Beranda Tiket Wisata

PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru Desember 2021

Puncak LawangHarga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000Jam Buka: 08.00-18.00No Telp: -Alamat: Lawang, Matur, Agam, Sumatera Barat, Indonesia, 26162

Puncak Lawang Agam merupakan area perbukitan yang berada di atas Danau Maninjau. Menawarkan panorama alam dengan udara sejuk. Berada di ketinggian 1200 mdpl, Berbagai aktivitas menantang bisa ditemui. Wahana permainan yang ada kawasan ini terbilang jarang ada di daerah Sumatera Barat lainnya.

Pada saat pagi hari nuansa di Puncak Lawang seperti negeri di atas awan. Panorama Danau Maninjau akan terlihat jelas karena belum tertutup kabut. Selanjutnya menjelang siang, sinar matahari akan memecah kabut. Keindahan panorama dari Puncak Lawang akan terlihat jelas. Sedangkan di sore hari, terdapat spot terbaik untuk melihat matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk & Wahana Puncak Lawang Agam

Objek wisata ini menawarkan konsep wisata adventure. Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu membayar biaya untuk masing-masing permainan dan wahana yang tersedia.

Harga Tiket Masuk 
Jenis TiketSenin – SabtuMinggu-Hari Libur
Tiket MasukRp20.000Rp25.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Agam Sumbar

Jam Operasional

Kawasan wisata ini buka mulai pukul 8 pagi hingga sore hari. Wisatawan disarankan tidak berkunjung ke lokasi ini pada musim hujan. Mengingat trek menuju lokasi yang cukup menantang. Selain itu, akan lebih banyak kabut tebal yang menyelimuti pemandangan dan mengurangi jarak pandang.

Waktu Operasional
Senin – Minggu08.00-18.00

Wisata Puncak Lawang Agam

Area perbukitan yang menghadap ke Danau Maninjau merupakan atraksi utama wisata alam ini. Danau biru dari kejauhan sangat menyegarkan mata wisatawan. Selain itu, berbagai kegiatan lain juga bisa dilakukan. Seperti bermain wahana outbond, paralayang dan wahana lainnya.

Menikmati Panorama Danau Maninjau

Keindahan panorama Danau Maninjau dari Puncak Lawang
Keindahan panorama Danau Maninjau dari Puncak Lawang – Foto: Google Maps/ Ardiya Sam

Panorama Danau Maninjau tampak sempurna terlihat dari atas bukit. Permukaan air yang biru memantulkan gambar awan di langit. Ditambah dengan bukit-bukit hijau mengitari danau tampak menawan. Sementara itu sejuknya hawa Puncak Lawang menambah kenyamanan untuk berlama-lama menikmati keelokan alam sekitar.

Baca: Wisata DANAU MANINJAU Tiket & Ragam Aktivitas

Spot Foto Puncak Lawang

Rumah Hobbit salah satu spot foto di Puncak Lawang
Rumah Hobbit salah satu wahana spot foto yang ada di sekitar objek wisata – Foto: Google Maps/ Wawan MJ

Karena posisi Puncak Lawang yang berada di ketinggian maka pemandangan yang tersaji juga sangat memukau. Pengelola wisata melengkapi keindahan panorama ini dengan berbagai spot foto menarik. Sehingga wisatawan dapat memilih spot foto terbaik seperti berlatar Danau Maninjau atau pun hutan pinus.

Paralayang

Aktivitas paralayang di Puncak Lawang
terbang dengan paralayang menikmati panorama Danau Maninjau – Foto: Google Maps/ Rakhma Yenny

Selanjutnya salah satu aktivitas yang terkenal di kawasan wisata ini adalah paralayang. Puncak Lawang diklaim sebagai salah satu tempat paralayang terbaik di Asia Tenggara. Selain menguji adrenalin, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam Kabupaten Agam.

Sedangkan bagi yang belum pernah mencoba paralayang tak perlu khawatir. Nantinya wisatawan akan terbang didampingi oleh pengelola yang juga atlet paralayang.

Outbound

Wahana Outbound flying fox
Wahana outbound flying fox di area hutan pinus- Foto: Google Maps/ Ahmad S Majid

Sebagai tempat wisata adventure, pengelola kawasan wisata juga menawarkan aktivitas menantang. Salah satunya yaitu outbound. Permainan outbound ini diantaranya flying fox, jembatan goyang, dan panjat tali.

Setiap wisatawan yang ingin menikmati permainan ini akan dikenakan biaya per satu kali main. Terdapat juga biaya paketan untuk wisatawan yang ingin merasakan semua permainan outbound.

Baca: Lawang Park Agam Tiket & Aktivitas

Off road ATV

Aktivitas off road di area hutan pinus
Aktivitas off road yang menantang di area perbukitan hijau penuh pepohonan- Foto: Google Maps/ Jihan

Selain paralayang dan outbound, terdapat pula wahana off road ATV. Di sini para pengunjung akan melintasi medan yang cukup menantang. Sementara panjang treknya sendiri mencapai 1 km terdiri dari area berbukit dan berlumpur. Aktivitas ini cocok bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Pabrik Tebu Tradisional Katayo

Pabrik tebu tradisional yang masih menggunakan tenaga hewan
Pabrik tebu tradisional yang masih menggunakan tenaga hewan – Foto: Google Maps/ Julia Paramitha

Selain wisata alam, di sini juga terdapat pabrik tebu tradisional. Pengunjung dapat melihat proses pengolahan tebu yang masih menggunakan tenaga sapi. Air gula yang dihasilkan ini diproses menjadi beberapa produk. Para wisatawan juga dapat membeli produk-produk olahan ini sebagai buah tangan untuk sanak saudara.

Fasilitas

Fasilitas pendukung yang tersedia sudah cukup memadai. Seperti area parkir, toilet, hingga mushola ada di beberapa titik. Warung penjaja makanan hingga café dan restoran juga mudah ditemui. Bagi pengunjung yang ingin bermalam juga terdapat beberapa pilihan penginapan. Selain itu, tersedia juga sentra oleh-oleh bagi yang ingin membawa buah tangan.

Akses & Lokasi Puncak Lawang

Terdapat beberapa akses untuk mencapai Puncak Lawang yaitu melalui jalur barat dan jalur timur.  Di jalur barat, pengunjung akan melewati Danau Maninjau dan rute kelok 44. Sedangkan untuk jalur timur, pengunjung dapat menggunakan rute Padang – Bukittinggi.

Hingga saat ini transportasi umum untuk mencapai Puncak Lawang belum banyak tersedia. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan paket tour.

Objek wisata ini terletak di kawasan berbukit Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang berada kurang lebih 24 km dari pusat Kota Bukittinggi dengan jarak tempuh 1 jam. Sedangkan dari Ibu Kota Sumatera Barat, Padang, berjarak 110 km dengan  durasi perjalanan 3 jam.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Kasi Bintang