Beranda Tiket Wisata

KOLAM SEGARAN Tiket Gratis Pesona Memikat September 2022

0
Harga Tiket Masuk Kolam Segaran : -Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Trowulan, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362

Kecamatan Trowulan memiliki banyak sekali situs-situs purbakala peninggalan kerajaan. Salah satunya Kolam Segaran yang merupakan kolam terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 6,5 Hektar. Konon, kolam ini peninggalan Kerajaan Majapahit yang digunakan Raja menjamu tamu dan menjadi tempat pembuangan alat-alat makan.

Situs Kolam Segaran ini berada di kawasan wisata Trowulan. Memang kawasan kolam ini bukan seperti tempat wisata yang memiliki banyak wahana. Memang dulunya area kolam pernah berlangsung pemugaran oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur pada tahun 1975-1983. Tujuannya untuk menjadikan kolam ini sebagai tempat wisata yang dapat di nikmati masyarakat umum.

Harga Tiket Masuk Kolam Segaran

Sebagai tempat wisata, Kolam Segaran belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Padahal untuk masuk ke dalam kolam ini tidak dikenakan biaya. Bahkan, aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan di kolam ini pun gratis, kecuali makan di warung yang diharuskan untuk membayar.

Harga Tiket Masuk Kolam Segaran
Setiap HariGratis

Baca: GUNUNG PENANGGUNGAN: Tiket & Info Pendakian

Jam Buka

Untuk itu, tidak ada jam operasional karena kolam ini buka dalam satu hari penuh. Biasanya ramai di pagi dan sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Wisata Di Situs Kerajaan Kolam Segaran

Kolam Segaran bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi masyarakat Trowulan, Mojokerto. Tidak hanya itu, masyarakat dari luar kota pun bisa berkunjung ke tempat ini. Ada banyak aktivitas yang dapat di lakukan di tempat ini, kecuali berenang karena kolam ini masih terkesan sangat mistis.

Berkeliling Area Kolam

Tepi Kolam Segaran dengan dua area
Jalan paving sekitar kolam sangat cocok untuk jogging atau sekedar jalan santai. Foto: Gmaps/Bintang Amffa

Kolam Segaran biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk berolahraga. Seperti jogging atau jalan-jalan santai. Biasanya kegiatan ini ramai pada pagi maupun sore hari. Selain sehat, berolahraga di sini juga mendapat bonus yaitu pemandangan Kolam Segaran.

Berolahraga di sini bisa dilakukan dengan mengelilingi kolam di area tepi kolam. Tepi kolam memiliki dua area berbentuk persegi panjang. Pertama, jalan yang terbuat dari paving. Kedua area yang menjadi dinding pembatas kolam dari susunan batu bata merah. Dua area itu sama-sama mengelilingi area kolam.

Sebagai informasi bahwa area yang terbuat dari batu bata merah tersebut bukan jalanan umum. Jalan tersebut merupakan sebuah dinding dari bangunan kuno. Wisatawan di larang menginjak dinding tersebut. Namun sangat disayangkan masih ada wisatawan yang olahraga di jalur tersebut.

Baca: Taman Ghanjaran Tiket Terjangkau Puluhan Wahana Seru

Menangkap Ikan Di Kolam Segaran

Menangkap ikan di Kolam Segaran
Masyarakat menangkap ikan dengan jaring di Kolam Segaran. Foto: Gmaps/Yustina Ari

Kolam Segaran termasuk satu-satunya kolam di Mojokerto yang memiliki luas 6,5 hektar. Selain menjadi sarana untuk olahraga, kolam ini juga menjadi sarana untuk menangkap ikan, baik dengan pancing atau jaring. Di kolam ini menjadi spot favorit bagi masyarakat yang hobi memancing.

Kegiatan menangkap ikan biasanya pada saat pagi dan sore hari. Karena areanya sangat terbuka saat siang hari, cuaca sangat panas, apalagi di tempat tersebut tidak ada tempat untuk berteduh.

Ada banyak jenis ikan di kolam ini, salah satunya ikan wader. Meskipun jumlah ikan sangat banyak, namun menangkap ikan di kolam ini khususnya memancing cukup sulit karena ikan jarang menyambar umpan. Mungkin memang ada aturan yang tidak tertulis yang harus di lakukan oleh pemancing, seperti misalnya meminta izin terlebih dahulu.

Baca: Pacet Mini Park Mojokerto Tiket & Aktivitas

Menikmati Pemandangan Sekitar Kolam

Bersantai di kolam segaran
Anak kecil menikmati keindahan Kolam Segaran dengan duduk di area yang dilarang. Foto: Gmaps/ Jun Aidy

Kolam Segaran memiliki panjang 375 m, lebar 175 m, tebal 1,60 m dan tinggi 2,88 m. Sekeliling kolam masih tampak pepohonan rindang termasuk pohon Kamboja. Pepohonan tersebut menciptakan suasana kolam teduh dan angin yang semilir. Wisatawan bisa melihat pemandangan itu dengan duduk bersantai atau berdiri sekitar kolam.

Pemandangan Gunung Arjuna dan Welirang pun terlihat dari sini. Di sekitar kolam banyak terdapat bunga berwarna-warni. Terkadang, bagian tengah kolam juga tumbuh rerumputan dan bunga teratai merah. Untuk menikmati keindahan kolam ini, sebaiknya datang pada musim hujan karena kolam menjadi kering saat musim kemarau.

Pemandangan langit pun tidak kalah indah. Saat sore hari akan di tunjukkan indahnya langit senja. Di pagi hari pun juga demikian. Jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, maka usahakan datang ke kolam ini sebelum pukul 06.00. Wisatawan bisa menjadikan pemandangan tersebut menjadi obyek foto alam yang indah.

Baca: DUYUNG TRAWAS HILL Tiket & Wahana

Wisata Kuliner Ikan Wader

Olahan ikan wader di warung Kolam Segaran
Kuliner Sambal Ikan Wader saat berkunjung ke Kolam Segaran. Foto: Gmaps/Nurul Sulistyaningrum

Bagi pecinta ikan wader wajib berkunjung ke Kolam Segaran. Di kolam ini banyak terdapat warung-warung makanan khas daerah setempat. Olahan makanan yang dijual rata-rata dari ikan wader mulai dari digoreng, botokan, maupun penyetan. Salah satu warung makan dekat kolam adalah Warung Cak Mat Sambel Wader & Botok.

Banyak wisatawan yang setuju jika olahan ikan Wader di sekitar kolam ini sangat enak. Menu makanan yang paling enak adalah sambal ikan Wader. Ikan Wader digoreng kering dan di cocol dengan sambal. Tidak lupa dengan sepiring nasi putih hangat. Masakan tersebut adalah kombinasi yang cocok untuk sebuah menu sederhana harga terjangkau.

Sebetulnya, warung-warung tersebut tidak hanya mengolah ikan Wader saja, namun juga ada menu dari bahan makanan lainnya seperti belut. Namun, olahan yang paling terkenal dengan rasanya yang super enak adalah ikan Wader. Kuliner di sini sangat nyaman. Tidak hanya perut kenyang, mata juga dimanjakan pemandangan area Kolam Segaran.

Baca: Patung Budha Tidur Raksasa Mojokerto

Peraturan Selama Berada Di Kolam

Papan peraturan di Kolam Segaran
Peraturan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kolam Segaran. Foto: Gmaps/Gilang Primada

Kolam Segaran ini masih terkesan sangat mistis. Ada aturan yang harus dipatuhi pengunjung yang datang. Pihak pengelola memberikan larangan untuk tidak menginjak struktur bata kuno yang ada di sekitar kolam.

Memang bata-bata kuno yang ada di kolam tersebut bisa menjadi akses jalan menuju ke kolam. Bata kuno tersebut termasuk bagian bangunan bersejarah, maka adanya larangan untuk menginjak. Alternatifnya bisa melewati jalan lain yaitu jalan pedestrian atau area tepi kolam yang telah beralas paving.

Museum Trowulan

Museum trowulan dekat dengan kolam segaran
Kolam Segaran letaknya berdekatan dengan wisata lain, salah satunya Museum Trowulan. Foto: Gmaps/Athi’ ‘Arofatul Faricha

Kolam Segaran ini terletak di kawasan yang cukup strategis. Berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Museum Trowulan, Candi bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Genthong, Budha Tidur, Candi Menak Jinggo dan Candi Brahu. Tempat-tempat tersebut bisa dikunjungi setelah pulang dari Kolam Segaran karena jaraknya yang cukup dekat.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa berwisata religi saat berkunjung. Sekitar 100 m ke arah Utara Timur terdapat makam Putri Cempo dan Prabu Brawijaya V (Damar Wulan).  Kedua makam tersebut berada di lokasi Makam Islam Kuno paling atas.

Kedua makam tersebut dibedakan dari nisannya. Untuk Putri Cempo, nisan makam hanya di bagian kepala, sedangkan Prabu Brawijaya V memiliki nisan di kaki dan kepala. Nisan kedua makam tersebut ditutupi kain-kain putih. Biasanya Peziarah berkunjung ke makam ini di waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat Kliwon.

Alamat Kolam Segaran

Wisata kolam purba ini terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362. Letak Kolam Segaran ini sekitar 500 m dari jalan raya. Akses jalan ke lokasi cukup mudah karena letaknya dekat dengan jalan utama Surabaya Madiun.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini