menikmati suasana pantai – Foto : Instagram/fikarfkr

Gemuruh ombak, semilir angin menghempas mewarnai suasana di bibir Pantai Akarena. Eksotisme pantai ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Akkarena relatif bersih dan terawat dengan baik. Suasananya tenang, damai, dan nyaman untuk bersantai menikmati keindahan pesisir.

Pantai Akkarena merupakan pantai berpasir hitam yang mempesona sebagai pilihan bersantai bersama keluarga. Pantai ini dilengkapi berbagai arena bermain anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan maupun papan luncur. Baru baru ini, pihak pengelola menyediakan fasilitas WiFi gratis demi kenyamanan wisatawan.

Baca: PANTAI TANJUNG BIRA Tiket & Ragam Aktivitas

Berjalan-jalan di Taman Bergaya Mediterania

Taman bergaya mediterania di Pantai Akarena Makassar
Taman bergaya mediterania di Pantai Akarena – Foto : GoogleMaps/yusri adrianto

Pantai Akkarena dilengkapi dengan taman seluas 450 m2 di area bibir pantai. Desain dan arsitektur bangunannya elegan bergaya ala mediterania.

Jajaran gazebo tertata rapi sebagai tempat bersantai bagi wisatawan. Taman ini dilengkapi juga dengan sound system, layar LCD dan hiburan live musik.

Baca: PANTAI LOSARI Tiket & Ragam Aktivitas

Berenang

Kawasan Pantai Akarena memiliki ombak yang gelombangnya tak begitu besar. Hal ini mendukung wisatawan untuk bisa berenang dengan rasa aman dan nyaman. Wisatawan dapat berenang di perairan dangkal dekat area peisirnya.

Di ujung pantai dibangun pemecah gelombang untuk melindungi para wisatawan yang berenang di tepian. Pengelola pun sudah menyediakan ruang bilas, ruang ganti, dan loker untuk menyimpan barang-barang wisatawan.

Wahana Banana Boat di Pantai Akkarena

Mencoba wahana air Banana Boat
Mencoba wahana air pemacu adrenalin Banana Boat di perairan Pantai Akarena – Foto : GoogleMaps/Rezki Yulianto

Pantai Akarena dilengkapi olahraga air terutama bagi wisatawan yang menyukai wahana pemacu adrenalin. Wisatawan dapat mencoba permainan air seperti jetski, banana boat, maupun speed boat. Beberapa fasilitas lainnya seperti outbound, waterfox, boat kecil, serta kano pun tersedia.

Jika tidak ingin bermain basah-basahan, wisatawan dapat mencoba wahana danau cinta sebagai alternatif. Tersedia dua pasang Zip Bike yang meluncur pada tali yang membentang di atas danau. Wahana ini siap menguji adrenalin pengunjung sekaligus memberikan pengalaman berbeda.

Dermaga Cinta Pantai Akkarena

Dermaga Cinta dengan wahana berbentuk hati di tepi pantai
Dermaga Cinta merupakan landmark Pantai Akarena – Foto : GoogleMaps/Jusbaniar Nayer

Salah satu sudut yang menyajikan keindahan Pantai Akarena adalah sebuah dermaga laut sekaligus landmark. Panjang dermaga 150 meter dengan lebar 5 meter, berdiri kokoh di atas permukaan laut. Dermaga ini juga digunakan untuk pendaratan kapal-kapal wisata yang berukuran kecil dan sedang.

Spot favorit dengan dekorasi warna-warni ini menjadi salah satu sisi romantis dari Pantai Akkarena. Dermaga ini bertambah indah pada malam hari, dengan adanya penambahan aksesori lampu. Tempat ini juga merupakan spot foto favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Akarena.

Golden Sunset di Pantai Akkarena

menikmati golden sunset di tepi pantai
Suasana senja menjadi salah satu daya tarik Pantai Akarena – Foto : GoogleMaps/Djun Heskiel Tulak

Berada di tepian samudera, sunset merupakan salah satu daya tarik utama dari Pantai Akarena. Langit kemerahan dengan pantulan sinar mentari di lautan yang juga menghadirkan indahnya suasana senja.

Sore hari menjadi waktu favorit bagi wisatawan Pantai Akarena. Bertepatan dengan matahari terbenam, jumlah wisatawan semakin banyak berdatangan.

Wisata Malam

Pada malam hari, Pantai Akarena memberikan suasana berbeda dengan gemerlap kerlip dekorasi lampu. Jumlah wisatawan pun terus bertambah saat waktu malam tiba. Kawasan wisata ini diramaikan dengan lampu hias dan lampu sorot tengah malam.

Wisatawan menyukai suasana malam hari untuk menikmati pemandangan laut bersama rekan maupun keluarga. Cuaca pun teduh dengan hembusan angin yang menambah kesejukan. Wisatawan biasanya akan berkumpul menikmati wisata malam sambil bersantai di area pepasir.

Mencoba Kuliner Khas

Taman di area Pantai Akkarena juga menyediakan berbagai macam aneka kudapan. Wisatawan dapat memilih aneka menu internasional maupun tradisional Makassar. Seperti Coto Makassar, Sop Sodara maupun Sup Konro.

Terdapat juga food court di sekitar pantai yang menjual berbagai kuliner buruan wisatawan. Antara lain pisang epe, pisang goreng kipas, es pisang hijau, serta es kelapa muda.

Aneka café unik menyiapkan tempat nyaman untuk menikmati sajian kuliner sambil menikmati suasana pantai. Beberapa mengusung konsep rainbow everywhere dari mulai kursi, bean bag, bantal hingga payung.

Berkeliling Pantai dengan Perahu

Selain menikmati keindahan pantai dari wilayah pesisir, wisatawan juga dapat menyusuri wilayah perairan Pantai Akarena. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk berkeliling wilayah sekitar pantai. Perahu tersebut akan berlabuh di dermaga untuk kemudian kembali setelah mengantarkan wisatawan menikmati perairan.

Memancing

Selain disewa untuk berkeliling menikmatit perairan sekitar pantai, banyak kapal disewa untuk memancing. Wisatawan dapat menggunakan kapal-kapal atau perahu tersebut untuk membawa ke spot pancing. Di sana, perahu akan menjadi tempat wisatawan untuk memancing ikan di sekitar Pantai Akkarena.

Berkemah di Pantai Akkarena

Pantai Akarena memiliki pesona di setiap bagian waktunya. Dengan berkemah, wisatawan akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati keindahannya. Di sore hari, wisatawan dapat menyaksikan momen sunset-nya yang romantis.

Dilanjutkan menikmati suasana malam di pantai yang nyaman untuk bersantai. Wisatawan bisa menikmati barbeque dan ragam hiburan kekinian. Di pagi hari, wisatawan akan siap untuk berburu momen sunrise yang memukau.

Sensasi liburan camping di tepi pantai ini juga ditawarkan dalam paket wisata oleh pengelola. Biasanya Camping Beach Party ini ditawarkan pada musim liburan panjang seperti momen akhir tahun. Wisatawan dapat menikmati pesta kembang api, api unggun, kuliner festival, hingga Dj performance.

Kemeriahan Gelaran Acara

Berbagai acara kerap digelar menjadikan kawasan Pantai Akkarena sebagai tuan rumah. Mulai dari festival musik hingga acara yang digelar komunitas maupun kelompok tertentu. Momen malam pergantian tahun juga menjadi kemeriahan rutin tahunan yang dihelat di sini.

Pihak pengelola menggelar even bertajuk Camping Beach Party yang dipusatkan di Pantai Akkarena. Wisatawan bisa menikmati pesta kembang api, api unggun, kuliner festival, maupun photo competition. Camping ground, pertunjukan musik, bakar ikan dan jagung, serta Dj performance pun menjadi bagiannya.

Gelaran lainnya yaitu festival laying-layang yang mengangkat permainan tradisional yang digemari anak-anak maupun dewasa. Kegiatan tahunan ini sudah masuk di kalender event Dinas Pariwisata kota Makassar. Festival ini menampilkan bermacam-macam jenis layang-layang, seperti layang-layang 2D, 3D, serta train/naga.

Fasilitas

Pantai Akarena memiliki area parkir cukup luas yang langsung dekat bibir pantai. Pengawalan ketat pihak pengamanan Akkarena dan polisi pariwisata terus bersiaga di kawasan tersebut.

Terdapat dua pintu yakni pintu masuk dan keluar dengan pos penjagaan. Tiket dari pintu masuk tetap harus disimpan untuk diberikan kepada petugas pintu keluar.

Tata kelola kawasan wisata cukup apik dengan berbagai fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan. Ruang meeting berkualitas tinggi dengan pilihan ukuran small and large menjadi daya tarik utamanya.

Lokasi Wisata Pantai Akarena

Objek Wisata Pantai ini terletak di Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Akses menuju Pantai Akkarena cukup mudah karena berada di kawasan Tanjung Bunga. Lokasinya berada tepat di seberang GTC Mall. Berjarak 4 kilometer dari pusat Kota Makassar, jarak tempuhnya berkisar 8 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini