Beranda Tiket Wisata

PULAU PARI Tiket & Aktivitas Oktober 2021

Pulau PariHarga Tiket: Rp5.000 - Rp300.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, -

Pulau Pari berada di gugusan Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata populer warga Jakarta. Saat ini gugusan kepulauan Seribu sudah menjadi salah satu kabupaten bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Karena lokasinya yang amat dekat dari ibukota membuatnya tak pernah sepi dari wisatawan.

Sejauh ini Pulau Pari memiliki jarak terdekat dari daratan Jawa. Pemandangan bawah laut serta sunset-nya yang paling menjadi incaran. Hingga saat ini kepulauan ini masih menjadi alternatif bagi warga sekitar ibukota yang tidak ingin menempuh perjalanan jauh untuk berlibur.

Tiket Masuk Pulau Pari

Banyak agen pariwisata yang menyediakan paket liburan. Sedangkan tarif paket bervariasi, tergantung pada pilihan jenis aktivitas. Secara terpisah, tarif wahana rekreasi dan biaya kapal adalah sebagai berikut.

Tiket Kapal
Kapal dari Muara Angke per orang (2 jam)mulai dari Rp40.000
Kapal dari Pelabuhan Marina Ancol per orang (1,5 jam)Rp100.000 – Rp300.000
Tarif Wahana
Sewa Alat SnorkelingRp30.000
Kapal SnorkelingRp400.000 – Rp600.000
Banana BoatRp30.000
SepedaRp20.000
Penginapanmulai dari Rp100.000 per malam
Pantai Pasir PerawanRp5.000

Baca: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Jam Buka

Sebagai bagian dari Kepulauan Seribu, Pulau ini selalu terbuka sebagai tujuan berlibur. Namun, pulau ini tutup di masa pandemi Covid-19 karena faktor keamanan dan keselamatan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Pulau Pari nan Elok

matahari bersiap kembali ke peraduan di pulau pari
Laut dangkal dengan sebaran pohon mangrove menjadi tempat jatuhnya bayangan matahari sebelum terbenam – FOto: Google Maps/Orest Surya

Berkembangnya Pulau Pari sebagai tujuan wisata berawal dari pulau kosong tak berpenghuni. Nama ‘Pari’ diambil karena kondisi pulau yang berada di perairan dangkal. Selain itu, banyak ikan pari yang hidup di sekitar pulau ini.

Ciri khas Pulau Pari adalah pantai pasir putih yang landai dan bersih. Pengelolaan pariwisata di pulau ini oleh masyarakat setempat secara profesional. Kebersihan pantai selalu terjaga agar wisatawan tetap nyaman pada saat berlibur ke sini. Selain itu, pemandangan bawah lautnya pun menjadi rujukan rekreasi maupun penelitian.

Pulau Pari memiliki beberapa pantai dan spot wisata. Ombak lautnya terkenal tenang dan menyajikan gradasi warna yang cantik. Aktivitas rekreasi seperti bersepeda hingga barbekyu dihadirkan di sini. Tidak hanya soal hiburan, Pulau Pari juga menyediakan wisata edukasi pantai dan laut yang menarik.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Tiket & 10 Atraksi Terbaik

Pantai Pasir Perawan

menikmati hangatnya matahari Pantai Pasir Perawan Pulau Pari
Destinasi utama pariwisata di sini ialah Pantai Pasir Perawan – Foto: Google Maps/Aaron Lisandrio

Pantai ini membentang seluas setidaknya 10 kilometer di bagian utara pulau. Inilah lokasi yang menjadi primadona bagi wisatawan. Menyajikan panorama alam yang indah serta pantai yang bersih. Air lautnya tenang sehingga nyaman untuk bermain dan berenang.

Pengunjung pantai akan terkena tiket masuk yang sangat terjangkau. Kemudian hamparan pasirnya yang landai berhias aneka gazebo dan ayunan. Sementara itu tanahnya yang datar cocok untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Pagi dan sore hari, pantai ini jadi lokasi untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Beberapa agen pariwisata menyediakan paket kegiatan barbekyu di pinggir pantai. Di sekitar pantai, terdapat berbagai kedai yang menyajikan kuliner laut khas Kepulauan Seribu.

Baca: KIDZANIA Jakarta Tiket & 12 Wahana Atraktif

Bukit Dermaga Matahari

Meski bernama bukit, namun sebenarnya tempat ini bukanlah bukit sesungguhnya. Bukit Dermaga Matahari merupakan gundukan pasir yang ada di sekitar kawasan dermaga Pulau Pari. Lokasi ini jadi favorit sebagai tempat menikmati matahari terbit atau terbenam.

Sejauh ini tidak ada biaya untuk menyambangi Bukit Dermaga Matahari. Wisatawan cukup datang di jam yang tepat. Kemudian mengabadikan momen perubahan warna langit dengan kamera terbaik di sini. Sajian Pemandangan romantis ini sangat pas jika dinikmati bersama orang tersayang.

Pantai Bintang

Area tepi pantai Bintang yang bersih dan sejuk
Area tepi Pantai Bintang yang berpasir putih serta sangat bersih dan teduh karena lebatnya pepohonan Pinus.

Selama berada di pulau ini jangan lupa berkunjung ke Pantai Bintang yang menawarkan pesona yang berbeda dari Pantai Pasir Perawan. Pantai ini memiliki area hutan pinus yang teduh. Maka tidak heran jika pantai ini sering menjadi tempat bersantai. Gazebo maupun hammock tersebar di berbagai penjuru.

Sedangkan lautnya sendiri cukup dangkal, hanya sekitar tumit orang dewasa. Sehingga seluruh kalangan usia bisa bermain dengan aman di sini. Pemandangan sunset dari sini pun tak kalah mengagumkan.

Pantai Kresek

Selanjutnya ada Pantai Kresek yang terletak tak jauh dari dermaga Pulau Pari. Pasirnya berwarna agak kecoklatan. Di pantai ini terdapat area hutan pinus dan barisan pohon kelapa.

Selama berada di pantai ini pengunjung dapat menyambangi penangkaran hewan laut. Ada penyu, bintang laut, hingga ikan pari yang menjadi asal-muasal nama pulau ini. Sambil berlibur, wisatawan bisa mendapatkan wawasan seputar dunia fauna.

Aktivitas Lainnya

Wisatawan bersepeda menyusuri jalanan Pulau Pari
Jelajahi Pulau Pari dengan mengayuh sepeda bersama keluarga dan orang-orang terkasih – Foto: Google Maps/Mohammad Zein

Selain pesona pantai, Pulau Pari juga menawarkan berbagai aktivitas rekreasi lainnya. Bersepeda keliling pulau adalah salah satunya. Tidak butuh waktu lama untuk mengelilingi lahan pulau yang tidak terlalu luas. Dengan bersepeda, wisatawan dapat menelusuri area yang lebih jauh sambil menikmati angin pesisir.

Selanjutnya yang tak boleh terlewat adalah snorkeling. Karena perairan sekitar pulau yang dangkal membuatnya cocok untuk kegiatan yang satu ini. Pulau ini memiliki panorama bawah laut yang sangat terjaga. Itu juga alasan mengapa pulau ini jadi tempat penelitian.

Jika datang bersama keluarga atau sahabat, ada wahana rekreasi yang bisa dinikmati bersama. Yaitu wahana banana boat, berperahu, dan mendayung adalah beberapa di antaranya. Kemudian berkemah di pantai pun jadi opsi lain yang patut dicoba. Menghabiskan waktu untuk berburu selfie juga tak ada salahnya.

Fasilitas Pulau Pari

Pengelolaan pariwisata Pulau secara gotong royong oleh warga lokal Kepulauan Seribu. Warga melengkapi kawasan pulau dengan sarana penunjang yang cukup memadai. Toilet umum, masjid, serta kafe hingga kedai makanan adalah fasilitas yang paling mudah ditemui di sini. Pilihan akomodasi menginap terdiri dari penginapan, hotel, serta camping ground.

Lokasi dan Akses ke Pulau Pari

Pulau Pari terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Ada dua cara untuk mencapai pulau ini. Pertama, dengan kapal Dishub atau perahu dari Muara Angke. Waktu tempuh sekitar 2 jam, namun tarifnya cukup terjangkau.

Kedua, wisatawan yang memilih kenyamanan bisa naik kapal dari Pelabuhan Marina Ancol. Dengan tarif yang lebih tinggi, perjalanan hanya memakan waktu hingga 1,5 jam. Kapal-kapal ini tersedia setidaknya tiga kali dalam sehari.

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini