Beranda Tiket Wisata

PANTAI BATU HODA Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Pantai Batu Hoda
Harga Tiket: Rp14.000 - Rp50.000 Jam Buka: 09.30 – 17.45 No. Telepon: - Alamat: Desa, Cinta Dame,Simanindo,Samosir,Sumatra Utara,Indonesia,22395.

Pulau Samosir seakan tak pernah henti memanjakan wisatawan dengan keindahannya. Tidak hanya sekedar melihat keindahan Danau Toba, Samosir memiliki beberapa pantai tepi danau yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Batu Hoda.

Pantai ini terletak di tepi Danau Toba. Sepanjang mata memandang, pengunjung akan disuguhkan dengan keelokkan tebing Danau Toba berpadu dengan birunya air danau. Pohon-pohon tumbuh berbaris rapi seakan memberikan kesan bermain di pulau pribadi.

Harga Tiket Pantai Batu Hoda

Memasuki kawasan wisata pantai pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harganya cukup terjangkau. Bagi yang ingin berkemah akan dikenakan biaya tambahan.

Harga Tiket Masuk
Jenis TiketHarga Tiket
Tiket Masuk – Untuk anak di bawah 5 tahun bebas tiket masuk.Rp14.000
Parkir KendaraanRp5.000
Tiket Masuk Camping Ground – harga sudah termasuk tiket masuk pantaiRp30.000
Harga Sewa Permainan
Sepeda AirRp 50.000 / 60 menit
KanoRp 50.000 / 60 menit
Ban aneka bentukRp 5.000 –  20.000 / 2 jam

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Danau Toba

Jam Operasional

Pengunjung dapat berwisata ke area pantai setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Kendati demikian pengunjung tetap bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam dengan cara berkemah.

Jam Operasional
Senin  – Minggu09.30 – 17.45

Daya Tarik Pantai Batu Hoda

Tak kalah menarik dengan Pantai Pasir Putih Parbaba, Batu Hoda pun memiliki daya tariknya sendiri. Pantai yang berada di titik paling utara dari Pulau Samosir ini kerap menjadi destinasi wisata keluarga baik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Baca: PANTAI PARBABA Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Tempat Wisata yang Ramah Anak

Titik Temu serta tempat penyewaan pelampung di Pantai Batu Hoda
Titik temu dan pintu masuk Pantai Batu Hoda -Foto : Googlemaps/ Merlin Hutagalung

Salah satu poin penting dalam memilih wisata alam ialah tempat wisata yang ramah dengan anak. Pantai Batu Hoda mempunyai banyak permainan untuk buah hati tercinta. Permainan air seperti pelampung, banana boat, sepeda air ataupun permainan darat seperti rumah pohon dan tempat bermain anak pun tersedia.

Sembari menunggu anak-anak berenang di tepian pantai, para orang tua dapat bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia. Para ayah bisa menghabiskan waktu dengan memancing ataupun bermain sepak bola dan voli pantai.

Baca: PULAU SAMOSIR : 4 Tempat Wisata Terbaik

Batu Hoda sebagai Lambang Kesetiaan

Batu Hoda atau Patung Kuda sebagai ikon Pantai Batu Hoda. Lambang kesetiaan dan cinta abadi
Batu Hoda atau Patung Kuda sebagai ikon Pantai Batu Hoda. Lambang kesetiaan dan cinta abadi – Foto : googlemaps/ Lenny Romauli

Batu Hoda atau Batu Kuda merupakan sebuah patung berbentuk kuda yang sering dilambangkan sebagai simbol kesetiaan. Hal ini tak luput dari mitos yang berkembang seputar keberadaan Batu Kuda di pantai tepi Toba ini.

Konon pantai ini mempunyai sebuah mitos mengenai cinta dan penantian abadi, bersama waktu serta alam. Mitos tersebut bercerita tentang seekor kuda betina yang menyeberangi danau untuk menunggu kuda jantan yang kelak menjadi pasangannya.

Ia menunggu di tepi daratan namun tak kunjung datang. Sang betina tetap menunggu meski telah diminta pergi oleh penduduk. Satu masa berlalu, kuda betina tersebut masih menunggu hingga akhirnya berubah menjadi batu.

Baca: MENARA PANDANG TELE Tiket & Atraksi Terbaik

Batu Kuda inilah yang disebut-sebut sebagai bentuk perlambangan cinta dan kesetiaan tanpa batas. Mitos ini tentu saja menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. Banyak pengunjung datang untuk sekedar mengabadikan foto bersama lambang cinta abadi tersebut. Tak sedikit pula pengunjung yang mengikat janji setia di sana.

Keindahan yang Terjaga

Pengunjung dapat bersantai di kursi pantai yang telah disediakan oleh pengelola
Pengunjung dapat bersantai di kursi pantai yang telah disediakan oleh pengelola -Foto : googlemaps / Batuhoda Beach

Keasrian dari objek wisata pantai ini amat sangat terjaga. Pengelola melakukan perawatan rutin agar tetap asri dan menyatu dengan alam. Untuk itulah kendati banyak menyediakan fasilitas penunjang wisata, pengelola secara terampil menata fasilitas tersebut agar tidak menganggu pemandangan dan keindahan tepi pantai.

Pohon-pohon yang berada di sekitar pantai tidak ditebang melainkan terus dirawat dan ditata sesuai dengan adat setempat. Penggunaan kain yang dililit pada batang pohon dengan warna putih, merah dan hitam sebagai warna khas warga Batak.

Baca: AIR TERJUN EFRATA Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas

Tugu hati dan Menara adalah sebagian kecil spot swafoto di Pantai Batu Hoda
Tugu hati dan Menara adalah sebagian kecil spot swafoto – Foto : googlemaps /Batuhoda Beach

Pengunjung tak perlu khawatir dengan fasilitas. Meski baru dibuka untuk umum pada September 2018 lalu. Pihak pengelola bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menghadirkan beragam fasilitas wisata yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut antara lain berupa tempat bermain anak, tempat memancing, wisata kuliner halal, rumah pohon, water sport, gazebo, kedai kopi, musholla, kamar mandi, penginapan hingga camping ground.

Lokasi & Rute

Pantai Batu Hoda berada di Tepian Danau Toba tepatnya di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Akses menuju pantai cukup mudah, dapat melalui Pelabuhan Tomok atau Tuktuk lalu mengambil arah ke kanan untuk mengikuti jalur lingkar Samosir. Selain itu Pantai Batu Hoda sangat mudah dijangkau dari Pelabuhan Simanindo. Jarak tempuh dari Kota Medan menuju lokasi dapat ditempuh kurang lebih selama 6 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini