Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Pandeglang Rekreasi Hemat Tengah Kota Desember 2021

Alun-alun PandeglangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Raya Labuan, Pandeglang, Pandeglang, Banten, Indonesia, 42211

Alun-Alun Pandeglang adalah sarana publik sekaligus salah satu tempat rekreasi di Pandeglang, Banten. Terletak di pusat kota dan dikelilingi sejumlah institusi pemerintahan daerah yang penting. Sisi utaranya ditempati oleh Pendopo Bupati Pandeglang.

Alun-alun ini memiliki keunikan karena berlatarkan panorama gunung. Tempat ini juga jadi pusat kegiatan bagi banyak warga lokal. Misalnya aktivitas olahraga, jalan-jalan santai, serta wisata kuliner. Tidak ada salahnya mampir sejenak kemari ketika berwisata di Pandeglang.

Tiket Masuk

Seperti alun-alun pada umumnya, tidak ada tiket masuk yang berlaku. Publik bisa beraktivitas di sini tanpa perlu membayar sepeserpun. Siapkan uang lebih untuk membayar tarif parkir bagi yang membawa kendaraan sendiri.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Pandeglang

Jam Buka

Alun-Alun Pandeglang selalu terbuka setiap harinya. Puncak kunjungan biasanya terjadi ketika pagi hari dan sore menjelang malam. Pengunjung memanfaatkan lokasi alun-alun sebagai tempat olahraga dan berwisata kuliner. Sayangnya, penerangan malam hari di alun-alun ini masih sangat minim dan rawan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Alun-Alun Pandeglang

"Monumen Alun-Alun Pandeglang adalah sarana publik sekaligus destinasi wisata. Lokasinya berada di pusat Kota Pandeglang, tepatnya di Jalan Raya Labuan. Alun-alun ini berseberangan dengan Pendopo Bupati Kabupaten Pandeglang. Tidak jauh dari lokasi, terdapat Masjid Agung Pandeglang.

Seperti alun-alun pada umumnya, terdapat sejumlah fasilitas pendukung yang tersedia. Salah satu yang paling mencolok adalah adanya lapangan olahraga yang sangat luas. Lapangan ini bahkan memiliki tribun. Karena itu, banyak acara-acara besar yang terselenggara di sini.

Baca Juga: Pantai Tanjung Lesung Tiket & Aktivitas

Destinasi Jalan-Jalan Santai

Alun-alun berlatar Gunung Karang
Alun-Alun Pandeglang memiliki keunikan tersendiri karena menyajikan panorama Gunung Karang secara langsung – Foto: Google Maps/M. Kholid

Bagi masyarakat Kota Pandeglang, alun-alun adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan. Di sinilah pusat berbagai keramaian dan aktivitas sosial warga. Ruang yang luas membuat banyak orang dapat berkumpul di sini secara leluasa. Alun-alun selalu tumbuh menjadi ruang rekreasi, terutama bagi keluarga. Begitu juga dengan Alun-Alun Pandeglang.

Tempat ini sering jadi tujuan ketika ingin mencari aktivitas rekreasi sederhana. Misalnya, kegiatan jalan-jalan sore bersama keluarga. Ruang terbuka ini dikelilingi trotoar yang nyaman untuk berjalan. Pemandangan sekitarnya pun tidak kalah menarik. Jika menengok ke arah barat, berdiri Gunung Karang yang tampak kokoh. Panorama ini menambah kesyahduan terutama ketika momen matahari terbenam.

Baca Juga: Cikoromoy Tiket & Aktivitas

Arena Olahraga

Sebuah sepeda terparkir di depan monumen alun-alun
Alun-alun juga menjadi lokasi olahraga favorit bagi sebagian besar warga Pandeglang karena fasilitas yang lengkap dan memadai – Foto: Google Maps/IING MUSLIHIN

Fasilitas olahraga di Alun-Alun Pandeglang tidak perlu diragukan lagi. Tempat ini merupakan salah satu alun-alun dengan sarana olahraga yang memadai. Sarana paling utama adalah lapangan rumput luas yang dikelilingi jogging track

Dekat gerbang masuk di sisi timur, terdapat dua lapangan basket. Lapangan ini memiliki ring basket yang masih lengkap dan terawat. Sementara di sisi lainnya terdapat lapangan untuk olahraga dengan net pemisah. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk voli, badminton, dan lain-lain.

Tak jauh dari gerbang, disediakan pula area khusus fitness. Terdapat alat-alat outdoor fitness yang terbuat dari besi kokoh. Peralatan ini bisa digunakan siapa saja, namun terbatas bagi orang dewasa. Ini untuk mencegah agar peralatan tidak sembarangan dimainkan dan menjaganya agar tetap awet.

Baca Juga: CAS Water Park Cikole Tiket & Wahana

Ruang Bermain Anak-Anak

Monumen patung badak
Badak bercula satu adalah salah satu hewan endemik Banten dan menjadi simbol bagi Pandeglang – Foto: Google Maps/ainul hayati

Di sudut lain kawasan alun-alun, terdapat area bermain atau playground. Tidak seperti alun-alun lainnya, playground  di sini cukup luas. Wahananya pun masih lengkap dan terawat. Ada ayunan, seluncuran, serta besi panjat aneka bentuk.

Arena bermain ini juga seringkali jadi tempat berjualan. Khususnya, para pedagang mainan, cemilan, dan penyewaan wahana. Anak-anak bisa mencoba permainan seperti odong-odong atau mewarnai.

Tempat Nongkrong Muda-Mudi

Pasar kuliner malam dadakan
Deretan kios dan PKL menjual aneka jenis kuliner di alun-alun pada malam hari – Foto: Google Maps/Deri Sulmawan

Alun-alun juga salah satu tempat hits bagi remaja Pandeglang. Banyak kalangan muda yang memilih menghabiskan waktu istirahatnya di sini. Kegiatannya bermacam-macam dan tidak sebatas nongkrong atau mejeng. Ada yang olahraga, belajar, atau foto-foto sambil cari angin segar.

Para pegiat hobi skateboard biasa berlatih di sini. Jika ada lapangan yang kosong, mereka menggunakannya untuk berseluncur. Banyak juga yang berolahraga bersama ekstrakulikulernya. Tidak sedikit pula komunitas yang berkumpul di sini.

Kegiatan berburu foto dan selfie juga tidak ketinggalan. Spot-spot seperti Tugu Jam dan Patung Badak seringkali jadi andalan. Menjelang malam, suasana akan semakin ramai dengan para penjaja kuliner. Menu cemilan hingga makanan berat akan sangat mudah dijumpai di sini.

Fasilitas Alun-Alun Pandeglang

Fasilitas yang tersedia di Alun-Alun Pandeglang di antaranya toilet umum, gazebo, arena olahraga, dan playground. Arena olahraga dilengkapi tribun, alat-alat outdoor gym, lapangan basket, track & field, hingga dinding panjat.

Di sekeliling alun-alun banyak tersebar PKL yang menjajakan makanan, minuman, dan mainan anak-anak. Bagi muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat bisa menuju Masjid Agung Pandeglang. Letaknya berada di barat dan tak jauh dari alun-alun.

Lokasi Alun-Alun Pandeglang

Alun-Alun Pandeglang terletak di Jalan Raya Labuan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jika dari arah Serang, pengunjung tinggal menyusuri Jalan Raya Serang-Pandeglang ke selatan. Lokasinya dikelilingi sejumlah institusi pemerintahan daerah sehingga sangat mudah ditemukan. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum atau online.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang