Beranda Tiket Wisata

PULAU KAMBING Bulukumba: 6 Aktivitas Pilihan - Agustus 2020

Pulau Kambing Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Bira,Bonto Bahari,Kabupaten Bulukumba,Sulawesi Selatan,Indonesia,-.

Pulau Kambing merupakan destinasi wisata bahari dengan pesona alam bawah laut yang memukau. Dijuluki sebagi hidden paradise, keindahannya disebut-sebut bak mutiara yang terpendam di bawah lautan. Pulau tak berpenghuni ini berjarak sekitar 20 menit dari pesisir Tanjung Bira, Bulukumba.

Baca: PANTAI TANJUNG BIRA Tiket & Ragam Aktivitas

Kawasan wisatanya menyajikan nuansa pantai pasir putih dan tebing di beberapa titik. Air lautnya yang jernih menjadikannya sebagai buruan para pecinta diving maupun snorkeling. Di balik nama yang unik, perairannya begitu kaya dengan limpahan keindahan biota laut.

Harga Tiket

Memasuki kawasan wisata Pulau Kambing, wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk area.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Senin – JumatPk. 08.00 – 17.15
Sabtu MingguTutup

Wisata Laut Di Pulau Kambing Bulukumba

Eksotisme pulau ini merupakan sajian utama bagi wisatawan. Kejernihan air laut yang berwarna biru kehijauan siap menemani momen pengunjung.  Belum lagi berbagai aktivitas yang bisa dilakuka. Mulai dari berkeliling laut area pulau, snorkeling, menyelam, atau sekedar bersantai di sekitar pantai. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Berkeliling Sekitar Pulau Dengan Speedboat

speedboat yang digunakan untuk menyeberang menuju pulau
Menyeberang dengan speedboat menuju Pulau Kambing – foto : GoogleMaps/Abdul Rafik

Pulau Kambing merupakan destinasi yang tak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk menuju lokasi, wisatawan harus menyeberang terlebih dulu menggunakan speedboat. Tidak terlalu jauh dari Tanjung Bira, waktu tempuh berlayar hanya sekitar 20 menit.

Melintasi perairan menuju pulau, wisatawan dapat menikmati panorama laut biru. Wisatawan juga dapat menggunakan wahana banana boat untuk keseruan menyeberang. Sensasi pemacu adrenalin akan lebih terasa setiap kali menghantam ombak di tengah perairan.

Banyak kapal disewakan dalam paket perjalanan menuju spot utama penyelaman. Biaya perjalanan sudah termasuk penyewaan alat dan perlengkapan snorkeling maupun diving.

Baca: PANTAI TANJUNG BIRA Tiket & Ragam Aktivitas

Snorkeling di Pulau Kambing

Snorkeling di Pulau Kambing Bulukumba Sulawesi Selataan - Indrajiet Rachman
Snorkeling di jernihnya perairan Pulau Kambing – Foto : GoogleMaps/Indrajiet Rachman

Perairan sekitar menjadi destinasi pilihan wisatawan yang ingin melakukan aktivitas snorkeling. Pulau ini memiliki dunia bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut yang eksotik. Lokasi snorkeling biasanya berkisar dekat tebing di wilayah perairan yang tidak terlalu dalam.

Arus lautnya relatif tenang namun seringkali membawa wisatawan terombang-ambing di permukaan. Air laut yang jernih membuat wisatawan dapat melihat jelas gugusan terumbu karang warna-warni yang indah. Gerombolan ikan kecil dan teripang juga turut meramaikan dan membuat pemandangannya semakin menyenangkan.

Menikmati panorama bawah lautnya yang menakjubkan, wisatawan dapat menghabiskan waktu berjam-jam. Bagi para pemula, pihak pengelola juga menyediakan beberapa pelampung. Wisatawan disarankan mengunjungi pulau ini pada waktu-waktu di mana gelombang permukaan laut normal.

Baca: PANTAI LOSARI Tiket & Ragam Aktivitas

Menyelam Menikmati Keindahan Taman Laut

menyelam di perairan sekitar pulau
Diving di antara terumbu karang Pulau Kambing – Foto : GoogleMaps/Abdul Rafik

Selain snorkeling, keindahan perairan juga menjadi favorit wisatawan untuk aktivitas diving. Spotnya antara lain Shark Point, Manta Point, Turtle Point, Fish Market, maupun Mola-Mola Point. Arus yang terkadang mengombang-ambing penyelam dari pantai menjadi tantangan tersendiri di spot ini.

Shark point atau spot hiu menjadi lokasi favorit para wisatawan pecinta wisata selam. Jenis Whitetip, Blacktips, Threser Shark, serta Whale Shark sangat mudah ditemui. Biasanya berada di bagian selatan dan utara pulau pada kedalaman 20-30 meter.

Bertemu langsung dengan hiu, wisatawan tidak boleh panik, bersuara keras, gerak mendadak, dan berdarah. Selain hiu, wisatwan dapat menyaksikan penyu, manta, serta ratusan jenis ikan berwarna-warni. Pada bulan September-Oktober, wisatawan juga bisa bertemu dengan ikan mola-mola berukuran raksasa yang jinak.

Menjelajahi Pesisir

area daratan pulau yang berbentuk tebing
Bersantai menjelajahi daratan Pulau Kambing – Foto : GoogleMaps/Andi Rajuni Jepsah

Pulau Kambing berbentuk tebing yang menjulang tinggi dan cukup terjal. Di atas tebingnya, tanaman dan pepohonan hijau seolah menyembul dari bukit karang. Uniknya, nama pulau ini tak memiliki makna khusus berhubungan dengan bentuk maupun ternak.

Pesona daratannya berpadu membentuk keindahan yang eksotis. Banyak sudut-sudut cantik yang dapat dijelajahi untuk berburu spot foto. Dengan tepinya berupa tebing, wisatawan disarankan hati-hati saat melangkah.

Berjemur

Pulau Kambing memiliki suasana yang tenang karena tak banyak wisatawan, terutama di wilayah daratannya. Wisatawan bebas melakukan aktivitas wisata di destinasi ini.

Layaknya pulau pribadi, wisatwan dapat berjemur bermandikan sinar matahari tanpa takut terganggu. Sejumlah tanaman dan pepohonan hijau dapat menjadi tempat berteduh jika matahari mulai terik.

Memancing

wisatawan memancing di atas karang sektiar pulau
Memancing di tepi tebing pulau – Foto : GoogleMaps/Bunda Erna

Wilayah perairan sekitar pulau kaya dengan biota laut yang beraneka ragam. Tak terkecuali ikan yang menjadi buruan para pecinta hobi memancing. Wisatawan dapat memancing dari tepi tebing atau dari atas perahu.

Lokasi Wisata Pulau Kambing

Objek wisata laut ini terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 120 kilometer sebelah selatan Kota Makassar. Perjalanan dari Makassar memakan waktu tempuh sekitar 5-6 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini