PATUNG BUDHA TIDUR Raksasa Tiket dan Daya Tarik Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Budha Tidur Mojokerto: Rp3.000 - Rp5.000
  • Jam Buka: 06.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362

Ingat Mojokerto pasti ingat patung ikonik Budha Tidur yang merupakan patung terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Nepal. Patung Budha Tidur ini sendiri terletak di dalam Mahavihara Mojopahit.

Patung ini menghadap arah selatan yang merupakan kiblat bagi pemeluk agama Budha. Pada mulanya, patung ini hanya untuk kegiatan ibadah umat Budha. Lambat laun banyak pengunjung yang tertarik melihat patung ini. Maka area lokasi patung ini akhirnya resmi terbuka untuk umum tahun 2012. Patung dengan warna emas untuk mengenang wafatnya Siddharta Gautama.

Harga Tiket Masuk Area Patung Budha Tidur

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga terbilang murah. Dibedakan berdasarkan anak dan dewasa. Harga tiket berlaku sama setiap hari.

Harga Tiket Masuk Patung Budha Tidur
Tiket Masuk DewasaRp5.000
Tiket Masuk AnakRp3.000

Baca: Pacet Mini Park Mojokerto Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Kawasan wisata ini akan tutup jika ada acara keagamaan umat Budha. Biasanya tempat ini ramai kunjungan wisatawan ketika akhir pekan dan hari libur nasional.

Waktu Operasional
Setiap Hari06.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata

Kemegahan patung ini tentu menjadi sajian utama tempat wisata ini. Selain berukuran raksasa warna emas pada bagian patung juga menarik perhatian. Ada beberapa aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di antaranya :

Melihat Patung Budha Tidur Raksasa

PAtung budha tidur dilihat dari dekat
Patung Budha tidur memiliki pagar pengaman agar tidak dimasuki oleh pengunjung secara bebas – Google Maps/Siti Aminah

Patung Budha Tidur ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Posisi patung sebenarnya bukanlah tidur, melainkan posisi saat Siddharta wafat. Berdiri di atas kolam air melambangkan abu dari Siddharta yang dibuang ke laut. Di sekeliling bagian bawah patung, terdapat relief yang menceritakan tentang Budha.

Patung ikonik sudah di depan mata, berfoto merupakan hal yang wajib. Selain berfoto di patung, bisa juga berfoto di taman yang tertata dengan indah di sekitar patung. Selain itu juga terdapat miniatur candi Borobudur dan berbagai patung lain.

Melihat aneka macam patung dan miniatur

Miniatur candi Borobudur
Miniatur ini terletak di atas kolam ikan dengan rerumputan hijau, serta relief di bagian bawah candi – Google Maps/Agus Suwandi

Tak hanya terdapat patung, di kawasan Mahavihara Mojopahit ini juga memiliki aneka macam patung dan miniatur candi. Miniatur candi yang terdapat di Mahavihara ini adalah Candi Borobudur.

Selain miniatur candi, terdapat pula patung kera sakti. Tak hanya itu, ada juga patung dari tokoh-tokoh dalam cerita Budha. Di bagian dinding belakang bangunan utama Vihara ini terdapat berbagai relief yang mengisahkan bagaimana budha mengamalkan ajarannya.

Pengunjung tak hanya bisa belajar dan melihat patung saja. Tetapi bisa juga berfoto bersama patung yang beraneka ragam tersebut. Walau ukurannya memang tak sebesar patung Budha tidur tapi aneka ragam patung ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Berfoto bersama patung
Patung-patung inilah yang terdapat di patung Budha Tidur Mojokerto – Google Maps/Yohanna Gunawan

Cenderamata Khas Patung Budha Tidur

Pengunjung yang ingin pulang dari vihara dan ingin membawa oleh-oleh juga bisa. Di sekitaran vihara terdapat stan-stan kecil yang menjual oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Oleh-oleh ini berupa berbagai macam patung budha dalam ukuran kecil. Ada juga kalung, gelang yang terbuat dari batu giok dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan oleh penjual juga beraneka ragam tergantung bendanya. Untuk harga bisa bernegosiasi secara langsung dengan penjualnya.

Makan dan minum di sekitar Wihara

Jika setelah berkeliling pengunjung merasa lapar dan haus tidak perlu khawatir. Di sekitar wihara terdapat warung makanan dan minuman. Harga makanan di warung ini juga terjangkau dan aman di kantong.

Bagi pengunjung yang ingin membawa minuman dari luar juga boleh. Asal sampah harus dibuang pada tempatnya karena ini merupakan tempat ibadah yang harus pengunjung hormati.

Fasilitas

  1. Tempat ibadah untuk umat Budha
  2. Toilet
  3. Tempat parkir
  4. Mushala
  5. Tempat makan di sekitar vihara
  6. Tempat oleh-oleh di sekitar vihara

Lokasi

Patung Budha Tidur ini berlokasi di dalam Maha Vihara Majapahit. Maha Vihara Majapahit sendiri terletak di jalan raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362. Dari terminal Mojokerto bisa ditempuh dengan mobil selama 20 menit jika jalanan tidak macet.

Berikan Rating

4.8 - 56 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *