Beranda Tiket Wisata

Gunung Gede Pangrango: 3 Pilihan Jalur Pendakian Oktober 2021

Gunung Gede PangrangoHarga Tiket: Rp17.500 - Rp34.000Jam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: (0263)519415Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Gunung Gede Pangrango adalah gunung berapi aktif bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Gunung ini tersohor sebagai salah satu tempat mendaki bagi para pecinta alam. Medan jalurnya memang menawarkan tantangan dan pemandangan yang beragam.

Sistem Pendakian di Gunung Gede Pangrango juga tertata dengan baik. Pendaki yang ingin menjajalnya harus memerhatikan sejumlah aturan yang ketat. Namun hal ini tidak membuat pendakian di sini jadi membosankan. Banyak keindahan alam yang bisa disaksikan selama pendakian hingga puncaknya.

Tiket Masuk Gunung Gede Pangrango

Sesuai peraturan, para pendaki harus mempersiapkan SIMAKSI sebelum mulai menanjak Gunung Gede Pangrango. Tarif tiket ini sudah termasuk asuransi keselamatan pendaki. Harga yang tercantum berlaku untuk pendakian selama 2 hari 1 malam. Ada juga biaya tambahan berupa cek kesehatan wajib yang terpisah.

Tiket Masuk
Jenis TiketHari KerjaHari Libur
WNIRp29.000Rp34.000
WNARp320.000Rp470.000
Pelajar (minimal 10 orang, tunjukkan kartu identitas pelajar/mahasiswa)Rp17.500Rp20.500
Biaya Cek KesehatanRp25.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Pendakian di Gunung Gede Pangrango hanya bisa pada jam operasional yang sudah ditentukan. Pendaki tidak boleh memulai perjalanan pada malam hari. Jika melanggar, pendaki akan dikenai denda sebesar 10 kali lipat harga tiket.

Jam Operasional
Jenis AktivitasSenin-JumatSabtu-Minggu
Mulai Pendakian06.00 – 18.00 WIB
Penukaran SIMAKSI07.00 – 16.00 WIB06.00 – 15.00 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Pengunjung bersandar di pagar pengaman kawah memandangi Puncak Pangrango
Keindahan pemandangan dari Puncak Gunung Gede diantaranya adalah lanskap Puncak Pangrango – Foto: Google Maps/Agus Jaya Saputra

Gunung Gede Pangrango merupakan satu dari sekian gunung berapi aktif di Jawa Barat. Gunung ini berdiri di antara tiga wilayah yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Kawasan hutannya membentang seluas lebih dari 24.000 hektar dan bagian dari taman nasional. Ia bahkan tercatat sebagai kawasan konservasi pertama di Indonesia sejak diresmikan tahun 1889.

Sebagai kawasan konservasi, kawasan gunung ini memiliki peran penting dalam tatanan ekosistem lingkungan. Berbagai spesies hewan dan tumbuhan memiliki habitat aslinya di sini. Untuk itu, keasrian alamnya tidak perlu diragukan lagi.

Sudah lama juga gunung ini menjadi destinasi wisata. Kegiatan pendakian adalah salah satu yang jadi primadona. Ketinggiannya yang mencapai 2.958 mdpl menawarkan lintasan hiking yang menarik. Pendaki dapat mencobanya dengan memilih di antara tiga jalur resmi yang tersedia.

Baca Juga: TN Gunung Gede Pangrango Tiket & Aktivitas

Jalur Cibodas

Telaga Biru nan memesona
Indahnya Telaga Biru di Jalur Cibodas – Foto: Google Maps/Wen wen

Jalur Cibodas adalah jalur paling ramai. Banyak pendaki menyukai rangkaian spot pemandangan yang terdapat di jalur ini. Bagi pendaki yang ingin ‘berkenalan’ dengan Gede, Cibodas adalah jalur yang tepat.

Butuh waktu sekitar 7 hingga 9 jam untuk bisa mencapai puncak dari Cibodas. Medannya berisi hutan yang cukup rapat dengan tanjakan. Spot menarik di jalur ini diantaranya Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum. Untuk berkemah, pendaki bisa melakukannya di titik Kandang Badak.

Baca Juga: MANDALAWANGI Cibodas Tiket & Aktivitas

Jalur Gunung Putri

Hamparan edelweiss di Alun-Alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango
Lokasi perkemahan sekaligus ikon pendakian Gunung Gede Pangrango, Alun-Alun Surya Kencana – Foto: Google Maps/Naufal Wira

Jalur Gunung Putri menyajikan level pendakian yang lebih sulit dari Cibodas. Namun, waktu tempuh ke puncak memang lebih cepat. Ini karena treknya memiliki banyak tanjakan yang lebih terjal.

Dibandingkan Cibodas, jalur ini minim sumber air. Hal ini memang cukup merepotkan karena dominasi medannya tanjakan curam tanpa istirahat. Pendaki pemula tidak disarankan untuk menjajalnya karena tantangan yang cukup tinggi.

Rintangan selain tanjakan terjal adalah akar-akan pohon yang melintang. Namun, suasananya teduh karena merupakan hutan rimbun. Pos sebelum puncak di jalur ini adalah Alun-Alun Surya Kencana yang jadi ikon Gede Pangrango. Di sinilah pendaki biasanya berkemah untuk mempersiapkan tenaga sebelum summit attack.

Baca Juga: GUNUNG HALIMUN SALAK Tiket & Wahana

Jalur Selabintana

Menyaksikan sunset di puncak
Pemandangan sunrise dan sunset jadi hadiah terbaik ketika berhasil melewati Jalur Selabintana yang ekstrem – Foto: Google Maps/Firdaus Hasan

Di antara ketiga jalur yang ada, Selabintana ibarat ‘bos’-nya. Tingkat kesulitannya bahkan bisa membuat pendaki berpengalaman sekalipun kewalahan. Sangat tidak direkomendasikan untuk pendaki yang hanya coba-coba.

Perjalanan awal langsung memasuki area hutan dan semak yang berpenghuni pacet. Jalannya seringkali tertutup lumut dan licin. Belum lagi tanjakannya yang menyajikan kemiringan ekstrem. Sebagai bonus, jalur ini juga masih banyak terdapat satwa liar termasuk hewan buas.

Namun, tantangan yang ditawarkan oleh Selabintana tetap layak dicoba bagi yang menyanggupinya. Bersiap menghabiskan waktu lebih lama untuk bisa tiba di puncak. Pendaki akan tiba di Alun-Alun Surya Kencana melalui jalur ini. Keindahan padang rumput dengan tebaran edelweiss ini tentu akan jadi hadiah pendakian yang bermakna.

Baca Juga: GUNUNG KENCANA Bogor Tiket & Jalur Pendakian

Puncak Gede Pangrango

Kawah Gunung Gede
Pemandangan salah satu dari tiga kawah di Puncak Gede – Foto: Google Maps/rani aryani

Puncak Gede Pangrango memiliki beberapa kawah aktif. Ada Kawah Lanang, Kawah Wadon, dan Kawah Ratu. Ketiganya berada di satu area.

Pemandangan dari puncak sudah pasti membuat tercengang. Sunrise maupun sunset adalah hal yang wajib disaksikan dari sini. Pendaki juga dapat melihat Kota Cianjur, Bogor, dan Sukabumi sekaligus. Pemandangan ini akan sangat cantik apabila terlihat di malam hari.

Fasilitas

Setiap basecamp pendakian memiliki fasilitas dan sarana memadai. Toilet dengan air bersih, musala, dan area parkir sudah pasti tersedia. Ada juga layanan kesehatan untuk cek kesehatan di tempat. Di sekitar basecamp banyak terdapat warung dan rental peralatan hiking maupun camping.

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango terletak di dua wilayah yaitu Sukabumi dan Cianjur. Terdapat beberapa pintu masuk untuk pendakian di gunung ini yaitu Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana. Kantor pusat sekaligus basecamp berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Gerbang masuk Gunung Putri berada di Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Sementara Gerbang Selabintana terletak di Jalan Selabintana Gang Musa II, Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Setiap gerbang dapat dicapai menggunakan transportasi umum dari terminal terdekat.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini