Beranda Tiket Wisata

PANTAI LOSARI Tiket & Ragam Aktivitas - November 2020

Pantai Losari
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Penghibur, Maloku,Ujung Pandang,Makassar,Sulawesi Selatan,Indonesia,90111.

Pantai Losari telah menjadi ikon wisata Makassar sejak tahun 1970-an. Dengan garis pantai sepanjang 2 km, kawasan ini merupakan ruang publik. Letaknya yang strategis menjadikan kawasan sekitar pantai sebagai destinasi yang cukup populer.

Tidak saja wisatawan yang sengaja datang berkunjung ke makassar. Pantai ini juga sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas serta masyarakat kota Makassar.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Untuk memasuki area Pantai Losari, wisatawan tidak dikenai biaya. Bahkan parkir di area pantai ini juga gratis.

Harga Tiket
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Makassar

Jam Buka dan Waktu Operasional

Pantai Losari dibuka setiap hari tanpa batasan waktu. Wisatawan memiliki keleluasan untuk memilih waktu berkunjung ke pantai ini.

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata di Pantai Losari

Berbagai aktivitas menarik bisa pengunjung lakukan di pantai ini. Selain pemandangan pantainya yang indah di sini juga menyediakan berbagai atraksi wisata. Naik Kapal Pinisi misalnya, salah satu kegiatan favorit wisatawan. Berikut hal-hal menarik yang bisa dilakukan di sini.

Bersantai Menikmati Suasana Pantai

wisatawan bersantai di tepi pantai
pengujung bisa bersantai di tepi pantai hingga senja.

Memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disajikan sebuah taman yang luas. Ruang publik yang ramai dikunjungi warga Makassar ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Wisatawan dapat duduk bersantai dan bercengkrama bersama menikmati angin laut yang berhembus.

Pantai Losari cukup ramah di kunjungi bersama anak-anak karena menyediakan banyak sekali arena permainan. Beberapa wisatawan juga membawa hewan peliharaan seperti anjing hingga iguana ke pantai ini.

Baca: BENTENG ROTTERDAM Makassar Tiket & Atraksi

Menikmati Matahari Terbenam

Matahari terbenam atau sunset di Pantai Losari disebut-sebut sebagai salah satu sunset terindah di dunia. Matahari terbenam dapat dinikmati dari semua area pantai, yakni Anjungan Losari, Anjungan Makassar City, dan Anjungan Mandar-Toraja.

Singgah ke Masjid Terapung

mesjid terapung di tepi pantai
Mesjid terapung yang berada di kawasan sekitar pantai.

Pantai Losari memiliki sebuah masjid terapung yang cukup ikonik. Kehadiran masjid terapung Amirul Mukminin menambah keindahan kawasan wisata ini.

Wisatawan yang datang dari berbagai kota sangat tertarik singgah di sudut pantai ini. Bagi umat muslim, biasanya akan menyempatkan diri untuk sholat di sini.

Masjid Terapung ini merupakan salah satu spot favorit wisatawan. Bangunanya sering kali menjadi objek foto yang diburu. Terlebih ketika terbenamnya matahari tampilannya sangat dramatis dengan pantulan cahaya di permukaan laut.

Baca: Gowa Discovery Park Tiket & Aktivitas

Melihat Keunikan Masjid Kubah 99 Pantai Losari

mesjid 99 kubah di pantai losari makassar
Mesjid 99 kubah dengan arsitektur yang sangat indah berada di seberang pantai losari.

Selain masjid terapung, di sekitar area pantai juga memiliki sebuah masjid berbentuk unik, yaitu Masjid Kubah 99. Nama masjid ini diambil dari jumlah kubah yang dimilikisekaligus merupakan jumlah Asmaul Husna. Masjid ini di desain oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Masjid ini menjadi primadona para fotographer karena bentuknya yang unik dank has. Terlebih saat senja menjelang, bangunan ini menjadi incaran para pemburu spot foto. Masjid tampak sangat dramatis dengan semburat langit jingga yang merah kekuning-kuningan.

Mengunjungi Anjungan

tugu rumah adat makassar
Di pantai ini juga terdapat banyak ornamen menarik salah satunya tugu rumah adat makassar.

Tiga anjungan yakni anjungan losari, anjungan bugis makassar, dan anjungan mandar toraja dibangun saat reklamasi. Hal ini berhasil membuat Pantai Losari menjadi ruang publik yang ramai dikunjungi warga Makassar.

Anjungan tersebut diharapkan bakal menjadi ikon Kota Makassar. Selain sebagai objek wisata, anjungan tersebut juga ditujukan sebagai sarana mitigasi.

Berbagai Ornamen Spot Foto Menarik

Setiap sudut Pantai Losari tertata dengan apik dan sangat fotogenik. Banyak patung yang menggambarkan kekayaan budaya Sulawesi Selatan terpajang di area pantai. Mulai dari patung pejuang, patung kerbau, becak, dan rumah adat menjadi objek foto yang menarik.

Latar foto utama tentu saja suasana laut, terutama saat terbenamnya matahari. Wisatawan juga dapat berswafoto dengan latar belakang Masjid 99 Kubah yang berwarna jingga menyala. Beberapa spot landmark ikonik juga menjadi latar menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Naik Kapal Pinisi di Pantai Losari

Kapal pinisi di pantai losari
Kapal pinisi yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling area sekitar kawasan pantai.

Sebuah kapal bernama Pinisi Bagi Negeri masih aktif beroperasi hingga saat ini. Wisatawan juga dapat mencoba naik perahu kebanggan suku Bugis ini.

Mengusung proyek edukasi, Pinisi memberikan perjalanan gratis bagi para pelajar. Edukasi yang diberikan berkisar pada bidang kemaritiman dan kelautan Indonesia.

Menaiki kapal Pinisi, wisatawan akan diperkenalkan kepada laut dan segala penghuninya. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan rasa memiliki sekaligus mencintai laut Indonesia dengan segala kekayaannya.

Baca: Bugis Waterpark Makassar Tiket & Wahana

Bersantap Kuliner Khas Pantai Losari

Pantai Losari merupakan dengan pantai terpanjang yang didukung sarana kuliner. Era 1980-1990-an, pantai ini menjadi meja makan terpanjang di dunia. Hal tersebut karena banyaknya penjual makanan sejak Pantai Losari masih memiliki hamparan pasir putih.

Pantai Losari juga identik dengan kuliner khas Bugis-Makassar, Pisang Epe. Pisang yang dipipihkan kemudian dipanggang, disajikan dengan gula merah cair atau taburan cokelat. Ada juga Sarabba, minuman khas Makassar dari santan, jahe, gula merah dan kuning telur.

Menemani pantulan pepasir, kesegaran Es Palu Butung dapat menjadi minuman pilihan wisatawan. Sop Konro dan Pallu Basa yang terkenal juga cukup menantang untuk dinikmati. Menu khas lainnya, wisatawan dapat mencoba Mi Titi hingga Otak-otak Ikan Tenggiri Makassar.

Mencoba Wahana Flyboarding

Setiap sore hari, Pantai Losari menyuguhkan atraksi air yang sangat menarik yaitu flyboarding. Selain menonton, wisatawan juga dapat mencoba olahraga air yang menantang ini. Berdiri di atas papan, wisatawan akan didorong ke atas oleh tenaga penggerak flyboard.

Menyaksikan Pertunjukan Musik

Demi memanjakan para wisatawan, Pantai Losari juga menyuguhkan pertunjukan musik. Wisatawan dapat menikmati sajian live music yang dimulai setelah malam menjelang. Hiburan tersebut diberikan untuk menambah keseruan waktu berwisata di pantai ini.

Menjelajahi Perairan

Wisatawan dapaat menikmati tepian laut Pantai Losari dengan berkeliling santai naik perahu. Berbagai jenis perahu tersedia untuk menjelajahi perairan dangkalnya.

Salah satu yang disukai wisatawan yaitu perahu angsa. Perahu karet berbentuk angsa warna-warni tersebut memiliki kapasitas hingga 10 orang.

Memancing

Di sekitar pantai biasanya beberapa warga lokal melakukan kegiatan mancing. Hal ini menjadi inspirasi bagi wisatawan, terutama bagi penggemar kegiatan memancing. Menikmati nuansa pesisir, wisatawan juga mendapat bonus ikan hasil pancingan joran.

Menginap di Sekitar Pantai

jejeran hotel di tepi pantai
Wisatawan luar kota bisa menginap di sekitar pantai. Berbagai tipe hotel dari kelas budget sampai mewah ada di sekitar kawasan pantai.

Dengan keindahan alamnya, Pantai Losari sering dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara.Wisatawan dapat melihat secara langsung serta merasakan suasananya dari tempat menginap.

Terdapat banyak pilihan hotel di kawasan ini yang nyaman untuk menginap. Mulai dari yang sederhana dan ramah anggaran hingga yang berbintang. Berbagai penginapan mengelilingi objek wisata populer yang berada di tengah kota Makassar ini.

Menyambangi Galeri Lukis

Wisatawan dapat mengunjungi Anjungan Mandar-Toraja untuk menikmati lukisan karya seniman lokal Makassar. Galeri lukis di area itu memamerkan lukisan-lukisan hasil karyanya. Seniman di galeri lukis tersebut juga menerima pesanan lukis wajah dengan harga terjangkau.

Ikut Memeriahkan Festival

Sejak revitalisasi, Pantai Losari menjadi beranda kota Makassar. Destinasi wisata ini sekaligus menjadi pusat perhelatan seni budaya. Wisatawan dapat menonton beragam festival serta pameran yang hampir setiap pekan digelar.

Pada momen tertentu, seperti pergantian tahun, ribuan wisatawan tumpah ruah bersuka ria di pantai ini. Gemuruh suara terompet dan letupan kembang api bergema di langit pesisir laut. Teriakan dan sorak gembira ribuan wisatawan begitu semarak dan ramai terdengar.

Posko BMKG di Anjungan Losari juga dipadati pengunjung saat terjadinya gerhana matahari cincin. Fenomena alam langka ini mengundang antusiasme wisatawan untuk melihat langsung prosesnya dari pantai ini. Banyak wisatawan sengaja datang membawa teropong dan kacamata khusus untuk melihat gerhana.

Lokasi Wisata Pantai Losari

Pantai wisata ini berada di Jalan Penghibur, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111. Tidak seperti pantai di daerah wisata lain yang biasanya jauh dari kota, Pantai ini berlokasi sangat dekat dan bisa dikatakan berada di tengah kota makassar.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,33 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini