Beranda Tiket Wisata

PULAU BERHALA Keindahan Pantai & Pulau Eksotik - Juli 2020

Pulau Berhala Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kp. Singkep,Sabak Barat,Sabak Barat,Tanjung Jabung Timur,Indonesia,36764.

Pulau Berhala merupakan salah satu aset pariwisata Propinsi Jambi yang terletak di Selat Berhala. Pulau  eksotis ini memiliki pasir putih serta gugusan batu-batu besar di sepanjang pantainya. Air lautnya jernih kebiruan dihiasi terumbu karang cantik di bawah permukaan perairannya.

Pulau ini terkenal dengan alamnya yang elok, pantai yang indah dan bersih, serta penangkaran Penyu. Destinasi wisata ini juga sarat akan situs yang dikeramatkan dan peninggalan bersejarah.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan pulau dan pantai pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk menyewa kapal sampai ke pulau.

Harga TiketGratis

Baca: Berbagai tempat wisata menarik di Jambi

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 jam

Eksotisme Alam Pulau Berhala

Menikmati suasana sore Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambi - pulauberhalajambi
Menikmati suasana sore Pulau Berhala – foto : Instagram/pulauberhalajambi

Pulau Berhala memiliki keindahan alam yang eksotis dengan kekayaan potensi lautnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantainya dengan menyusuri garis pantai yang berpasir putih. Berbagai aktivitas wisata pun dapat dilakukan, seperti berenang, snorkeling, maupun menyelam.

Wisatawan dianjurkan untuk mematuhi kearifan lokal yang berlaku. Beberapa mitos seperti larangan berbuat asusila dipercaya akan berakibat fatal bagi pelanggarnya.

Panorama Perairan Menuju Pulau

Untuk mencapai area pulau, wisatawan biasanya menggunakan transportasi laut berupa kapal (pompong) ataupun speedboat. Perjalanan berkisar dua jam dari Nipah Panjang atau Sadu tergantung jenis dan kecepatan kendaraan.

Menyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambi - Bhima Wibawa
Menyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala – foto : GoogleMaps/Bhima Wibawa

Untuk menyeberang, terdapat dua jenis speedboat  yaitu speedboat jenis terbuka dan speedboat jenis tertutup. Speedboat jenis terbuka beratap terpal, sedangkan jenis tertutup dilengkapi toilet, televisi dan sebagainya.  Kapasitas keduanya sekitar lebih dari 30 orang untuk sekali jalan.

Dari atas dek kapal, wisatawan dapat menikmati hembusan udara yang bersih dan segar. Langit  di atas perairan terlihat biru cerah dengan burung-burung yang terbang. Wisatawan juga dapat melihat pemandangan hutan dan Sungai Batang Hari, sungai terpanjang dipulau Sumatera.

Mendarat di Pantai Eksotis

Pintu masuk Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambi - PUTRI SARI
Pintu masuk Pulau Berhala – foto : GoogleMaps/PUTRI SARI

Wisatawan yang datang ke sini akan disambut dengan pemandangan alami nan eksotis. Wisatawan perlu melapor ke pos TNI yang keberadaannya sangat membantu terpeliharanya keaslian pulau ini. Ramahnya sikap petugas kepada semua pengunjung pulau membuat suasana liburan terasa nyaman dan aman.

Setiap wisatawan harus mematuhi aturan ketat terkait konservasi Pulau. Antara lain dilarang merusak tanaman dan membunuh hewan yang ada di pulau ini. Selain itu juga dilarang berbuat asusila, membawa senjata tajam dan minuman keras.

Menyusuri Garis Pantai

pantai pasir putih dengan laut hijau toska
Bersantai menyusuri pantai Pulau Berhala – foto : GoogleMaps/Rahayu Widiastuti

Pulau Berhala memiliki pantai berpasir putih yang alami dan belum tercemar kelestariannya. Gugusan batu-batu besar di beberapa garis pantainya menjadikan pemandangan di pulau ini kian eksotis. Di sepanjang pantai banyak terdapat kerikil-kerikil berwarna indah dengan nyiur-nyiur tinggi yang menambah pesonanya.

Pulau ini dikelilingi beberapa pulau kecil dengan pantai landai serta air laut yang jernih. Begitu jernihnya, wisatawan dapat melihat gradasi warna air laut dari hijau toska hingga biru muda.

Pulau Berhala dikenal sebagai tempat pelarian sementara wisatawan dari hiruk pikuk kota besar. Hanya ketenangan yang didapat selama berada di pulau ini.

Renang

Segarnya berenang di jernihnya air laut Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambi - pulauberhalajambi
Segarnya berenang di jernihnya air laut sekitar pulau – foto : Instagram/pulauberhalajambi

Pantai di sini memiliki kontur landai dengan air laut yang bersih dan jernih. Kedalamannya yang tergolong dangkal dan pasir putihnya membuat gradasi warna airnya terlihat indah.

Banyak wisatawan yang menikmati kesegaran airnya dengan berenang di perairan dangkalnya. Wisatawan juga dapat berendam maupun bermain air di tepiannya.

Menikmati Pemandangan dari Ketinggian Bukit

garis pantai sekitar pulau
Menikmati keindahan panorama tepi laut – foto : instagram/pulauberhalajambi

Pulau Berhala tidak hanya memiliki pasir putih dan bebatuan eksotis, terdapat juga perbukitan hijau. Daratannya berbukit dan berhutan lebat sebagai habitat berbagai jenis binatang termasuk Biawak dan Rusa.

Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Terlihat panorama laut dengan pantainya serta keindahan beberapa pulau kecil di sekitar pulau.

Untuk dapat mencapai lokasi puncak bukit, wisatawan dapat menjangkaunya dengan berjalan kaki. Perjalanan memakan waktu hanya sekitar dua puluh menit menaiki bukit. Dari tempat ini wisatawan juga dapat menikmati hembusan angin beraroma khas laut yang lembut menerpa.

Snorkeling dan Menyelam di Pulau Berhala

snorkeling dan menyelam menikmati keindahan bawah laut
Snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut – foto : instagram/pulauberhalajambi

Pulau Berhala menyimpan panorama laut yang masih terjaga keasliannya. Pulau ini juga diketahui kaya akan hutan Akar Bahar dan menyimpan berbagai jenis terumbu karang. Tidak kurang dari 22 spesies dan jenis ikan karang terlindungi keberadaannya di ekosistem alami.

Pantai yang putih bersih dan lautnya yang jernih sangat cocok untuk wisata bahari. Snorkeling dan menyelam sangat digemari wisatawan. Menyelami perairannya membawa wisatawan berinteraksi dengan keindahan lanskap alam bawah laut.

Kawasan Pemeliharaan Penyu Pulau Berhala

Pasir putih dan laut hijau toska Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambiarlan - foto : GoogleMaps/dahri
Pasir putih dan laut hijau toska Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambiarlan – foto : GoogleMaps/dahri

Pulau Telur merupakan salah satu pulau yang berada dekat dengan Pulau Berhala. Pulau ini dijadikan tempat Penyu bertelur pada musimnya. Pulau dengan luas sekitar 2,5 km2 ini juga menjadi kawasan pemeliharaan Penyu.

Saat awal dan akhir tahun, pantai di sini menjadi tempat persinggahan Penyu untuk bertelur. Satwa tersebut meletakkan telur-telur mereka untuk dikembangbiakkan. Saat musim hujan menjadi waktu terbaik untuk melihat kehidupan Penyu Laut.

Menyambangi Pulau Mercusuar

Pulau Mercusuar
Sebuah mercusuar berrdiri kokoh sebagai panduan bagi kapal-kapal sekitar Pulau Berhala – foto : GoogleMaps/Misbah Asror

Pulau Berhala merupakan wisata pantai berbasis pulau karena posisinya dikelilingi oleh sekelompok pulau-pulau kecil.  Wisatawan yang datang ke tempat ini dapat melihat sebuah mercusuar yang berdiri kokoh.

Mercusuar di pulau ini dibangun sebagai panduan bagi kapal-kapal yang melayari Selat Berhala. Pulau Mercusuar, begitulah pulau tempat mercusuar kawasan Pulau Berhala tersebut berada.

Menapaki Jejak Sejarah Pulau

Situs makam keramat Datuk Paduka Berrhala
Situs makam keramat Datuk Paduka Berrhala – foto : GoogleMaps/Bhima Wibawa

Pulau Berhala merupakan salah satu kawasan sejarah dengan potensi arkeologis yang sangat bernilai. Terdapat sebuah makam keramat, dapur serta meriam peninggalan Jepang pada Perang Dunia II. Ketiganya adalah cagar budaya dalam pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat.

Nama pulau ini diambil dari nama raja Jambi jaman dahulu, Datuk Paduka Berhala. Makam tokoh yang menjadi cikal bakal sejarah Islam Jambi tersebut ada di pulau ini. Untuk menuju ke sana, wisatawan perlu menaiki anak tangga sepanjang 20 meter.

Ssejumlah benda cagar budaya kembali ditemukan tanggal 19 September 2018 lalu. Benda-benda tersebut antara lain guci, mangkok, tempayan besar dan kecil, serta patahan gelang. Penemuan tersebut dilaporkan ke Pemkab Lingga dan disimpan di Museum Linggam Cahaya Lingga.

Menyaksikan Momen Matahari Terbenam

menikmati matahari terbenam di pantai pulau berhala
Menikmati indahnya matahari terbenam – foto : instagram/pulauberhalajambi

Pulau Berhala memiliki pemandangan terbenamnya matahari yang sangat indah. Di penghujung hari, para wisatawan biasa bersantai sambil menikmati indahnya sunset.

Salah satu spot favorit berada di bagian barat pulau, yaitu di Pantai Lekuk Medan. Di dekatnya terdapat bukit batu untuk menikmati mentari tenggelam di garis cakrawala laut. Lokasi ini merupakan tempat sempurna untuk memotret sunset bagi para pecinta fotografi.

Bermalam di Pulau Berhala

Banyak wisatawan yang memilih menginap untuk menikmati liburan lebih lama di pulau ini. Menghabiskan waktu menikmati suasana pantai pada malam hari terasa begitu romantis.

bermalam di tenda sekitar pantai
Mendirikan tenda menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap – foto : GoogleMaps/Ikmal Akbar

Untuk penginapan bagi wisatawan, sudah banyak home stay yang ditawarkan. Atau wisatawan juga dapat mendirikan tenda di pantai dan membuat api unggun.

Lokasi Wisata Pulau Berhala

Objek Wisata ini berada di Kp. Singkep, Kec. Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi 36764.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini