TAMAN NASIONAL MERU BETIRI Tiket dan Zona Wisata Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri: Rp5.000 - Rp7.500
  • Jam Buka:
  • Nomor Telepon: (0331) 335535
  • Alamat: Andongrejo, Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68173

Memiliki hobi liburan ke taman nasional? Pasti tidak asing dengan Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di Jember. Objek wisata yang memiliki sejarah panjang sebelum menjadi taman nasional pada tahun 1997. Kawasan konservasi dan Taman Nasional yang diklaim terbaik di Pulau Jawa.

Taman Nasional ini memiliki luas sebesar 58.000 hektar. Dengan 5 vegetasi yakni hutan pantai, mangrove, rawa, rheophyte, dan hutan hujan dataran rendah. Taman nasional ini juga memiliki slogan home of biodiversity.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Untuk harga tiket masuk ke taman nasional sangat murah. Wisatawan cukup mengeluarkan beberapa ribu untuk bisa menikmati keindahan Taman Nasional ini. Harga tiket berbeda untuk akhir pekan dan hari biasa.

Jenis TiketHarga Tiket
Hari BiasaRp5.000
Akhir PekanRp7.500
Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Baca: Dira Park Jember Tiket & Wahana

Jam Buka

Kawasan wisata Taman Nasional ini bisa dikunjungi setiap hari di waktu kapan saja. Karena buka selama 24 jam.

Ragam Aktivitas Wisata di Taman Nasional Meru Betiri

Bagi penyuka wisata alam mengunjungi Meru Betiri tentu mencari berbagai aktivitas wisata alam. Memang tepat, karena selain hutan, kawasan ini juga terdapat pantai. Berikut berbagai kegiatan wisata menarik selama berada di Taman Nasional.

Mengunjungi Pantai Rajekwesi dan Teluk Hijau (green bay)

pantai rajegwesi
Pantai Rajegwesi. Foto: Google Maps/Fajri Imaduddin

Pantai Rajekwesi dan Teluk Hijau terletak di desa Rajekwesi, Sarongan, Banyuwangi. Pengunjung bisa menikmati pantai yang sangat indah dan masih sangat bersih. Kondisi jalan menuju ke Pantai Rajekwesi dan Teluk Hijau masih ada beberapa yang rusak. Namun jalanan tersebut masih bisa dilalui dengan mobil atau motor secara hati-hati.

Baca: TN ALAS PURWO Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Perjalanan selama menuju Pantai Rajekwesi ini akan terbayar dengan berbagai aktivitas seru yang ada. Mandi dan berenang merupakan kegiatan utama di Pantai ini. Selain itu aktivitas lain di antaranya:

  • Melihat proses pembuatan gula merah
  • Mengamati satwa terutama burung-burung
  • Bermain sepeda gantung
  • Membakar ikan
  • Memancing
  • Menyewa perahu
  • Menjelajahi hutan liar yang ada di sekitar pantai

Di Pantai Rajekwesi memiliki banyak fasilitas. Ada homestay, ojek perahu jika pengunjung ingin pergi ke Teluk Hijau. Ada juga warung makan yang tersedia di sekitar Pantai Rajekwesi. Untuk menyebrang ke Teluk Hijau, bisa menggunakan motor namun harus berjalan kaki kurang lebih 1 km. Jangan khawatir berjalan kaki di area hutan, karena jalannya sudah di cor dengan aman.

Mengunjungi Pantai Sukamade

pelepasan penyu di pantai sukamade taman nasional meru betiri
Di Pantai sukamade rutin melaukan pelepasan penyu. Pantai ini juga masih dalam kawasan Taman Nasional. Foto: Google Maps/Bambang Ismail

Pantai Sukamade berjarak 17 km dari Pantai Rajekwesi. Perjalanan menuju pantai ini harus menggunakan mobil jeep atau-pun 4WD. Menggunakan motor juga bisa tetapi harus menguasai medan yang ada. Perjalanan ke Pantai Sukamade ini sulit dan berbatu.

Selain itu pengunjung juga harus menyeberangi sungai-sungai. Tetapi perjalanan tersebut akan terbayar setelah melihat pemandangan di Pantai Sukamade ini. Aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di pantai ini juga beraneka ragam seperti :

  • Mengamati proses penyu bertelur pada malam hari
  • Pada pagi hari, pengunjung bisa melepaskan anak penyu ke pantai
  • Pengunjung juga bisa mengambil paket wisata hutan di daerah Pantai Sukamade
  • Mengamati satwa-satwa liar yang ada di hutan dan juga burung-burung

Di sekitar kawasan pantai juga terdapat penginapan dan rumah makan di bawah pengelolaan pihak taman nasional. Hal ini karena wilayah pantai ini khusus untuk pelestarian penyu dan satwa langka. Kendala di wilayah ini adalah susahnya sinyal jaringan HP.

Melihat aneka ragam flora dan fauna

Flora: Bunga Padmosari merupakan bunga dari jenis rafflesia. Semua bunga dari jenis rafflesia harus dilindungi. Bunga Padmosari ini merupakan tumbuhan endemik di Taman Nasional Meru Betiri.

Fauna: Fauna yang dilindungi di taman ini terdiri dari mamalia, burung dan juga penyu. Satwa-satwa tersebut adalah : Banteng, Monyet ekor panjang, Harimau jawa, Macan tutul, Ajag, Kucing, hutan, Rusa, Bajing terbang ekor merah, Merak, Penyu belimbing, Penyu sisik, Penyu hijau, Penyu lekang, Elang.

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional ini terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Jember. Tepatnya di Andongrejo, Tempurejo, Kabupaten Jember. Sedangkan kantor balai Taman Nasional Meru Betiri terletak di Jalan Sriwijaya no. 53 Jember.

Ulasan Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke: