Beranda Tiket Wisata

PANTAI TIKU Agam Tiket & Ragam Aktivitas Menarik Desember 2021

Pantai Pasia TikuHarga Tiket: Rp5.000 - Rp7.500Jam Buka: 08.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Tiku Selatan, Tanjung Muara, Agam, Sumatera Barat, Indonesia, 26473

Pantai Tiku adalah salah satu pantai memesona di pesisir Sumatera Barat. Pantai ini tepatnya terletak di Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Hamparan pasir putih luas berpagar deretan cemara udang jadi ciri khas pantai ini. Lautnya berhias ombak yang tenang, membuatnya cocok untuk bermain air dan bersantai menikmati sunset.

Tiket Masuk Pantai Tiku

Tiket masuk Pantai Tiku sangat terjangkau. Tarifnya tidak lebih dari 10 ribu rupiah per orangnya. Biaya ini belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk Rp5.000 – Rp7.500
Parkir Rp5.000

Baca Juga: 11 Objek Wisata Terbaik di Agam

Jam Buka

Pantai Tiku buka untuk wisatawan setiap hari. Jika ingin mengikuti pelelangan ikan, pengunjung harus datang sejak pagi hari. Pantai ini dipadati wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur nasional.

Jam Operasional
Setiap Hari 08.00 – 18.00 WIB

Wisata Seru di Pantai Tiku

Sunset Pantai Tiku
Menikmati pesona sunset dari tepi pantai – Foto: Google Maps/Nabila luthfiyah

Pantai Tiku atau Pantai Pasia Tiku adalah pantai di Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara. Pantai ini berada di kawasan tanjung yang menjorok ke laut. Sehingga memiliki garis pantai yang panjang berbentuk melengkung.

Meski berada di pesisir barat, pantai ini rupanya memiliki ombak yang tenang. Selain itu juga menyimpan pesona bawah laut berupa hamparan terumbu karang. Selain luas, area pantainya cukup landai dan cantik dengan deretan cemara udang yang membuat suasana terasa sejuk. Tak heran jika Pasia Tiku jadi pantai yang menjadi incaran wisatawan dari berbagai kalangan usia.

Baca Juga: Lawang Park Agam Tiket & Aktivitas

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasia Tiku
Pantai Tiku, primadona wisata pantai di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam – Foto: Google Maps/Klt

Wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi pantai ini. Jika menyusuri Jalan Lintas Barat dari arah Kota Padang, wisatawan akan tiba di Nagari Tiku Selatan. Cukup bertanya pada penduduk setempat atau mengikuti petunjuk arah yang ada. Akses jalannya sederhana, tidak berliku-liku dan dalam kondisi sangat baik.

Hamparan rumput dengan sebaran pohon cemara dan pinus jadi pintu masuk ke pantai. Area yang luas ini juga sekaligus jadi lahan parkir. Ada banyak warung-warung serta pedagang kaki lima sejenis yang membuka lapak di sini.

Setelah melewati sederet pohon cemara udang yang rindang, hamparan pasir putih lembut akan langsung menyambut. Sepoi angin mengiringi ombak yang bergulung dengan tenang bagaikan riak. Kemanapun mata memandang, yang tampak hanyalah birunya laut dan langit.

Untuk menikmati keindahan ini, pengunjung bisa bersantai di kursi-kursi yang tersedia. Ada juga gazebo bagi yang ingin santai sambil berteduh. Kawasan pantai yang tenang sangat cocok untuk piknik keluarga, bermain pasir, serta bermain ombak.

Baca Juga: Wisata LERENG SINGGALANG Tiket & Ragam Aktivitas

Laguna Tiku

Tempat duduk dan gazebo
Banyak tempat duduk dan gazebo yang nyaman untuk santai maupun piknik keluarga – Foto: Google Maps/Harmen

Selain pantai dan lautnya, ternyata ada keindahan lain di Nagari Tiku Selatan. Laguna Tiku yang terletak di sebelah utara pantai adalah jawabannya. Sebuah danau air asin yang terbentuk alami oleh peristiwa geologis. Danau ini hanya dipisahkan oleh hamparan pasir yang sempit.

Laguna yang juga disebut Muaro Putuih ini memiliki panorama yang istimewa. Memiliki rumput hijau dan barisan pohon kelapa. Jika ingin mencari ‘bioskop sunset’ selain pantai, laguna ini layak menjadi tujuan. Selain itu, danau ini juga merupakan habitat aneka jenis ikan dan kerang yang beragam.

Baca Juga: DANAU MANINJAU Tiket & Ragam Aktivitas

Kuliner Khas Pesisir Padang

Hasil tangkapan laut di pelelangan
Nikmati hasil laut yang segar dari pelelangan ikan di sekitar pantai – Foto: Google Maps/Tuanku Nan Renceh

Sambil bersantai, tentu semakin lengkap jika menyantap hidangan yang lezat. Berada di pantai berarti waktunya mencicipi aneka hidangan bahari. Pesisir Sumatera Barat punya ciri khas kulinernya sendiri. Di Pantai Tiku sendiri, ada beberapa jenis makanan dan camilan yang wajib dicoba.

Langkitang dan Pensi adalah jenis kerang yang banyak terdapat di kawasan Laguna Tiku. Olahan kerang ini jadi salah satu kuliner favorit pengunjung. Selain keduanya, masih ada sate lokan, kepiting, udang, hingga salabule. Tidak boleh ketinggalan juga mencoba karupuak kuah, kerupuk yang disiram kuah sate dengan topping bihun.

Wisatawan juga bisa mendapat kesempatan menyantap hidangan laut yang masih segar. Datanglah pagi hari dan ikut pelelangan ikan langsung dari para nelayan yang baru kembali melaut. Setelah mendapat ikan yang disukai, bawa ke warung yang ada di sekitar pantai untuk dimasak. Ikan-ikan tersebut siap diolah dengan bumbu dan bisa langsung disantap dengan nasi hangat.

Baca Juga: PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Pulau Ujuang & Tangah

Wisatawan menunggu senja
Area pantai yang luas menjadikan Pasia TIku nyaman untuk piknik, bermain ombak, olahraga, hingga bermain layangan – Foto: Google Maps/Nini Rahmayanti

Spot wisata lainnya yang masih berada di sekitar pantai adalah Pulau Ujuang dan Tangah. Dua pulau kecil ini berada tak jauh dari bibir pantai. Pulau inilah yang secara tak langsung jadi benteng bagi Pasia Tiku. Keduanya turut melindungi pantai dari ganasnya terpaan angin Samudera Hindia.

Pulau Ujuang dan Pulau Tangah adalah pulau tak berpenghuni. Jarak keduanya hanya sekitar 10 menit berperahu. Diselimuti pasir putih dan pohon-pohon kelapa yang rimbun. Cocok untuk jadi lokasi berkemah di alam bebas.

Laut di sekeliling pulau dihiasi oleh terumbu karang yang cantik. Habitat alami untuk beragam jenis ikan dan biota laut lainnya. Bagi para penggemar snorkeling dan diving, kedua pulau ini sangat layak untuk dikunjungi.

Fasilitas Pantai Tiku

Fasilitas di pantai ini terdiri dari area parkir yang luas, toilet umum, dan sejumlah musala. Tidak ketinggalan warung-warung makan, gazebo, serta tempat duduk yang tersebar. Para nelayan juga menawarkan jasa penyeberangan ke Pulau Tangah dan Pulau Ujung dengan tarif sesuai kesepakatan. Sayangnya akan sulit mencari penginapan atau hotel yang dekat dengan lokasi pantai.

Lokasi Pantai Tiku

Objek wisata pantai ini terletak di Nagari Tiku Selatan, Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tidak terlalu sulit untuk mencapainya karena akses jalan yang baik. Jaraknya sekitar 2 jam waktu tempuh dari Kota Padang atau Bukittinggi. Wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan Lintas Barat Sumatera hingga tiba di Tanjung Mutiara.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang