Beranda Tiket Wisata

Monumen Bajra Sandhi Tiket & Daya Tarik - November 2020

Monumen Bajra Sandhi
Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: 0361264517 Alamat: Jl. Raya Puputan No.142, Panjer,Denpasar Selatan,Denpasar,Bali,Indonesia,80234.

Di setiap daerah, pasti memiliki cerita atau sejarah dibalik berdirinya daerah tersebut. Bahkan tak jarang, sejarah itu termasuk juga pada sejarah kemerdekaan Indonesia. Karena pada masa penjajahan dulu, setiap daerah melakukan perlawanan atas penjajahan untuk merdeka. Begitu juga dengan Bali, yang diabadikan pada sebuah monumen bernama Monumen Bajra Sandhi.

Monumen Bajra Sandhi menjadi monumen bukti perjuangan rakyat Bali melawan penjajah. Terletak di Kota Denpasar, tepatnya di daerah Renon. Yang mana memiliki bangunan yang sangat khas dengan arsitektur Bali, dengan berbagai filosofi. Tidak hanya itu, lingkungan sekitarnya begitu hijau dan asri dengan adanya halaman luas di hadapannya.

Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi

Harga tiket masuk monumen sangatlah terjangkau. Harga untuk pengunjung anak – anak dan dewasa dibedakan. Namun tentunya, tidak terpaut jauh dan tetap sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Anak – anakRp 2.000
DewasaRp 5.000
Pelajar
MahasiswaRp 2.000
PelajarRp 1.000
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara
Anak – anakRp 5.000
DewasaRp 10.000

Baca: 4 Tempat Wisata Menarik di Denpasar

Jam Buka Monumen

Objek wisata ini buka setiap hari, kecuali ketika libur nasional. Maka objek wisata ini akan tutup.

Jam Operasional
Senin – Jum’at08.30 – 17.00 WITA
Sabtu – Minggu09.30 – 17.00 WITA

Mengenal Monumen Bajra Sandhi

tangga-tangga menuju pintu masuk monumen braja sandhi
Gapura Masuk Monumen Bajra Sandhi. Foto: Gmap/Yoan Roffidal

Bajra Sandhi diambil dari dua kata, yaitu “Bajra” dan “Sandhi”. Bajra adalah simbol keharmonisan kehidupan antara penganut Hindu dan Budha. Diwujudkan dalam simbol Siwa yang ada di atas Bajra, dan bagian bawah menyerupai Candi Borobudur. Pemberian nama Bajra Sandhi juga dikarenakan bentuk monumen seperti “genta”, yang digunakan dalam upacara keagamaan.

Monumen Bajra Sandhi sendiri lebih mirip museum daripada monumen, karena di dalamnya terdapat bukti sejarah. Dirancang oleh Ir. Ida Bagus Gede Yadnya pada tahun 1981, namun baru direalisasikan tahun 1987. Sayangnya, pembangunan monumen ini memakan waktu yang lama, yaitu sekitar 16 tahun lamanya. Baru kemudian diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 14 Juni 2003.

Baca: DOLPHIN LODGE Tiket & Ragam Aktivitas

Objek wisata ini berdiri di tengah – tengah lapangan, yang luas bangunannya mencapai 70 x 70 meter. Sementara seluruh kawasan memiliki luas 13,8 hektar. Monumen ini memiliki tiga bagian utama, yang terbagi menjadi beberapa tingkat. Tidak hanya itu, di bagian luar monumen juga dikelilingi taman dan lapangan yang asri.

Bagian dalam Monumen Bajra Sandhi

area hijau dengan bangunan penuh ukiran khas bali
Sudut – Sudut Monumen Bajra Sandhi. Foto: Gmap/Amandine VU

Monumen ini dibagi dalam tiga bagian utama, dimana bagian pertama adalah Nistaning Utama Mandala. Lokasinya berada di lantai dasar gedung, di sini terdapat beberapa ruang. Diantaranya ruang informasi, pameran, perpustakaan, administrasi, souvenir, ruang rapat, dan toilet. Biasanya, pengunjung mengunjungi bagian ini di akhir kunjungan, sekalian membeli souvenir untuk buah tangan.

Selanjutnya di bagian kedua, disebut sebagai Madianing Utama Mandala. Yang mana merupakan lantai tengah tempat memajang 33 diorama perjuangan rakyat Bali dari waktu ke waktu. Mulai dari zaman prasejarah hingga zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ada juga kolam ikan bundar bernama Puser Tasik dengan ornamen air mancur patung katak.

Baca: Pesona PANTAI SANUR & Ragam Aktivitas Wisata

Dan bagian ketiga adalah Utamaning Utama Mandala, yang merupakan lantai atas atau disebut ruang peninjauan. Dari atas sini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Kota Denpasar 360 derajat. Namun tentunya, tidak terlalu luas karena sebagian besar pemandangan yang akan didapatkan adalah Lapangan Renon. Akses menuju bagian ketiga ini harus melewati tangga spiral setinggi 10 meter bernama tangga Tapak Dara.

Unik dan Megahnya Arsitektur Monumen Bajra Sandhi

Bangunan Monumen Bajra Sandhi
Bangunan Monumen Bajra Sandhi. Foto: Gmap/Chiyong Ha

Bangunan arsitektur monumen ini begitu khas dengan gaya Bali. Eksteriornya banyak ditemui ornamen serta ukiran khas Bali yang sarat makna dan filosofi ajaran Hindu. Di luar bangunan, terdapat aneka patung yang secara simbolis menggambarkan siklus zaman, yaitu Catur Yuga. Bentuknya segi delapan dengan teratai berdaun delapan yang disebut Asta Dala, sebagai lambang kemahakuasan Tuhan.

Ada juga kolam yang mengelilingi sisi bangunan atau disebut Ksirarnawa (Laut Susu). Yang merupakan Amertha, diibaratkan sebagai kebudayaan Bali yang patut digali dan diolah demi Bali Dwipajaya. Mayoritas bangunan menggunakan bahan batu, sehingga bangunan berwarna hitam meskipun tidak dicat. Begitu juga ukiran – ukirannya, yang langsung dipahat pada batu tersebut.

Baca: Tukad Bindu Wisata Tepi Sungai Denpasar

Bangunan yang Penuh Makna dan Filosofi

Monumen Bajra Sandhi
Monumen Bajra Sandhi. Foto: Gmap/발리Hulk

Monumen ini memiliki luas 4.900 meter persegi. Dalam pembangunannya, tidak hanya dibangun dengan arsitektur gaya Bali saja. Bangunan ini juga dibuat sarat akan filosofi dalam setiap bagian bangunannya.

Seperti anak tangga yang ada di dalam bangunan. Terdapat 17 buah anak tangga menuju pintu masuk (Kori Agung) di pelataran tengah. Kemudian 8 buah Tiang Agung yang ada di kolam di tengah bangunan ini. Sementara tinggi monumen ini sendiri adalah 45 meter.

Angka – angka tersebut melambangkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Yaitu pada tanggal 17, bulan 8 atau Agustus, tahun 45 atau 1945.

Lapangan Hijau Monumen Bajra Sandhi

Monumen ini dikelilingi oleh lapangan yang luas serta teduh dengan pohon – pohon rindang di pinggirannya. Lapangan ini menjadi paru – paru Kota Denpasar, yang mana sangat hijau apabila sedang musim hujan. Lapangan ini juga memiliki berbagai fungsi, diantaranya sebagai area olahraga terbuka bagi masyarakat. Sering juga digelar berbagai acara, mulai dari upacara peringatan hari besar nasional, hingga pagelaran musik.

Lokasi Monumen Bajra Sandhi

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Berada di pusat kota Denpasar monumen ini mudah ditemui. Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Dapat ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini