Beranda Tiket Wisata

TAMAN BOUGENVILE Singkawang: Tiket & Aktivitas - Juni 2021

Taman Bougenville Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 09.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Pertanian, Sijangkung, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia, 79163.

Taman Bougenvile merupakan destinasi wisata berupa area taman yang didominasi oleh bunga Bougenville. Taman yang berada di Singkawang ini didesain sealami mungkin untuk menghadirkan nuansa asri.

Berada di kaki Gunung Pasi, kawasan wisata ini dikelilingi area pedesaan, kebun, dan hutan. Taman seluas 1,5 hektar ini juga dilengkapi dengan kebun buah serta hutan homogen gaharu.

Harga Tiket Masuk Taman Bougenvile

Harga tiket
Harga tiket masukRp10.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Singkawang

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 09.00 – 18.00

Ragam Aktivitas di Taman Bougenvile

Jembatan dengan patung naga ikon taman
Jembatan dengan naga muncul dari danau buatan – Foto : GoogleMaps/Mochamad Nizwar Syafuan

Taman Bougenvile Singkawang dirancang sebagai taman asri dengan nuansa alami. Berlokasi di kaki gunung dan dikelilingi kawasan hijau membuatnya memiliki udara sejuk. Destinasi ini juga melengkapi diri dengan berbagai sarana dan faslitas yang menunjang aktivitas wisata.

Menikmati Keindahan Panorama Kaki Gunung

Nuansa asri dengan hawa sejuk khas pegunungan di Taman Bougenville Singkawang Kalimantan Barat - nr_slmh
Nuansa asri Taman Bougenvile Singkawang dengan hawa sejuk khas pegunungan – Foto : Instagram/nr_slmh

Memasuki area taman, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona. Berada di kaki Gunung Pasi, suasana khas lembah yang dikelilingi pedesaan asri begitu terasa. Destinasi ini terlihat alami karena dikelilingi oleh wilayah perkebunan dan hutan yang menghijau.

Menjelajah Taman Bunga

Ornamen hiasan panggung puting di area taman
Taman Bougenvile Singkawang memiliki koleksi dari 46 jenis bunga kertas – Foto : Instagram/Stefany _

Sesuai namanya, Taman Bougenvile merupakan kawasan taman yang didominasi oleh tanaman bunga bougenville. Bunga kertas beraneka ragam warna terhampar di setiap sudut taman terlihat begitu menawan. Taman ini memiliki koleksi setidaknya 46 spesies bunga bougenville  dari dalam maupun luar negeri.

Selain Bougenville, wisatawan juga dapat melihat tanaman hias khas Kalimantan yang melegenda. Seperti anggrek hitam, aneka tanaman kantung semar, anggrek kuping gajah, anthurium maupun aglonema. Menyusuri jalur setapak yang tersedia, wisatawan seolah membelah karpet bunga di sisi kiri-kanan.

Baca: TAMAN BURUNG Singkawang Tiket & Ragam Atraksi

Kesejukan Hutan Homogen Gaharu Taman Bougenvile

Kawasan super sejuk hutan homogen gaharu
Kawasan super sejuk hutan homogen gaharu – Foto : GoogleMaps/Noni Fifi

Taman Bougenvile memiliki tempat yang difavoritkan wisatawan pada bagian belakang areanya. Lokasi tersebut merupakan hutan homogen gaharu yang membuat kawasan terasa indah dan sejuk. Getah pohon gaharu bernilai sangat tinggi sedangkan daunnya memberikan keteduhan bahkan saat cuaca terik.

Dipenuhi rerimbunan pohon gaharu, wisatawan dapat merasakan udara bebas polusi saat duduk di sini. Disebut sebagai ‘Area Super Sejuk’, hutan homogen tersebut mampu menyajikan nuansa damai dan permai. Tersedia juga track pejalan kaki sehingga wisatawan dapat merasakan hadirnya sensasi suasana hutan.

Menyambangi Kebun Buah Khas Kalimantan

Tidak hanya ditumbuhi bunga-bunga, taman seluas 1,5 hektar ini juga memiliki koleksi tanaman buah. Kebun buah ini dipenuhi dengan berbagai jenis buah yang banyak tumbuh subur di Kalimantan. Wisatawan dapat menjumpai aneka tanaman buah  seperti belimbing madu, alpukat, rambutan dan durian.

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Naik Kano di Danau Buatan

Naik kano di danau buatan yang ada di dalam taman
Naik kano di danau buatan Taman Bougenvile Singkawang – Foto : GoogleMaps/Borneograv Pic

Pada bagian lainnya dari taman terdapat kolam yang dirancang sebagai danau buatan. Di atas kolam terdapat jembatan yang memotong kolam dengan tulisan ‘Bukit Bougenville’ pada sisinya. Pada sisinya terdapat patung naga yang meliuk dari kolam dengan kepala menjulang ke jembatan.

Di danau buatan ini, wisatawan dapat merasakan sensasi petualangan mengarungi perairannya. Suasana danau dikelilingi taman penuh bunga dan berbagai ornamen seperti bunga di tengah taman. Wisatawan dapat naik kano di antara pohon-pohon yang tumbuh subur di tengah danau.

Santap Kuliner di Kafetaria

Area taman memiliki kafetaria dan pondokan juga telah disiapkan untuk wisatawan. Di area ini, wisatawan dapat bersantai menyantap aneka makanan dan minuman sambil menikmati suasana. Wisatawan juga akan ditemani oleh sejuknya udara khas perbukitan yang bersih dari polusi.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Memilih Bibit di Rumah Kaca

Taman Bougenvile memiliki rumah kaca tempat pengembangan dan pemeliharaan tanaman. Rumah kaca ini juga cocok dikunjungi oleh wisatawan terutama yang suka mengoleksi tanaman. Di sini, wisatawan dapat memilih dan membeli langsung bibit-bibit bunga yang diinginkan.

Objek Foto Indah Berlatar Taman

Pesona keindahan Taman Bougenvile menjadikannya spot untuk mengabadikan momen-momen indah berlibur. Berbagai sudut dengan latar warna-warni bunga dan tumbuhan lainnya yang menghijau menjadi incaran wisatawan. Tak ketinggalan perbukitan dan Gunung Pasi menjadi latar buruan wisatawan untuk berfoto.

Di area taman banyak tersebar ornamen dan patung-patung seperti hewan maupun tokoh kartun. Selain swafoto, tak sedikit wisatawan menjadikan keindahan taman ini sebagai latar untuk foto pranikah.

Baca: PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata Menarik

Fasilitas Taman Bougenvile

Taman rekreasi ini telah dilengkapi fasilitas yang memadai dan lengkap untuk menunjang aktivitas wisata. Mulai dari area parkir yang luas, musola, toilet, pondok-pondok, rest room, serta kafetaria.

Lokasi Taman Bougenvile

Wisata area taman asri ini berada di jalan Pertanian, Sijangkung, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163. Objek wisata ini berjarak enam kilometer dari pusat pemerintahan kota Singkawang. Wisatawan dapat mencapainya dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini