Beranda Tiket Wisata

PULAU PANDANG Tiket & Aktivitas September 2021

Pulau PandangHarga Tiket: Rp10.000 - Rp350.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, Selat Malaka, Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia, -

Tidak banyak yang mengenali potensi wisata bahari di Sumatera Utara. Di Selat Malaka, berbatasan dengan Malaysia, terdapat pulau kecil nan istimewa bernama Pulau Pandang. Jika dilihat di Google Maps, pulau ini mungkin hanya tampak seperti titik kecil meskipun sudah diperbesar. 

Namun, pesona alamnya jauh lebih besar dari sekadar imaji di peta. Pulau ini menyimpan pantai elok dengan laut yang bersih. Pemandangan bawah laut serta panorama alam pulaunya pun tidak bisa terlewatkan begitu saja. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Medan dan jadi salah satu destinasi wisata bahari favorit.

Tiket & Biaya Ke Pulau Pandang

Berwisata ke Pulau Pandang tidak ada biaya tiket masuk hanya tiket kapal. Lain halnya jika menggunakan jasa travel, biasanya wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Banyak juga penyedia paket travel yang sudah termasuk biaya transportasi dan seluruh fasilitas. Biasanya, paket ini juga termasuk rekreasi ke Pulau Salahnamo yang berada dekat Pulau Pandang.

Tarif Parkir/Penitipan Kendaraan
Parkir Roda Dua Rp10.000
Parkir Roda Empat Rp25.000
Start PelabuhanRp170.000
Start MedanRp280.000
Start R. PrapatRp300.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Batu Bara

Jam Operasional

Pulau Pandang selalu terbuka untuk umum sepanjang tahun. Wisatawan hanya perlu memperhatikan jam operasional keberangkatan kapal. Kapal feri biasanya hanya berangkat ketika pagi hari atau laut pasang. Sementara perahu kecil lebih fleksibel namun sangat tergantung kondisi cuaca hari itu.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Pulau Pandang

Pulau Pandang
Pulau Pandang adalah pulau kecil di Selat Malaka yang menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Medan dan sekitarnya – Foto: Google Maps/Lilik Tri

Secara geografis, Pulau Pandang terletak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasinya sekitar 24 kilometer dari Kecamatan Tanjung Tiram di pesisir timur Sumatera. Jika berbicara tentang wisata, pulau ini biasanya dijajarkan dengan Pulau Salah Namo yang lokasinya bertetangga. Keduanya merupakan destinasi wisata bahari favorit bagi warga Batubara maupun luar daerah.

Untuk mencapai lokasinya memang tidak semudah menjentikkan jari. Sarana transportasi maupun fasilitas yang tersedia masih terbatas meski cukup memadai. Namun, hal ini akan terbayar begitu menginjakkan kaki di sana. Mari intip daya tarik dan pesona pulau ini berikut ini.

Baca: SINGAPORE LAND Waterpark Batu Bara Tiket & 8 Wahana Seru

Pantai Pasir Putih

Pengunjung bermain di bibir pantai
Pasir putih serta laut biru jernih jadi pemandangan lazim di pesisir Pula – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Perjalanan menuju Pulau Pandang bisa menggunakan kapal feri atau perahu kecil. Pulau ini masih belum memiliki dermaga besar sehingga tidak memungkinkan kapal feri untuk bersandar. Opsinya adalah pindah menggunakan perahu yang lebih kecil hingga ke dermaganya.

Setelah tiba di pulau hamparan pasir putih jadi pemandangan yang pertama kali menyambut. Dengan latar hutan alami yang hijau, wisatawan seolah mendarat di pulau terpencil. Suasana wisata di pulau ini memang tidak seramai Bali atau Kepulauan Seribu. Ini juga yang menjadi alasan terjaganya kondisi alam Pulau.

Pantai di pesisir pulau ini memiliki pasir lembut berhiaskan tebaran batu granit. Warnanya yang hitam tampak kontras dengan hamparan pasir berwarna putih bersih. Yang paling mencolok yaitu warna lautnya yang biru-kehijauan. Laut dengan gradasi warna hijau hingga biru tua menghiasi kawasan bibir pantai.

Kawasan pantai ini bisa berada di sisi barat dan sisi timur pulau. Sedangkan sisi utara dan selatan didominasi oleh sebaran batu granit dan batu karang. Pantainya terlindung dari terjangan ombak yang ganas, sehingga kondisi lautnya lebih tenang. Karena itu Wisatawan dapat bermain pasir maupun bermain ombak dengan nyaman di sini.

Baca: Wisata Alam Datuk Batu Bara Tiket & Wahana

Area Snorkeling

Wisatawan bersantai di batu karang
Air laut yang bersih dan jernih sangat pas dijadikan lokasi snorkeling – Foto: Google Maps/kris diansyah

Laut yang jernih bukanlah pemandangan aneh di sini. Pulau ini dikelilingi laut yang sangat bersih. Saking bersihnya, dasar laut yang berisi batu karang tampak jelas terlihat dari permukaan. 

Karena itulah banyak titik yang cocok menjadi spot snorkeling di sekitar pulau. Pemandangan bawah lautnya berhiaskan aneka terumbu karang dan ikan-ikan. Pulau ini juga merupakan tempat penangkaran penyu, lho.

Baca: DOGI PARK Batu Bara Tiket & Wahana

Sunset Romantis

Langit lembayung senja Pulau Pandang
Pesisir Pulau Pandang menyajikan pemandangan sunset dan sunrise yang mengagumkan – Foto: Google Maps/Khairil Ahmad Dalimunthe

Menyinggung wisata bahari tentu tidak bisa lepas dari aktivitas menikmati sunset. Pulau ini juga merupakan destinasi untuk perjalanan romantis. Banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Pandang sebagai tujuan honeymoon. Salah satunya karena pemandangan matahari terbenam sangat romantis untuk dinikmati bersama orang terkasih.

Selain itu di pulau ini juga memiliki berbagai pilihan akomodasi menginap seperti mess bagi wisatawan rombongan. Selanjutnya terdapat sejumlah fasilitas bungalow sebagai opsi lainnya. Wisatawan juga bisa memilih berkemah di campground yang tersedia. Namun, tidak sedikit juga pengunjung yang melakukan perjalanan pulang-pergi.

Pemandangan dari Ketinggian

Mercusuar berlantai 5 menjulang di tengah pulau
Satu-satunya mercusuar yang juga salah satu objek wisata utama pulau ini – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Pulau ini tidak hanya memiliki kawasan pesisir yang memikat. Bentang alamnya yang berupa perbukitan juga tak kalah menarik. Terdapat jalur trekking yang bisa dicoba bagi wisatawan yang menyukai aktivitas fisik ini.

Selama trekking objek wisata yang wajib untuk dikunjungi ialah mercusuarnya. Pulau Pandang memiliki mercusuar setinggi 20 meter dengan lima lantai. Inilah titik tertinggi di Pulau Pandang untuk menikmati panorama sejauh 360 derajat. Selain itu, menara ini juga jadi lokasi favorit untuk berfoto dengan pemandangan terbaik.

Fasilitas Pulau Pandang

Terdapat sejumlah fasilitas umum di pulau ini. Fasilitas tersebut di antaranya toilet umum, penginapan, dan dermaga sederhana. Perlu dicatat bahwa tidak ada fasilitas berupa restoran ataupun warung di sini. Wisatawan perlu menyiapkan bekal makanan secara pribadi untuk bekal kemari.

Lokasi Pulau Pandang

Pulau Pandang termasuk dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pulau ini bisa dicapai dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Tiram. Bisa juga menggunakan boat dari pelabuhan di Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini