Beranda Tiket Wisata

Wisata PULAU KELAPA Tiket Murah Keindahan Terjaga September 2021

Pulau KelapaHarga Tiket: Gratis - Rp74.000Jam Buka: No Telp: -Alamat: -, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, -

Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau baik yang berpenghuni maupun tidak. Salah satu pulau berpenghuni yaitu Pulau Kelapa, dengan kurang lebih 8.000 penduduk. Meski berpenghuni, wisatawan masih tetap dapat merasakan kealamian pulau ini. Bahkan paket komplit, wisatawan juga dapat membaur dengan masyarakat setempat.

Merasakan kehidupan masyarakat kepulauan kecil yang tentu berbeda dengan kehidupan di darat. Pasti akan sangat seru, hidup dengan keterbatasan sarana di tengah keindahan. Banyak sekali daya tarik dan aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini. Apalagi jika wisatawan mencoba menginap di pulau ini.

Biaya & Tiket ke Pulau Kelapa

Untuk masuk ke kawasan objek wisata ini tidak dikenakan biaya. Hanya biaya perlu menyiapkan biaya transportasi kapal. Serta biaya pribadi jika ingin menginap atau berkuliner ria di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Kapal Rute Kali Adem – Pulau Kelapa – Pulau SabriaRp74.000

Baca Juga: PULAU PARI Tiket & Aktivitas

Jam Operasional Pulau Kelapa

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional. Wisatawan bisa datang kapan saja ke pulau ini. Namun karena bergantung pada transportasi laut, wisatawan hanya bisa berkunjung saat ada kapal menuju pulau ini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Mengintip Pesona Pulau Kelapa

Suasana Tenangnya Pulau Kelapa
Suasana Tenangnya Pulau Kelapa. Foto: Gmap/Talenta Ikha

Pulau Kelapa merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu dengan jumlah 8.000 penduduk dan memiliki luas setidaknya 13,09 hektar. Masyarakat yang mendiami pulau ini berasal dari berbagai suku, seperti Jawa, Betawi, Mandar, dan Bugis. Dengan bahasa khasnya yang merupakan perpaduan dari bahasa suku-suku yang mendiami pulau ini.

Sarana dan prasarana di pulau ini sudah terbilang lengkap. Ada jalan yang sudah mulus dengan paving block dan beton, yang dapat dilalui motor, becak, dan sepeda. Ada juga 2 buah dermaga sebagai tempat berlabuh para kapal pengangkut wisatawan atau masyarakat setempat. Di sini pun sudah tersedia listrik selama 24 jam oleh PLN melalui jaringan listrik bawah laut.

Pusat kesehatan seperti dokter praktek, bidan, rumah bersalin, puskesmas, dan posyandu sudah lengkap tersedia. Fasilitas sekolah mulai dari Paud, TK, SD, Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Aliyah. Seluruh masyarakat beragama Islam, sehingga mudah menemukan masjid dan mushola di sini. Jangan lewatkan mengunjungi pasarnya, di sini wisatawan dapat menemukan berbagai macam kuliner laut.

Baca Juga: PULAU TIDUNG Tiket & Atraksi

Mengelilingi Pulau Kelapa yang Indah

Keasrian pulau ini memang masih begitu terjaga harmoni alam dan pemukiman tampak asri. Perairan yang mengelilingi pulau masih sangat bersih dan jernih. Ditambah dengan warna lautnya yang bergradasi tampak semakin elok.

Pasir putih menjadi alas alami di pulau ini. Wisatawan akan langsung disambut ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini. Lembutnya pasir akan memanjakan telapak kaki wisatawan setiap melangkah. Tiupan angin sepoi yang menerpa pepohonan, menerpa lembut kulit, menghapus panasnya cuaca siang.

Pulau ini pun penuh dengan pepohonan meskipun banyak juga rumah-rumah penduduk. Berbagai macam pohon tumbuh dengan subur di sini, hingga membuat kawasan tampak rimbun. Membawa nama kelapa, tak serta merta membuat pulau ini dipenuhi dengan pohon kelapa. Pohon kelapa sebagian besar ada di bagian pesisir pantainya.

Baca Juga: PULAU DOLPHIN Pesona Pulau Tak Berpenghuni

Menyaksikan Keelokan Matahari Terbenam di Sore Hari

Senja di Pulau Kelapa
Senja di Pulau Kelapa. Foto: Gmap/Dwi Anggraito Amirulah

Di ujung barat Pulau Kelapa, terdapat kawasan bernama Royal Island. Tempat ini merupakan semi resort yang juga terbuka sebagai tujuan wisatawan berkunjung. Terutama bagi yang senang dengan pemandangan syahdu ketika matahari terbenam. Kawasan ini terbilang sepi, sehingga membawa suasana yang menenangkan.

Kawasan ini juga terkenal dengan nama Kampung Sunset. Karena pemandangan matahari terbenamnya yang begitu mempesona. Wisatawan akan dimanjakan dengan warna oranye dan bulatan sempurna matahari di kala senja. Ditambah dengan hutan mangrove di sekitar kawasan, turut membawa keindahan tersendiri.

Selain itu di Kampung Sunset ini juga seringkali mengadakan live music di panggung terbuka. Sehingga wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam sambil mendengarkan alunan musik.

Wisata Perairan Jernih Pulau Kelapa

Kapal yang dapat Disewa untuk Berkeliling
Kapal yang dapat Disewa untuk Berkeliling. Foto: Gmap/toko batara2

Salah satu cara menikmati pulau ini adalah dengan mengarungi area perairannya. Wisatawan dapat membawa kano atau menyewa perahu kecil milik nelayan setempat. Di sekitar pulau, perairan belum terlalu dalam dan airnya sangatlah tenang. Sehingga lebih aman bagi wisatawan untuk mengarunginya.

Wisatawan dapat menyusuri sambil berfoto ria. Atau sambil menyaksikan bagian bawah perairan yang jernih. Di sini wisatawan dapat menyaksikan dasarnya dengan jelas tanpa harus menyelam.

Jangan lewatkan juga area hutan mangrove yang ada di bagian depan pulau. Wisatawan dapat menyaksikan hijaunya rerimbunan pohon mangrove. Apalagi, beberapa jenis burung kerap kali hinggap di dahan pepohonan. Ikan-ikan pun tak sedikit yang berenang di sekitar akar-akar mangrove.

Menyelami Perairan dengan Snorkeling

Perairan yang jernih tempat tumbuh kembang ikan hias dan terumbu karang. Wisatawan bisa melakukan snorkeling di sini dengan bebas. Tak perlu menyelam jauh indahnya taman laut sudah terpampang di depan mata. Sejauh mata memandang air jernih dan terumbu karang yang sehat tampak menari-nari seirama arus laut.

Ikan-ikan pun tak mau kalah. Turut berenang kesana kemari seolah tak takut dengan para penyelam. Jika membawa kamera underwater, bisa sambil mengabadikan momen berenang dengan ikan-ikan lucu ini.

Fasilitas

Penginapan di Pulau Kelapa
Penginapan di Pulau Kelapa. Foto: Gmap/alma dinata

Fasilitas umum di objek wisata ini terbilang lengkap. Mulai dari fasilitas kesehatan, sarana prasarana yang lengkap, serta mushola. Bahkan, sudah banyak tersedia penginapan bagi wisatawan. Mulai dari yang sederhana hingga yang berkelas.

Lokasi Pulau Kelapa

Pulau Kelapa berlokasi di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. Untuk bisa menuju ke kepulauan seribu bisa menggunakan kapal cepat melalui rute Kali Adem – Pulau Kelapa – Pulau Sebira.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini