Beranda Tiket Wisata

TAMAN BURUNG Singkawang Tiket & Ragam Atraksi September 2021

Taman BurungHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Merdeka, Singkawang Barat, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia, 79111

Taman Burung merupakan salah satu destinasi wisata sekaligus ikon taman di Singkawang, Kalimantan Barat. Lokasi ini merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang menjadi tempat bersantai bagi wisatawan.

Kawasan ini banyak diminati wisatawan karena berada di titik Nol Kilometer Kota Singkawang. Lokasi taman kota ini juga bebas diakses oleh masyarakat lokal maupun luar daerah.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket
Harga tiket masukGratis

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Singkawang

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Aktivitas dan Atraksi Wisata Di Taman Burung Singkawang

Taman Burung merupakan salah satu tempat favorit yang diminati oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, kalangan muda maupun dewasa menyukai destinasi taman kota ini. Lokasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada sore hari dan akhir pekan.

Menyusuri Taman Sejuk

Patung burung ikon Taman
Patung burung berada di dekat gerbang masuk – Foto : GoogleMaps/Lily Swastati

Taman Burung Singkawang menyajikan ruang terbuka hijau dengan udara yang sejuk. Areanya ditumbuhi pepohonan serta tumbuhan bunga yang mempercantik tampilan taman ini. Selain lampu penerangan jalan umum, lampu taman dan lampu hias memperindah taman tersebut.

Sesuai namanya, terdapat tugu dengan patung burung-burung di bagian atas serta sisi-sisi taman. Tugu ini dapat ditemukan begitu wisatawan memasuki area taman, tepat di depan gerbang masuk.

Wisatawan yang datang dapat berjalan santai menyusuri area taman yang teduh. Nuansa taman yang relatif tenang memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Rekreasi Keluarga

Taman Burung Singkawang merupakan destinasi wisata untuk rekreasi keluarga yang nyaman. Wisatawan biasanya juga datang ke taman ini untuk menikmati waktu santai bersama rekan-rekan.

Taman yang berlokasi Jalan Merdeka ini ramai dikunjungi wisatawan terutama di sore hari. Wisatawan dapat sekedar duduk santai bersama maupun berjalan santai melepas penat dari rutinitas.

Beragam Pilihan Permainan Anak

Main mandi bola di Taman Burung Singkawang
Anak-anak bermain wahana mandi bola- Foto : Instagram/syazidashezi

Wisatawan yang datang dengan keluarga dan anak-anak dapat menikmati waktu bermain bersama. Berbagai permainan ikut menyemarakkan suasana berlibur. Anak-anak dapat menikmati wahana mandi bola, kereta hias, istana bola, dan banyak lainnya.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Komunitas Atraksi Pemuda

Area berkumpul komunitas hobi
Taman Burung Singkawang menjadi area berkumpul komunitas hobi – Foto : Instagram/salmanelfarizi

Taman rekreasi ini sering menjadi tempat berkumpulnya komunitas minat maupun hobi terutama dari kalangan muda. Seperti komunitas skateboard, gaya tari breakdance serta atraksi maupun olahraga lainnya.

Menyambangi taman ini, tak jarang wisatawan dapat menyaksikan aksi-aksi yang menarik perhatian. Wisatawan juga dapat turut bergabung pada berbagai aktivitas yang digelar bersama.

Berkeliling Taman Burung Singkawang Menumpang Sampan

sungai yang mengalir melintasi taman burung singkawang
Naik perahu di sungai Singkawang yang membelah area taman – Foto : GoogleMaps/nizar kauzar

Kawasan taman rekreasi ini mencakup wilayah aliran sungai Singkawang yang berada di bagian tengahnya. Keberadaan sungai ini menyejukkan pandangan dan juga memberi keteduhan sekaligus sumber pengairan alami.

Di sungai ini, wisatawan dapat naik perahu dayung menyusuri aliran sekaligus menikmati pemandangan. Suasana asri di sekitar sungai juga turut mendukung nuansa berlibur yang nyaman.

Jembatan di Tengah Taman

Jembatan penghubung area taman
Jembatan penghubung area taman – Foto : Instagram/wandirevayuki11

Dataran Taman Burung dihubungkan dengan sebuah jembatan di atas perairan sungai. Pada jembatan ini dibuat tulisan landmark Taman Burung untuk menambah daya tariknya.

Pada malam hari, wisatawan dapat melihat lampu-lampu hias yang menambah cantik tampilannya. Tak hanya jembatan, lampu hias juga dipasang di sepanjang Sungai Singkawang sekaligus untuk penerangan.

Berfoto dengan Latar Taman

objek foto
Berfoto dengan latar kecantikan area taman – Foto : Instagram/jokoyoh

Taman Burung Singkawang memiliki berbagai sudut menarik yang dimanfaatkan wisatawan sebagai latar mengabadikan momen. Di bagian tepi sungai, terdapat tembok dipenuhi mural yang seringkali menjadi spot foto.

Jembatan yang ada juga tak luput menjadi titik favorit. Dengan latar area taman, tak sedikit pula sesi foto profesional dilakukan.

Wisata Kuliner Sekitar Taman Burung Singkawang

Di sekitar kawasan taman, wisatawan dapat menikmati banyak pilihan makanan dan minuman. Tersedia banyak kudapan dan jajanan kaki lima khas Singkawang maupuns daerah Kalimantan lainnya.

Area kuliner juga ditata dengan pengalihan sementara ke Jalan Pemuda hingga Jalan Kurau. Wisatawan dapat menemukan posisinya berada sejajar mulai dari Pasar Pujasera Haweis. Wisatawan juga dapat berwisata kuliner mulai dari depan Pasar Hongkong hingga ke Taman Burung.

Suasana Malam di Taman Burung Singkawang

Wisata malam di Taman Burung Singkawang Kalimantan Barat - CUCU MUSLIM
Suasana malam taman dengan warna-warni lampu hias – Foto : GoogleMaps/CUCU MUSLIM

Beranjak sore hingga malam hari, kawasan Taman Burung Singkawang justru semakin ramai oleh wisatawan. Di penghujung hari, jumlah pedagang dan penyedia wahana permainan anak juga menyemarakkan suasana.

Wisatawan dapat duduk santai menikmati hawa yang semakin sejuk dengan semilir anginnya. Lampu-lampu hias taman serta ornamen permainan menghiasi kawasan taman menjadi penuh aneka warna.

Lokasi Wisata Taman Burung Singkawang

Wisata taman kota ini berada di jalan Merdeka, Tengah, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111. Lokasnya cukup strategis dan mudah diakses karena berada dekat titik Nol Kilometer Kota Singkawang.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini