Beranda Tiket Wisata

PANTAI BARA Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Bara : Rp25.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl Bara, Darubiah, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia, -

Pantai Bara merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila datang ke Sulawesi Selatan. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati suasana yang sepi dan damai. Hal itu karena area pantainya belum terlalu ramai kunjungan turis seperti saudara kembarnya, yaitu Pantai Bira.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan wisata berkemah yang sangat menarik. Pengunjung dapat menyewa lokasi berkemah dan mendirikan tenda di sini. Sedangkan bagi yang tidak ingin berkemah bisa menyewa penginapan yang terletak di lokasi unik yaitu di atas tebing jurang. Dengan biaya masuk yang terjangkau dan fasilitas yang memadai, pengunjung akan mendapatkan liburan yang berkesan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bara

Harga tiket masuk ke Pantai Bara relatif terjangkau, namun belum termasuk biaya fasilitas yang ada di dalam lokasi pantai. Kemudian, di pantai ini juga tersedia beberapa fasilitas yang dapat disewa, antara lain lokasi tenda, peralatan BBQ, dan kapal untuk menyeberang ke pulau terdekat.

Harga Tiket Masuk
Per orang Rp25.000
Harga Fasilitas
Lokasi Berkemah Rp35.000
Parkir Rp10.000 – Rp20.000
Toilet/Kamar Mandi Bilas Rp5.000 – Rp10.000
Sewa Kapal Rp300.000 – Rp800.000
Sewa Alat Bakar Ikan Rp50.000 – Rp100.000

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Sulawesi Selatan

Jam Operasional Pantai Bara

Sama seperti Pantai Bira, pantai ini terbuka setiap hari selama 24 jam. Jika hendak berlibur ke sini, pastikan cuaca sedang cerah. Hal itu dilakukan agar dapat lebih leluasa dalam menjelajah wilayah di Pantai Bara. Kemudian, jika ingin lebih menikmati suasana pantai yang sepi, sebaliknya pilihlah hari biasa untuk waktu kunjungan.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 jam

Berkemah di Tepi Pantai

Berkemah di tepi Pantai Bara
Salah satu aktivitas unik di sini adalah berkemah di tepi pantai. Foto: Google Map/C.A

Hal menarik yang dapat kita lakukan di pantai ini yaitu berkemah di tepi pantai. Kegiatan tersebut tentu sangat menarik dan menantang. Meski begitu, jangan khawatir akan terkena air pasang karena lokasi yang tersedia tidak terlalu dekat dengan bibir pantai.

Pilihlah waktu berkemah yang bertepatan dengan musim kemarau. Hal itu perlu agar tenda tidak kebanjiran. Selain itu, apabila berkunjung di cuaca cerah, maka di malam hari bintang-bintang akan jelas terlihat. Nikmati pemandangan malam dengan secangkir teh hangat dan musik yang syahdu.

Berenang dan Bermain Olahraga Air

Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati diving atau snorkeling di Pantai Bara
Selain berenang, pengunjung dapat mencoba olahraga air seperti diving atau snorkeling. Foto: Google Map/Jimbron Asf

Kegiatan yang tidak boleh terlewat ketika berwisata ke pantai yaitu berenang di laut. Terlebih air laut di pantai ini sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Keindahan perpaduan warna lautnya sangat jelas terlihat terutama dari atas perbukitan di sekitar pantai.

Jika bosan hanya berenang di dekat tepi pantai, cobalah memacu adrenalin dengan mencoba olahraga air. Di sini, pengelola menyediakan penyewaan peralatan olahraga air seperti banana boat, donut boat, diving, dan snorkeling. Jangan khawatir, harga sewanya masih cukup terjangkau.

Pemandangan Epik Pantai Bara

Sudut pantai di Pantai Bara
Berfoto di sudut pantai dapat membuat foto menjadi terlihat alami dan eksotis. Foto: Google Map/Muh. Alif Bakri

Selain karena keindahan warna air lautnya, pantai ini juga terkenal dengan beberapa area foto yang instagramable. Salah satu areanya yaitu terletak di sudut pantai. Dinding batu karang yang berpadu dengan pepohonan dan birunya air laut membuat hasil foto terlihat eksotis.

Kemudian, tempat selanjutnya yaitu di ayunan pohon. Di sini pengunjung dapat membuat kesan ceria pada foto. Kesan itu bisa ditemukan dengan pose sedang bermain ayunan. Lalu, area berikutnya adalah perahu nelayan yang sedang bersandar di pantai. Berposelah dengan duduk membelakangi laut dan batu karang.

Pemandangan Matahari Terbenam

Pemandangan Matahari Terbenam di Pantai Bara
Dari tepi pantai, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sini. Foto: Google Map/Indra Febrian Iskandar

Pemandangan matahari terbenam yang memukau terekspos jelas di pantai ini. Tak kalah dengan di Pantai Bira, pantai ini menawarkan area yang menarik untuk melihat matahari terbenam. Area tersebut seperti di sudut pantai dengan bangku yang menghadap langsung ke laut.

Agar terkesan alami, pengelola membuat bangku-bangku tersebut dari kayu dan atapnya terbuat dari rumbia. Pemandangan matahari terbenam ini juga sangat bagus menjadi objek foto. Salah satu foto pose yang sering dilakukan pengunjung yaitu foto siluet dan foto seolah-olah sedang memegang matahari.

Menyeberang ke Pulau Lain

Kapal yang digunakan untuk menyebrang ke pulau lain
Dari Pantai Bara, pengunjung dapat menyeberang ke Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe. Foto: Google Map/Ahmad Fauzi

Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di sini yaitu menyeberang ke pulau lain menggunakan kapal. Pulau yang sring menjadi tujuan yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe. Khususnya di Pulau Liukang Loe, pengunjung dapat melihat banyaknya pohon berkayu hitam. Selain itu, di sini juga sering menjadi tempat untuk memulai kegiatan menyelam. Hal itu karena keindahan bawah laut terlihat jelas meskipun menyelam tidak terlalu dalam.

Untuk dapat sampai ke pulau tersebut, pengunjung dapat menyewa kapal dan menyeberang selama 15 sampai 20 menit. Ketika berada di kapal, pemandangan laut yang indah akan terlihat semakin jelas. Jika ingin menyeberang pulau, sebaiknya ketika hari sedang cerah. Hal itu untuk menghindari ombak tinggi yang dapat membahayakan kapal.

Fasilitas di Pantai Bara

Pantai Bara memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas tersebut yaitu penginapan bungalow, penyewaan alat membakar ikan, properti foto, area berkemah, dan kapal untuk menyeberang pulau. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas mendasar seperti toilet, kamar mandi bilas, musala, dan warung makan.

Lokasi Pantai Bara

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jika ingin sampai ke sini, pengunjung harus melewati pintu masuk Pantai Bira dan melewati hutan lindung. Di hutan lindung ini terdapat monyet-monyet yang tidak memiliki ekor. Untuk sampai ke Pantai Bara, medan jalannya cukup kecil namun tetap dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis sebaiknya gunakan kendaraan roda dua. Waktu tempuh dari pintu masuk Pantai Bira menuju ke pantai ini yaitu sekitar 15 menit.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 15

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini