Beranda Tiket Wisata

TAMAN MENTENG BINTARO Area Rekreasi Santai September 2021

Taman Menteng BintaroHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Sektor 7 Bintaro Jaya, Jl. Cut Mutia I Jl. Wahid Hasyim, Pd. Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15224

Taman Menteng Bintaro atau yang juga terkenal sebagai Menteng Park Bintaro memang bukan berada di kawasan menteng Jakarta Pusat. Melainkan di Tangerang Selatan, tepatnya di kawasan Bintaro, ada taman dengan nama yang persis sama.

Taman ini merupakan ruang terbuka hijau (RTH) dengan banyak fungsi. Salah satunya sebagai ruang publik. Tidak hanya untuk warga sekitar Bintaro yang datang kemari. Banyak juga yang sengaja datang jauh-jauh untuk menghirup udara segar di sini. Meski sederhana, namun lanskapnya yang cantik bisa membantu melepas kepenatan.

Tiket Masuk

Seperti taman kota pada umumnya, Taman Menteng Bintaro tidak memberlakukan tiket masuk. Siapa saja bisa masuk ke taman tanpa perlu membayar sepeser pun. Siapkan sedikit receh setidaknya 5 ribu rupiah untuk parkir kendaraan pribadi.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca Juga: 20+ Tempat Wisata Menarik di Tangerang

Jam Buka

Taman Menteng Bintaro terbuka setiap hari untuk umum. Taman ini biasanya ramai pada saat pagi hari dan sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Sayangnya, area taman minim pencahayaan pada malam hari sehingga akan menyulitkan untuk beraktivitas.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Taman Menteng Bintaro

Menteng Park atau Taman Menteng Bintaro adalah fasilitas umum yang berada di kawasan elit Menteng, Bintaro Jaya. Sebelum menjadi taman, lahannya merupakan driving range golf. Dibandingkan Taman Menteng di Jakarta yang luas, Menteng Park justru hanya menempati lahan seluas 1,3 hektare. Meski luas keduanya tidak bisa bersanding, namun keduanya sama-sama memiliki peran penting sebagai RTH.

Terletak di daerah padat penduduk membuat Taman Menteng menjadi ruang yang punya peran penting. Taman ini tak hanya jadi paru-paru kota, tetapi juga pusat aktivitas sosial warga. Selain itu juga menjadi alternatif destinasi rekreasi di tengah gaya hidup urban. Suasana asri merupakan daya tarik utama taman ini.

Baca: Taman Bambu Tangerang Keunikan Dekorasi Bambu

Lokasi Strategis

Jembatan Menteng Park Bintaro
Pemandangan jembatan yang menghubungkan restoran dengan promenade di sepanjang reservoir air – Foto: Google Maps/Dwie Riawelly C

Area Menteng Park mengisi pertigaan yang menjadi pertemuan beberapa jalan raya. Jalan tersebut di antaranya Jalan Cut Mutia dan Jalan Menteng Raya. Di sekitar taman juga terdapat sejumlah restoran, kantor, dan pusat perbelanjaan. Sektor 7 Bintaro Jaya sendiri terkenal sebagai kawasan untuk kalangan menengah ke atas.

Taman ini bersifat terbuka dengan pagar rendah yang mengelilinginya. Akses masuknya pun tidak hanya di satu titik. Gerbang utamanya sendiri berada di Jalan Cut Mutia I.

Siapa saja bisa dengan mudah masuk dan menikmati fasilitas di dalamnya. Tidak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai titik pertemuan atau tempat janjian. Ini tidak lain karena lokasi yang strategis serta suasananya yang adem. Selanjutnya terdapat sejumlah tempat duduk yang terlindungi naungan pohon menjadikannya tempat menunggu yang nyaman.

Baca Juga: BSD XTREME PARK Tiket & Wahana Permainan

Ruang Inklusif

Playground untuk anak-anak
Arena bermain anak-anak yang dilengkapi aneka wahana – Foto: Google Maps/suparman parman

Seperti taman kota lainnya, Taman Menteng Bintaro. hadir sebagai ruang publik ramah anak. Hal ini terlihat dari adanya playground dengan beragam wahana permainan. Wahana yang ada terbuat dari material kokoh sehingga lebih menjamin keamanan selama bermain.

Tidak hanya di playground, anak-anak juga bisa bebas berlarian di lahan berumputnya. Banyak area terbuka yang bisa menjadi tempat bermain hingga piknik. Selain itu kontur tanah yang rata membuat acara piknik terasa lebih nyaman di sini.

Jangan khawatir jika kekurangan makanan. Taman Menteng Bintaro memiliki ‘pasukan’ penjaja makanan di sekitarnya. Karena tidak diperbolehkan memasuki area taman, gerobak-gerobak ini terparkir di luar pagar.

Baca: TAMAN KOTA 2 BSD Tiket & Daya Tarik

Olahraga Santai

Jalur pedestrian dan jogging track Menteng Park
Selain jalur pedestrian yang bisa dijadikan jogging track, tersedia juga reflexology path yang digemari orang dewasa dan lansia – Foto: Google Maps/Andre Mehong

Salah satu keunikan taman ini yaitu keberadaan reservoir air dan jalur pedestriannya. Jalur ini mengitari dan hampir mencapai seluruh sudut taman. Pengunjung dapat menggunakannya untuk berjalan kaki santai. Jika ingin menghindari terik matahari, sebaiknya datang pada saat pagi atau sore hari.

Jalur pedestrian juga berfungsi ganda sebagai jogging track. Meski tidak terlalu lebar, namun jarak tempuhnya lumayan. Ini karena jalannya yang berkelok-kelok sedemikian rupa. Di beberapa titiknya terdapat bangku-bangku taman sebagai tempat rehat.

Keunikan lain dari taman ini adalah adanya jalur refleksi. Permukaan jalannya berlapis batu kali dengan permukaan yang halus. Biasanya, pengunjung dewasa dan lansia sering berjalan-jalan di sini tanpa alas kaki. Tujuannya sebagai sarana pijat alami untuk melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: TAMAN KOTA 1 BSD Tiket & Ragam Aktivitas

Landmark Taman

Instalasi seni jadi dekorasi taman yang unik
Salah satu instalasi yang bisa ditemui di sudut Menteng Park – Foto: Google Maps/Theodorus Tjatradiningrat

Reservoir air di taman ini adalah ornamen ikonik lainnya. Sebuah jembatan berwarna hijau melintang di atasnya. Jembatan yang juga spot foto favorit ini menjadi penghubung area taman dengan sebuah restoran.

Selain jembatan ini, ada juga spot lainnya. Ornamen patung berbagai gaya tersebar di sudut-sudut Taman. Dengan kreativitas, ornamen ini merupakan properti foto yang unik. Kegiatan selfie atau berfoto akan jadi penutup yang manis untuk acara rekreasi sederhana di sini.

Baca Juga: LUBANA SENGKOL Tiket & Aktivitas

Fasilitas Taman Menteng Bintaro

Taman Menteng Bintaro memiliki sejumlah fasilitas memadai. Di antaranya tersedia area parkir, pedestrian dan jogging track, reflexology path, hingga bangku-bangku taman. Terdapat reservoir air dengan jembatan dan playground anak-anak. Sayangnya, taman ini tidak memiliki toilet maupun mushola.

Lokasi Taman Menteng Bintaro

Menteng Park Bintaro berada di Jalan Cut Mutia I, Bintaro Jaya Sektor 7, Pondok Ranji, Kota Tangerang Selatan. Lokasinya dikelilingi jalan raya yang ramai sehingga tidak sulit untuk ditemukan. Taman ini lebih praktis dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil, atau sepeda.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini