Candi BorobudurHarga Tiket: Rp25.000-Rp75.000Jam Buka: 08.00-15.00 WIBNo Telp: 0274496404/08112688000Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Begitu banyak warisan budaya di Indonesia. Warisan ini menjadi khasanah kebudayaan yang tak ternilai bagi Indonesia. Salah satu warisan budaya termasyhur di Indonesia, bahkan dunia adalah Candi Borobudur.

Candi yang terletak di Magelang ini ditemukan oleh pasukan Inggris tahun 1814. Di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles, pasukan Inggris selanjutnya membersihkan area candi. Pembersihan area candi berhasil selesai pada tahun 1835.

Harga Tiket Candi Borobudur

Terdapat beberapa jenis tiket masuk ke dalam kawasan candi. Tiket individu dan tiket rombongan sekolah (lebih murah) serta paket beberapa candi.

Harga Tiket Candi Borobudur
Tiket Dewasa LokalRp50.000
Tiket Anak Lokal (3-10 tahun)Rp25.000
Guide FeeRp100.000
Tiket Rombongan Minimal 20 OrangRp25.000
Paket Terusan Borobudur & Prambanan DewasaRp75.000
Paket Terusan Borobudur & Prambanan Anak-AnakRp35.000
Paket Terusan Borobudur & Ratu Boko DewasaRp75.000
Paket Terusan Borobudur & Ratu Boko Anak-AnakRp35.000
Tiket Turis Dewasa Mancanegara$25
Tiket Turis Anak Mancanegara (3-10 years)$15

Informasi syarat dan ketentuan masuk Candi Borobudur: 

  1.  Pengunjung yang dapat masuk ke area candi yang sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama.
  2.  Anak-anak dapat masuk ke area candi jika orang tua sudah vaksin.
  3.  Mengunduh aplikasi Peduli Lindungi di ponsel.
  4.  Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  5.  Selama masa pandemi, maksimal kunjungan di pelataran candi dan belum dapat naik ke atas.
  6.  Khusus hari Senin, kunjungan dapat dilakukan di area zona 2

Baca: Candi Prambanan Tiket & 8 Aktivitas Top

Untuk tiket rombongan pelajar atau mahasiswa dengan minimal peserta 20 orang. Wajib membawa surat pengantar dari kampus atau sekolah yang bersangkutan.

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke candi ini setiap hari. Karena Taman Wisata Candi sudah buka mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari08.00-15.00 WIB
Jam Istirahat11.30-12.30 WIB
Jam Buka Zona 1 (Pelataran Candi)08.30-16.00 WIB

Candi Budha Terbesar di Dunia

Candi Budha terbesar di Dunia Candi Borobudur
Bangunan warisan sejarah kebuadaya Budha terbesar di Dunia. Foto: Google Maps/Johannes Braun

Candi Borobudur merupakan peninggalan budha terbesar di dunia sekitar 780-840 masehi. Candi ini dibangun oleh dinasti yang berkuasa saat itu, yaitu Dinasti Sailendra. Pembangunan Candi ini juga dimaksudkan sebagai tempat ziarah.

Bangunan candi berdasarkan arsitektur Mandala, yang dalam kepercayaan buddha melambangkan alam semesta. Sedangkan desainnya berbentuk kotak dengan 4 pintu masuk dan lingkaran sebagai titik pusat. Candi ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu alam dunia dan alam nirwana.

Memiliki 3 zona yang melambangkan arti berbeda. Ke tiga zona tersebut yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu. Hal menarik yang jarang wisatawan tau adalah Relief pada candi merupakan rangkaian cerita epik.

Baca: GEREJA AYAM Bukit Rhema Magelang Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

Atraksi & Aktivitas di Candi Borobudur

Selain melihat kemegahan candi, berbagai aktivitas lain juga tersedia di sini. Seperti menikmati taman lumbini, mengunjungi museum, sampai menonton cerita sejarah Candi Borobudur. Berikut beberapa kegiatan yang sayang jika terlewat.

1. Menikmati Keasrian Taman Lumbini

taman lumbini
Taman Lumbini yang hijau dan asri.

Tak hanya menawarkan warisan dunia, kawasan wisata candi ini juga memiliki taman yang asri. Taman yang berada di zona 2 ini bernama Taman Lumbini. Pengunjung akan mudah menemukan taman ini, karena biasanya terlewat saat menuju candi.

Taman Lumbini memiliki luas 70 x 65 meter dengan rerumputan yang hijau dan rapi. Tak hanya pepohonan, adanya candi borobudur sebagai latar belakang menawarkan keindahan tersendiri. Taman ini juga sering menampilkan berbagai acara, seperti pernikahan dan pelepasan lampion.

Pada 2017 lalu, Artis Vicky Shu bahkan menyewa Taman Lumbini untuk melangsungkan pernikahannya. Meskipun sedang berlangsung suatu acara, aktivitas wisata tetap berjalan normal. Sebab gelaran acara di Taman Lumbini biasanya pada sore atau malam hari.

Baca: Menikmati Borobudur dari PUNTHUK SETUMBU Magelang, Tiket & 5 Aktivitas Top

2. Berbagai benda bersejarah di Museum Candi Borobudur

koleksi museum GUSBI
Berbagai stupa bersejarah di museum GUSBI. Foto: Google Maps / Sulaeman Ali

Meskipun terkenal karena bagunan dan sejarahnya. Sejarah-sejarah tersebut bisa terlihat di berbagai museum yang berlokasi masih dalam Kawasan Taman Wisata Candi. Beberapa museum tersebut diantaranya:

Museum GUSBI

Lokasi museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) terletak di belakang candi. Museum ini juga dikenal sebagai museum MURI. Hal itu karena museum ini menyimpan banyak hal unik dan rekor dunia.

Museum ini tidak dikelola oleh pihak Taman Wisata Candi. Sehingga untuk masuk ke sana, pengunjung harus membayar tiket. Tiket masuknya termasuk murah, yaitu Rp5.000.

Di museum ini pengunjung bisa melihat jas terbesar di Indonesia. Jas ini pernah mencatat rekor MURI pada 2006 lalu. Ada juga manusia terpendek di Indonesia bernama Mas Islahudin, yang umurnya 36 tahun.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa terletak tak jauh dari museum GUSBI. Di dalamnya terdapat Kapal Samudraraksa yang pernah melaut dari Afrika hingga Indonesia. Pengunjung bisa memasuki kapal ini dengan membeli tiket sebesar Rp. 100.000.

Museum Borobudur

Museum ini terletak di samping Museum Kapal Samudraraksa. Selama Di dalam museum pengunjung bisa melihat sisi lain candi. Cara melihatnya melalui foto penggalian awal hingga relief di kaki borobudur yang tersembunyi.

Puas berkunjung, wisatawan tinggal turun mengikuti tanda exit. Selanjutnya cukup berjalan membelah taman, wisatawan akan keluar menuju pasar souvenir dengan aneka barang yang menarik untuk memuaskan hasrat belanja.

3. Berkeliling Dengan Kereta Odong-Odong

Antara gerbang masuk hingga ke candi, jaraknya cukup  membuat kaki pegal dengan berjalan. Namun jangan khawatir, jika pengunjung malas berjalan, tersedia kereta odong-odong. Tiket naik kereta odong-odong termasuk murah, yaitu Rp. 7.500.

Dengan menumpang kereta odong-odong tersebut, pengunjung akan berkeliling taman sekitar area candi. Perjalanan ini menawarkan pemandangan yang menyenangkan. Salah satunya karena melewati kandang gajah.

4. Sunrise di Candi Borobudur

Sunrise Candi Borobudur
Menikmati sunrise di Candi Borobudur menjadi salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Foto: Instagram/jogjaalltrip

Adanya 9 tingkat pada bangunan candi tentu membuat bangunan ini cukup tinggi. Hal ini sangat pas untuk menikmati sunrise sambil berfoto. Terlebih di pagi hari, biasanya pengunjung masih  sepi, sehingga berfoto lebih leluasa.

Fasilitas di Candi Borobudur

Sebagai tempat wisata bertaraf internasional, fasilitas di candi borobudur memang sangat berkelas. Ada toilet bersih dan nyaman, tak ketinggalan juga restorannya. Untuk membeli oleh-oleh khas, tersedia juga toko-toko souvenir.

Kontak dan Lokasi Candi Borobudur

Terletak di Kabupaten Magelang, lokasi taman wisata ini cukup mudah aksesnya. Alamat lengkapnya berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk reservasi dan info lainnya bisa menghubungi Call Center: 0274 496 402 dan Email: info@borobudurpark.co.id. Atau ikuti akun media sosial Instagram @borobudurpark.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 34

Kasi Bintang