Beranda Tiket Wisata

Wisata LERENG SINGGALANG Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Wisata Lereng Singgalang
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 06.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Pakan Sinayan,Banuhampu,Agam,Sumatera Barat,Indonesia ,26181.

Lereng Singgalang bisa menjadi alternatif wisata yang patut dikunjungi. Di dalamnya terdapat beberapa objek dan aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung. Hingga saat ini, pengembangan wisata masih terus dilakukan untuk menambah daya tarik objek wisata ini.

Selain sebagai destinasi wisata tempat wisata yang diinisiasi sejak tahun 2018 ini juga dimanfaatkan sebagai area berolahraga. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini. Perpaduan wisata alam dan keluarga ini cocok banget dinikmati bersama teman dan kerabat.

Harga Tiket Masuk Bukit Singgalang

Harga tiket masuk objek wisata ini ramah bagi kantong para pengunjung. Pengelola juga memfasilitasi pembayaran non-tuna melalui dompet digital. Pengunjung dapat melakukan scan barcode gopay, dana, dan ovo pada poster yang tertera. Berikut nominal yang perlu disiapkan jika ingin berkunjung ke objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Lereng Singgalang
TiketRp 10.000/orang
Janjang SajutaRp 2.000/orang
Plataran PinusRp 0 (gratis)
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 5.000

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Agam Sumbar

Waktu Operasional

Kawasan wisata perbukitan ini terbuka untuk umum sepanjang hari. Pastikan tidak berkunjung saat musim hujan. Pengunjung direkomendasikan mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari. Supaya lebih banyak waktu menikmati pemandangan tanpa tertutup kabut.

Jam Operasional
Senin – Minggu06.00 – 18.00

Berbagai Wahana Berlatar Keindahan Perbukitan Lereng Singgalang

keindahan pemandangan lereng singgalang
Dari area perbukitan pengunjung bisa menikmati panorama kota di bawahnya. Foto: Google Maps/uhammad ridha

Lereng Singgalang berada di ketinggian 1200 mdpl. Dari atas sini para pengunjung dapat menikmati panorama Bukittinggi. Ikon Jam Gadang dan Ngarai Sianok terlihat jelas dari sini. Udaranya yang sejuk juga memberikan ketenangan bagi para pengunjung.

Menikmati keindahan panorama di sini pada malam hari akan terasa berbeda. Gemerlap lampu di Bukittinggi menghidupi pemandangan bagaikan lautan bintang. Hanya saja, panorama malam ini terbatas pada waktu-waktu tertentu.

Baca: BANTO ROYO Agam Tiket & Aktivitas Outbond

Janjang Sajuta

janjang sajuta
Salah satu penampakan Janjang Sajuta di area wisata Lereng Singgalang. Foto: Google Maps/ Tama Putra

Janjang Sajuta merupakan trek lintasan menuju puncak Plataran Pinus. Arti Janjang Sajuta itu sendiri adalah sejuta anak tangga. Janjang Sajuta direncanakan memiliki panjang lintasan sejauh 3,7 km. Lintasan ini akan diawali di Lapangan Batu Balah (Padang Luar, Lubuk Basung).

Keindahan pemandangan sepanjang lintasan akan menghibur wisatawan. Sehingga lelah pun tak begitu terasa Panjangnya lintasan dan medan yang menanjak akan membakar banyak kalori para pengunjung. Jangan lupa bawa bekal air minum untuk di perjalanan.

Baca: PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Plataran Pinus Lereng Singgalang

Plataran Pinus - Nuning Wahono
Lingkaran taman yang menjadi ikon Plataran Pinus – Foto: Google Maps/ Nuning Wahono

Setelah menempuh Janjang Sajuta pengunjung akan sampai di puncak Plataran Pinus. Lelah berjalan kaki akan terbayar dengan sejuknya udara dan indahnya pemandangan. Panorama Gunung Marapi dan Kota Bukittinggi secara utuh dapat terlihat. Terdapat area lingkaran taman yang cukup luas untuk menampung para pengunjung.

Jogging

Aktivitas Jogging melintasi anak tangga yang ada di lereng singgalang
Aktivitas jogging ayah dan anak di saat kondisi berkabut – Foto: Instagram/ Apsarimersi

Pengunjung dapat melakukan jogging di Lereng Singgalang. Treknya yang panjang tentu tidak akan membuat bosan. Medannya yang bergelombang akan menambah tantangan tersendiri. Udara bersih dan segar akan mengisi ulang paru-paru pengunjung yang merindukan kesegaran.

Baca: DANAU MANINJAU Tiket & Ragam Aktivitas

Bersepeda

sepeda dengan view dari lereng Singgalang
Bersepeda di Lereng Singgalang dengan pemandangan Bukittinggi – Foto: Instagram/ uli.lamri

Cara lain menikmati lereng Singgalang adalah dengan bersepeda. Tidak banyak yang tahu pilihan ini karena aksesnya yang cukup berbeda. Aktivitas ini banyak dinikmati oleh penggiat sepeda gunung. Menurutnya, ada kepuasan hati ketika adrenalin terpacu kala menaklukkan topografi yang berbukit.

Fotografi

Photo shoot di area Janjang Sajuta
Photo shoot di area Janjang Sajuta. Bentuk Janjang Sajuta yang menyerupai tembok China – Foto: Instagram/ Adeayurahmi23

Di era ini alat dokumentasi tidak pernah tertinggal saat berwisata. Keindahan panorama dari lereng Singgalang memang patut diabadikan. Banyak pengunjung yang berdatangan untuk membuat konten foto ataupun video. Terlebih bentuk Janjang Sajuta yang unik menyerupai ‘The Great Wall China’.

Fasilitas yang tersedia

Objek wisata di lereng Singgalang sudah cukup menunjang kenyamanan pengunjung. Area parkir tersedia bagi kendaraan roda dua dan roda empat. Mushala dan toilet sudah tersebar di beberapa titik. Ketersediaan warung penjaja makan dan tempat sampah juga sudah memadai.

Lokasi & Akses Wisata Lereng Singgalang

Objek wisata ini berada di ketinggian 1200 mdpl Gunung Singgalang. Tepatnya di Negeri Pakan Sinayan, Banuhampu. Lokasi ini berjarak 5 km dari Kota Bukittinggi.

Lokasi lereng Singgalang cukup mudah diakses. Dari Kota Bukittinggi pengunjung dapat mengambil jalur Pasar Padang Luar arah Maninjau. Perjalanan ditempuh selama 20 menit. Selanjutnya, Lereng Singgalang berjarak 10 menit perjalanan dari Kantor Wali Nagari Paka Sinayan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini