Beranda Tiket Wisata

PANTAI CEMARA KEMBAR Tiket & Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Cemara Kembar
Harga Tiket: Rp20.000 - Rp40.000 Jam Buka: 08.00 - 19.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Pantai ATP No. 15 Desa Sei Nagalawan Naga Kisar,Pantai Cermin,Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987,Sumatra Utara,Indonesia,20987.

Kala berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan diri untuk bermain ke pantainya. Walau tak memiliki air yang jernih, pantai-pantai di Sumut ini memiliki keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Cemara Kembar di Serdang Bedagai.

Pantai pasir putih ini merupakan objek wisata bahari yang patut diperhitungkan. Area pantai memang tak memiliki air berwarna biru yang indah, namun pemandangan yang disuguhkan cukuplah elok. Di samping itu pengelola pantai pun dengan apik mengelola pantai sehingga pantai ini masuk dalam daftar kunjungan wajib wisata bahari di Serdang Bedagai.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Kembar

Untuk sebuah pantai, harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup mahal. Namun harga tersebut sepadan dengan seluruh keindahan yang disajikannya. Sebagai tambahan, setiap pembelian tiket masuk pengunjung akan mendapatkan air mineral gratis, uang parkir, sewa pondok dan semua fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Kembar
Jenis TiketHarga Tiket
AnakRp20.000
DewasaRp40.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Serdang Bedagai

Jam Operasional

Jika biasanya objek wisata alam buka sepanjang hari, berbeda dengan Pantai Cemara Kembar ini. Pengunjung tetap dapat mengunjugi pantai setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari saja.

Jam Operasional
Senin  – Minggu08.00 – 19.00

Daya Tarik Pantai Cemara Kembar

Pemandangan Pantai Cemara Kembar, walau airnya tak jernih namun tetap sedap dipandang
Pemandangan Pantai Cemara Kembar, walau airnya tak jernih namun tetap menarik untuk dikunjungi – Foto : googlemaps / Nova Thresia

Pantai yang dibuka pada 17 Juli 2015 ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak menyumbangkan pemasukan kepada pemerintah daerah. Hal ini tentu saja disebabkan karena terdapat beragam keunikan yang diberikan oleh pantai kepada para pengunjung.

Air pantainya memang tak jernih sehingga perlu mencari daya tarik untuk menjadikan pantai sebagai objek wisata. Inilah yang membuat pengelola pantai mengubah tempat ini dengan memanfaatkan kondisi sekitar. Seperti membangun spot-spot foto, miniatur rumah adat hingga gazebo untuk bersantai ternyata mampu meningkatkan minat pengunjung.

Baca: Wisata Pantai Pilihan di Sumatera Utara

Rumah Adat Melayu

Keunikan Pantai Cemara Kembar yakni Rumah Adat Melayu dari bambu
Keunikan Pantai Cemara Kembar yakni Rumah Adat Melayu dari bambu – Foto: googlemaps/ Andy Syrus

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini tak hanya sekedar pemandangan alam semata. Keindahan pasir putih dengan deburan ombak memang memikat hati, namun ada satu lagi keunikan pantai ini. Terdapat rumah adat tradisional melayu yang sarat akan romantisme menjadi daya tarik tersendiri.

Rumah adat melayu ini terbuat dari bambu dan dibuat bertingkat seperti rumah panggung. Di sisinya terpasang tirai kelambu berwarna-warni dengan hiasan ornamen melayu. Karena keindahannya, rumah adat ini sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding oleh para calon pengantin. Selain digunakan untuk berfoto ria, rumah adat ini bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan sekitar.

Pantai Bernuansa Romantis

Salah satu spot foto romantis di Pantai Cemara Kembar
Salah satu spot foto yang ada di Pantai Cemara Kembar – Foto: googlemaps/ Sri MuLyani98

Tak hanya Rumah Adat Melayu saja, pengelola membangun beberapa tempat-tempat bernuansa romantis di pantai ini. Ada Gembok Cinta tempat para pasangan memasangkan gembok cinta di ujung jembatan. Terdapat pula Perahu Cinta, Ayunan Cinta dan rumah pohon. Untuk bisa menyambangi seluruh tempat ini jangan sungkan untuk meminta arahan kepada pengelola.

Pantai ini dinamakan Cemara Kembar sebab terdapat banyak pohon cemara yang tubuh di sekeliling pantai. Selain Cemara, ada juga Pohon Kelambu yang telah dihias dengan kain kotak berwarna di batangnya dan ada beberapa hiasan serta ornamen penghias pantai.

Replika Istana Sultan Serdang

Replika Istana Serdang Bedagai
Replika Istana Serdang Bedagai, tanda kemakmuran dan kejayaan masa lalu – Foto: googlemaps / Bambang Eko Listrianto

Terletak di simpang tepat sebelum pintu masuk kawasan pantai, terdapat replika Istana Sultan Serdang di Jalan Lintasan Sumatera. Istana Sultan yang asli sebelumnya berada di Desa Galuh, Perbaungan.

Banyak wisatawan dan masyarakat datang untuk melihat replika istana yang merupakan simbol kejayaan Kesultanan Serdang ini. Menurut cerita yang beredar, Istana Sultan Serdang dulu dibakar oleh Belanda karena pihak kerajaan tak mendukung Belanda saat penjajahan. Bangunan replika istana ini diprakarsai oleh Sultan Serdang Allahyarham Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH dan diresmikan pada 7 Januari 2012 lalu.

Replika istana ini bertujuan sebagai sarana pembelajaran dan pengingat akan keberadaan Kerajaan Serdang. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi lokasi pusat pengembangan kebudayaan dan adat melayu. Hal ini dapat dilihat banyaknya kunjungan wisata dari sekolah-sekolah ke tempat ini.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Cemara Kembar ini tergolong lengkap. Terdapat bilik bilsa, tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi, warung makan dan gazebo. Jangan lupa untuk mencicipi makanan andalan pantai ini yakni seafood dan kelapa muda. Harga makanan di sini mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 120.000 sedangkan untuk minuman hanya sekitar Rp 15.000 saja.

Lokasi & Rute Pantai Cemara Kembar

Objek wisata pantai ini terletak di Jalan Pantai ATP No.15, Desa Sei Nagalawan Naga Kisar Sei Rampah, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987.

Jika pengunjung berasal dari Kota Medan dapat langsung menuju Pantai Cemara Kembar ini melalui Tol Medan-Kuala Namu untuk kemudian menuju Jl. Besar Pantai Kelang. Harap berhati-hati sebab jalan masuk ke daerah pantai rusak.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini