Beranda Destinasi Pilihan

7 Wisata Pantai Populer di Indramayu

0

Tak hanya terkenal dengan mangga Cengkir dan Harum Manis, Kabupaten Indramayu mempunyai pesona pantai memukau. Garis pantainya memanjang dari utara ke selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sisi timur. Banyak di antara destinasi wisata baharinya yang bahkan telah populer di kalangan wisatawan. Berlibur ke Indramayu, berikut 7 destinasi pantai indah yang dapat menjadi referensi:

1. Pantai Tirtamaya Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu.
Pantai Tirtamaya Indramayu. Foto: GMap/Nurul Hidayat

Wisata Pantai Tirtamaya menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun luar daerah. Objek wisata tepi laut yang berada di Juntinyuat ini tak pernah sepi kunjungan. Selama berada di sini wisatawan dapat menikmati suasana santai tepi pantai yang berkontur landai dan terbentang memanjang.

Kawasan sekitar pantai menyuguhkan keindahan panorama laut lepas dengan area yang  bersih. Ditambah dengan hamparan pasirnya berwarna kecokelatan berlatar pepohonan rimbun yang meneduhkan. Selain itu perairannya cukup aman untuk bermain air dan berenang dengan gelombang ombak yang bersahabat.

Dari pantai akan terlihat jajaran perahu nelayan yang berderet di sepanjang bibir pantai. Perahu ini memang siap mengantarkan wisatawan berkeliling perairan pantai. Kemudian di salah satu sisi pantai, terdapat sebuah jembatan yang sekaligus merupakan dermaga. Selain daya tarik lautnya, ada pula museum dengan koleksi perahu-perahu antik. Sebagai tambahan kawasan Pantai Tirtamaya juga terkenal dengan destinasi wisata ziarah situs makam Ki Buyut Tuban.

Baca: 8 Pantai di Garut Dengan Eksotisme Panorama Samudera

2. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah Indramayu.
Pantai Balongan Indah Indramayu. Foto: GMap/titiszu

Berlokasi di jalan raya Balongan, Kabupaten Indramayu, Pantai Balongan Indah akrab dengan sebutan Pantai Bali. Merupakan singkatan dari Balongan Indah, penyebutannya pun memperkuat citra wisata kawasan tepi laut ini.

Area pantainya terbentuk dari tanah yang timbul dan pasir dari pembangunan breakwater  tahun 2010. Kemudian dibuat pemecah ombak untuk langkah pemulihan abrasi yang sempat menggerus wilayahnya.

Penambahan deretan tanah baru yang timbul cukup signifikan memperluas kawasan wisata pantai ini. Suasananya asri dengan area pasir halus berwarna hitam yang menjadi area bermain bagi anak-anak. Selain itu pemandangan deretan kapal nelayan yang berlabuh di dermaga melatari panorama lautnya turut menyemarakkan. Sedangkan bagi yang ingin mencoba sensasi lebih seru, tersedia pula wahana air menantang seperti banana boat.

Baca: PANTAI CIREBON : 7 Destinasi Terbaik

3. Pantai Karangsong Indramayu

Pantai Karangsong Indramayu.
Pantai Karangsong Indramayu. Foto: GMap/Ardi Art

Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong memadukan wisata bahari dengan kawasan hutan bakau. Memiliki luas setidaknya 103,9 hektar, kawasannya menjadi hutan Bakau terbesar di Indramayu. Kawasan bakau ini mencegah intrusi air laut untuk menjaga kualitas air bagi warga sekitarnya.

Selama berwisata ke sini wisatawan dapat menyusuri aliran sungainya untuk lebih dekat dengan lebatnya hutan mangrove. Menembus keteduhan rapatnya vegetasi bakau akan terlihat burung-burung yang melintas atau bertengger di akar bakau. Sementara aliran sungai dengan suasana yang tenang tersebut bermuara pada perairan Pantai Karangsong.

Kemudian untuk area berpasir yang landai mengisi kawasan bibir Pantai Karangsong. Wisatawan dapat berenang dan bermain air dengan pelampung pada perairan dengan gelombang yang bersahabat. Selanjutnya tersedia pula saung-saung sewaan sebagai tempat bersantai dengan pemandangan langsung menghadap perairan laut.

Baca: 7 Pantai Cianjur Tawarkan Panorama Alami

4. Pantai Rembat Indramayu

Pantai Rembat Indramayu.
Pantai Rembat Indramayu. Foto: GMap/Fatimah Zahra

Destinasi Pantai Rembat berada di jalan raya Juntikedokan, Juntinyuat, sekitar 20 kilometer dari pusat Indramayu. Dibuka sejak 2019, keindahannya mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Pantai Rembat tampil unik dengan banyaknya spot foto menarik dan instagrammable di area pesisirnya. Berlatarkan keindahan birunya air laut dan perpaduan kontur pesisir menambah indahnya mengabadikan momen liburan.

Pantai Rembat menjadi destinasi wisata keluarga serta gathering dari berbagai komunitas. Ditambah dengan tanaman bakau yang di pesisir pantai menjadi sarana ekowisata sekaligus berfungsi mencegah abrasi. Selama berada di pantai wisatawan bisa menjelajah hutan Bakau dengan menyusuri track mangrove yang membelah kawasannya. Lokasi ini juga menjadi sudut favorit untuk area memancing.

Baca: 9 Pantai Ikonik di Jawa Barat

5. Pantai Glayem Indramayu

Pantai Glayem Indramayu.
Pantai Glayem Indramayu. Foto: GMap/Arif Silo

Pantai Glayem menambah daftar pantai tersohor di Kecamatan Juntinyuat yang banyak menarik minat. Destinasi ini menyajikan suasana laut yang tenang serta gelombang ombak yang aman. Lokasi Pantai Glayem berada tak jauh dari Pantai Tirtamaya serta Pantai Rembat.

Memang area tepi pantainya tak seluas pantai lainnya. Namun kawasan pasirnya yang lembut memberikan suasana nyaman. Garis pantainya cukup panjang mencapai 300 meter dengan jarak ke bibir pantai tak lebih dari 20 meter. Kemudian lanskap lautnya tampak bersih menjadikannya tujuan sempurna untuk menikmati panorama laut termasuk sunset maupun sunrise. Selain itu Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat Tempat Pelelangan Ikan Glayem untuk membeli tangkapan laut nelayan.

Baca: 7 Destinasi Wisata Dekat Pantai Pangandaran

6. Pantai Plentong Ujunggebang Indramayu

Pantai Plentong Indramayu.
Pantai Plentong Indramayu. foto: GMap/Pantai Plentong Ujunggebang

Wisata Pantai Plentong Ujunggebang memiliki rekam perjuangan di balik pesona wisatanya. Desa Ujunggebang di Kecamatan Sukra, meraih penghargaan dari pemerintah daerah atas keberhasilan mengembangkan wisata pantai. Puluhan tahun tergerus abrasi, kini area sekitar pantai menunjukkan pesonanya. Jumlah kunjungan bahkan mencapai 1000 orang wisatawan untuk setiap harinya.

Pantai Plentong Ujunggebang resmi sebagai kawasan ekowisata sejak November 2018. Suara deburan ombak dan semilir hembusan angin pantai yang segar langsung menyambut setiap wisatawan. Pesisirnya memiliki selasar bambu serta track mengelilingi garis pantai yang berlatar laut lepas.

Kemudian sepanjang 4.000 meter areanya ditanami Mangrove serta berbagai tanaman keras untuk rehabilitasi sekaligus mempercantik pantai. Ditambah dengan pemandangan hilir mudik kapal-kapal besar dari Pelabuhan Internasional Patimban Kabupaten Subang.

Kawasannya telah dilengkapi berbagai wahana seperti banana boat, sepeda air, hingga ATV. Selanjutnya ada pula wahana negeri di atas air dan wahana bertema negeri atas angin yang dikembangkan.

Baca: Wisata Indramayu : Berikut 7 Destinasi Ternama

7. Pantai Panjiwa

Pantai Panjiwa Indramayu.
Pantai Panjiwa Indramayu. Foto: GMap/aa ndre

Pantai Panjiwa berlokasi di Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur. Selama di perjalanan menuju pantai, wisatawan dapat menikmati suasana empang serta sungai dengan jarak sekitar 2 kilometer. Aksesnya yang terbatas membuatnya dijuluki sebagai Surga Tersembunyi di Indramayu.

Sesampainya di pantai, panorama indah laut tersaji dengan pesisir pantai yang panjang dan juga melebar. Memiliki perairan dengan kedalamannya hanya mencapai 1 meter, lokasinya aman bahkan untuk anak-anak. Hamparan pasirnya bertekstur lembut dengan ombak yang relatif tenang.

Keindahan pesisirnya berpadu apik dengan kawasan hutan Bakau yang cukup luas di sisi timur. Tanaman Mangrove di Pantai Panjiwa cukup unik karena memiliki ketinggian di atas rata-rata pantai Indramayu. Tak hanya itu, kawasan hijaunya juga mencakup padang rumput luas di bagian timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini