Beranda Tiket Wisata

PULAU ONRUST Tiket & Daya Tarik Peninggalan Kuno – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Museum Pulau Onrust : Rp5.000Jam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, kepulauan seribu, administrasi kepulauan seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14520

Pulau Onrust merupakan salah satu tujuan wisata di sebuah pulau kecil tak berpenghuni di kawasan Pulau Seribu. Lokasinya tak jauh dari Pulau Bidadari hanya 1,2 Km saja. Di pulau ini menyimpan banyak histori. Sebagaimana namanya, pulau ini artinya pulau yang tak pernah beristirahat. Sebab keberadaannya dulu adalah pulau yang sangat sibuk. Beberapa jejaknya masih dapat ditemukan hingga sekarang.

Misalnya bangunan museum yang merupakan bekas rumah sakit, karantina haji, penjara, makam belanda hingga berbagai koleksi temuan dari tim arkeologi. Selain terkenal dengan sejarahnya, kondisi pulaunya yang jauh dari kota membuatnya tetap asri.

Harga Tiket Masuk Museum Pulau Onrust

Bagi yang berencana ke Pulau Onrust harga tiket masuknya terbilang masih murah. Namun siapkan juga biaya untuk kapal penyebrangan menuju pulau atau bisa mengikuti paket tur.

Harga Tiket
Setiap hari  Rp5.000

Baca: 14 Aktivitas Seru di Pulau Seribu Jakarta

Jam Buka

Pulau ini hanya ditutup saat hari senin. Meskipun pulau ini tidak menetapkan waktu khusus, namun kedatangan wisatawan tentu bergantung dengan keberadaan kapal yang mengangkut. Biasanya hanya ada di pagi hingga sore. Umumnya, wisatawan berkunjung dengan ikut paket tur yang juga berkunjung ke beberapa pulau sekaligus.

Jam Buka
selasa-minggu 24 jam

Daya Tarik Wisata Pulau Onrust

Berkunjung ke Pulau Onrust, akan memberikan pengalaman rekreasi sekaligus belajar sejarah. Seolah memasuki pintu yang akan membawa nostalgia ke masa lalu. Tidak hanya museum saja tapi juga terdapat beberapa peninggalan masa lalu lainnya. Misalnya bekas rumah sakit, reruntuhan asrama haji, bekas penjara, sumur tua, dan pemakaman kuno.

Bangunan-bangunan tua tersebut tampak tidak terawat. Bahkan penuh dengan lumut yang tumbuh dengan liarnya. Sementara sisa tembok yang masih berdiri, banyak tertutup tumbuhan rambat yang menjalar dengan bebasnya. Satu-satunya bangunan yang mengalami proses renovasi yaitu bangunan rumah sakit. Rumah sakit yang dulunya sebagai tempat khusus karantina.

Berbagai Artefak dalam Museum

Berbagai peninggalan artefak di Museum Pulau Onrust -Sulaeman Bong
Berbagai peninggalan artefak di Museum Pulau Onrust (Foto: Google Maps/ Sulaeman Bong)

Pulau yang terkenal memiliki air laut yang bersih ini, juga menyimpan berbagai macam benda artefak. Koleksi museum ini merupakan penemuan dari tim Arkeologi. Beberapa di antaranya yaitu pecahan keramik Eropa, sepatu besi, dan peluru meriam.

Selain berbagai macam artefak, ada pula kumpulan foto jemaah haji masa karantina tahun 1911. Terdapat maket gambaran Pulau Onrust dari abad 17 hingga abad 20 lengkap dengan tata letaknya. Ada berbagai patung diorama serta poster mengenai sejarah pulau di masa penjajahan.

Baca: PULAU UNTUNG JAWA Tiket & Ragam Aktivitas

Makam Kuno Di Pulau Onrust

komplek makam belanda peninggalan zaman VOC - indonesian community
Komplek makam belanda peninggalan zaman VOC (foto: Google maps/indonesian community)

Sajian berikutnya yang terdapat di Pulau Onrust yaitu adanya makam kuno. Terdapat makam Belanda sekaligus warga pribumi. Keberadaan makam tersebut membuktikan bahwa pulau ini pernah berpenghuni dan jadi tempat tinggal.

Ada sebagian makam yang berukuran sangat besar. Berhiaskan patung-patung dan ornamen. Pemilik makam diprediksi merupakan para pembesar Belanda di zamannya. Ada pula makam keramat yang terkenal. Pemilik makam ini bernama Maria Van De Velde. Menurut kabar yang beredar, noni belanda ini bunuh diri sebab ditinggal kekasihnya pergi.

Sementara, salah satu makam pribumi yang terkenal yaitu terdapat makam pimpinan pemberontak Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Tokoh ini dieksekusi pada masa pemerintahan Presiden Soekarno tahun 1964 di Pulau Onrust.

Hawa mistis sangat terasa saat menyaksikan area ini. Suasana makam yang rindang sebab banyaknya pohon beringin berdiri di dalamnya. Namun suasana angker juga terasa. Tak jarang membuat bulu kuduk berdiri bila berlama-lama di sini. Sehingga bagi pemburu suasana mistis, tentu Pulau Onrust dapat menjadi jawabannya.

Baca: PULAU SEBIRA Sangat Asri Di Utara Kepulauan Seribu

Bekas Penjara Di Pulau Onrust

Pulau Onrust juga dulunya berguna sebagai penjara bagi para pemberontak. Terdapat bekas penjara yang dibangun Belanda, di bagian tengah pulau. Ruang sel tersebut sempat menjadi tempat tahanan yang terlibat pembajakan kapal angkatan laut belanda.

Misalnya De Zeven Provincien yang terkenal dengan peristiwa Kapal Tujuh di tahun 1933. Kabarnya, ABK yang mayoritas pribumi ini memberontak setelah adanya rumor potong gaji. Kini bekas penjara telah menjadi puing-puing.

Baca: PULAU PRAMUKA Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Reruntuhan Asrama

Fungsi berikutnya dari pulau ini yaitu dulunya sebagai tempat karantina. Warga Indonesia yang pulang dari haji, diminta menempati pulau ini untuk karantina. Hal ini agar penyakit yang dibawa dari tanah suci tidak menyebar ke warga. Setelah sekitar 5 harian, para jamaah haji dipulangkan kembali ke tempat asal masing-masing. Hingga saat ini bangunan bekas asrama haji ini masih tampak berupa barak-barak yang tersisa.

Bermain di Pantai dan Memancing

memancing di pesisir pulau onrust
Memancing di pesisir pulau Onrust( foto: Google Maps/ hygna husada)

Selain menikmati berbagai situs sejarah di pulau, wisatawan juga dapat menghabiskan waktu kunjungannya untuk bermain di pantai. Bahkan beberapa sengaja datang hanya untuk sekedar memancing di sini. Air laut yang masih murni membuat keberadaan ikannya segar dan berlimpah. Bahkan tak jarang pemancing dapat gurita dan cumi-cumi sebagai hasil tangkapannya.

Terdapat Sumber Mata Air Tawar

Pesona Pulau Onrust berikutnya yaitu adanya sumur tua. Sumur ini berupa sumber mata air tawar.  Meskipun berada di tengah laut dengan area yang tidak terlalu luas namun airnya tidak asin. Sumber mata air tawar ini kabarnya telah berusia hingga berabad-abad.

Spot Foto Replika Kincir Angin

kincir angin pulau onrust - hastin asta asih
kincir angin Pulau Onrust (foto: Google Maps/ hastin asta asih)

Saat wisatawan menginjakkan kaki di dermaga pulau ini terdapat replika kincir angin yang menyambut. Replika kincir angin bertuliskan Pulau Onrust tersebut dibuat oleh VOC. Kini keberadaannya menjadi spot foto ikonik. Kemudian spot lain yang berada di lingkungan depan yaitu adanya berbagai batu besar yang disebut prasasti.

Fasilitas

Meskipun hanya terdiri dari bangunan-bangunan bekas, namun keberadaannya sebagai destinasi wisata telah dilengkapi berbagai fasilitas. Dari gazebo, tempat duduk, toilet umum, musala, aneka warung dan listrik yang menyala di jam-jam tertentu.

Lokasi Pulau Onrust

Sebagaimana namanya museum ini terletak di Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk sampai ke pulau ini wisatawan perlu naik kapal. Bisanya dari muara kamal menuju dermaga pulau Onrust. Penyedia paket tur akan memberikan opsi terkait destinasi ke pulau lainnya seperti Pulau Kelor dan Pulau Cipir.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini