Beranda Tiket Wisata

Puncak Darma Sukabumi Tiket & Ragam Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Selasa, Februari 4, 2020
Puncak Darma Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Girimukti, Ciemas, Girimukti,Ciemas,Sukabumi,Jawa Barat,Indonesia,43177.

Puncak Darma adalah salah satu tujuan favorit wisatawan pemburu foto ketika berkunjung ke Ciletuh Geopark, Sukabumi. Area perbukitan yang menawarkan sajian panorama pemandangan alam di selatan Jawa Barat. Keindahannya membuat destinasi wisata di Teluk Ciletuh ini tak pernah sepi dari incaran wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tiket Masuk

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati keindahan alam dari Puncak Darma. Harga tiket sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket
Tiket MasukRp3.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: 9 Tempat Wisata Menarik di Sukabumi

Jam Operasional

Objek wisata perbukitan ini bisa dikunjungi setiap hari oleh kalangan umum. Tempat ini buka dari pagi hingga menjelang malam, sehingga lokasinya cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap Hari08.30 – 18.00 WIB (sampai matahari terbenam)

Pesona Puncak Darma

Puncak Darma
Puncak Darma, salah satu lokasi untuk menikmati panorama Geopark Ciletuh – Foto: Google Maps/Heru Kasidi

Baca: 4 Pesona Curug Sodong Ciletuh Sukabumi

Apa yang membuat Puncak Darma menarik? Pesona apa yang dimiliki objek wisata di Ciletuh Geopark tersebut? Mungkin ada sebagian orang yang bertanya dengan pertanyaan sejenis ketika mendengar nama objek wisata ini.

Puncak Darma adalah kawasan puncak bukit yang berada di Teluk Ciletuh, Sukabumi. Tidak ada wahana hiburan atau tempat nongkrong yang nyaman yang bisa ditemukan di puncak ini. Namun, wisatawan justru akan disuguhkan oleh pemandangan alam ciptaan Tuhan yang lebih istimewa dari sekadar spot foto Instagrammable. 

Panorama Teluk dan Laut

Laut
Panorama laut dan Pantai Palangpang yang terlihat dari Puncak Darma – Foto: Google Maps/evi arismeiyani

Baca: Wisata Bukit Baros Sukabumi Kesejukan Perbukitan Hutan Pinus

Puncak Darma terletak di bagian selatan Pulau Jawa. Dataran tinggi ini berada di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. Posisinya menempati salah satu punggung bukit di Teluk Ciletuh. Di bawahnya, terhampar Pantai Palangpang dengan lautnya yang biru.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, kawasan wisata di ketinggian ini menyajikan pemandangan laut dan pantai secara menyeluruh. Dari atas sini, pengunjung bisa menyaksikan sendiri bentuk Teluk Ciletuh yang menyerupai tapal kuda. Lengkungan halus tersebut dihiasi hamparan pasir putih serta laut yang indah.

Sambil menikmati pemandangan, wisatawan dimanjakan oleh semilir angin laut sepoi-sepoi. Suara deburan ombak akan memenuhi indera pendengaran. Sejauh mata memandang, yang tampak hanyalah cakrawala pertemuan birunya laut dan langit.

Pesona Matahari Terbenam

Senja dari Puncak Darma
Pemandangan matahari terbenam dari ujung Teluk Ciletuh – Foto: Google Maps/Hendy Hendy

Baca: Curug Cikaso Sukabumi Tiket & Pesona Alam

Menikmati pemandangan cerahnya alam Teluk Ciletuh dari Puncak Darma memang menyenangkan. Namun, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemandangan menakjubkan lainnya. Pemandangan tersebut akan didapat jika pengunjung datang pada sore hari.

Di hari yang cerah, pengunjung berkesempatan menyaksikan perubahan warna langit dari sini seiring dengan tenggelamnya matahari. Karena tidak terhalang apapun, panorama senja bsia dinikmati sepuasnya di sini. Tepat ketika matahari akan menghilang di balik horison, saat itulah wisatawan akan melihat megahnya lukisan alam yang tersaji di Teluk Ciletuh.

Punggung Bukit

Panorama
Pemandangan jalan yang berkelok-kelok di bukit – Foto: Google Maps/Hendro Saputro

Baca: Curug Cimarinjung Sukabumi Tiket & Daya Tarik

Selain panorama pantai dan laut, objek wisata ini juga menawarkan pemandangan kondisi geografis daratan di sekitarnya. Teluk Ciletuh di kelilingi oleh dataran dengan kontur dan warna yang bervariasi. Perbukitan dan amfiteater tebing bisa disaksikan dari atas ini.

Saat hari cerah, akan tampak hamparan sawah yang menghijau di sekitar pantai. Di sisi lain, tersaji panorama perbukitan hijau dan lembahnya. Pemandangan unik lainnya bisa dilihat di punggung bukit yang dihiasi kelokan jalan akses kendaraan. Panorama ini tentu menarik dan sayang jika tidak diabadikan dengan kamera.

Narsis di Dermaga

Bagi yang suka ber-narsis ria, tak ada salahnya mengambil banyak foto untuk kenang-kenangan. Tidak perlu khawatir soal keamanan. Puncak Darma dilindungi oleh pagar pembatas yang aman.

Baca: Curug Sawer Sukabumi Tiket & Ragam Aktivitas

Di sekitar area, saat ini sudah ada dermaga kayu yang dibuat untuk berfoto atau beristirahat. Terdapat bangku kayu untuk rehat sambil menikmati keindahan panorama sekitar dan sejuknya udara di ketinggian. Ketika liburan, jangan heran jika dermaga ini padat oleh antrian wisatawan yang ingin berfoto di sana. Karena banyak peminat, harap sabar menunggu giliran, ya!

Piknik Kilat

Tidak ada salahnya menikmati kecantikan pesona alam sambil mengisi perut. Menyantap bekal atau kudapan sambil duduk menghadap ke laut tentu menyenangkan. Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama kerabat seraya tadabbur alam di Puncak Darma. Tapi ingat, jangan sampai meninggalkan jejak sampah dan mengotori objek wisata alami ini, ya.

Fasilitas Puncak Darma

Meski merupakan objek wisata alam yang sederhana, fasilitas yang tersedia bagi pengunjung ternyata cukup memadai. Lahan parkir, toilet, mushola, dan sejumlah warung makanan bisa ditemukan di sini. Tempat beristirahat dan spot foto adalah fasilitas lainnya yang juga ada di sini.

Lokasi Puncak Darma

Objek wisata perbukitan ini berada di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Objek wisata ini termasuk dalam kawasan CIletuh Geopark Sukabumi. Untuk mencapai Puncak Darma, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Akses dan kondisi jalan sudah sangat baik dan memadai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here