Beranda Tiket Wisata

6 Daya Tarik Wisata Taman Nasional Baluran - November 2020

Taman Nasional Baluaran
Harga Tiket: Rp16.000 - Rp18.500 Jam Buka: 07.30 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru,Banyuputih,Situbondo,Jawa Timur ,Indonesia,68374.

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional yang terkenal. Hal ini dikarenakan taman nasional ini merupakan taman nasional pertama di Indonesia. Kawasan wisata ini dibangun pada tahun 1980 dan mendapat julukan Africa van Java. Julukan itu didapatkan karena keindahan alam taman nasional ini mirip dengan di Afrika.

Taman nasional ini terletak di antara Banyuwangi dan Situbondo. Memiliki luas 25.000 Ha dengan sekitar 40% di dominasi oleh tipe vegetasi sabana. Taman nasional ini juga memiliki 444 jenis tumbuhan asli yang khas. Juga terdapat 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Seperti taman nasional lain yang dikelola pemerintah. Harga tiket masuk kawasan taman nasional ini juga bisa dikatakan terjangkau.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran
Jenis TiketWeekdayWeekend
LokalRp16.000Rp18.500
MancanegaraRp165.000Rp240.000
Tiket Parkir
Tiket MotorRp5.000
Tiket MobilRp10.000
Tiket BusRp50.000

Ketentuan dan peraturan bagi pengunjung Taman Nasional Baluran:

  1. Pengunjung Warga Negara Asing (WNA) dan pengunjung berasal dari luar Provinsi Jawa Timur wajib menunjukkan hasil Rapid Test kepada petugas.
    2. Wajib mengenakan masker
    3. Mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan
    4. Menjaga jarak (physical distancing)
    5. Menggunakan peralatan makan dan minum sendiri
    6. Menggunakan perlengkapan ibadah (mukena, sajadah dll) sendiri
    7. Membawa kembali sampah masing-masing.
    8. Makan dan minum di area yang telah ditentukan (kantin, dalam mobil masing-masing, area piknik di Pantai Bama).
    9. Balita, lansia dan penderita penyakit bawaan yang rentan tertular COVID-19 dihimbau untuk tidak berkunjung
    10. Ketua rombongan bertanggung jawab atas perilaku anggota rombongan selama di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Baca: Taman Nasional Meru Betiri Tiket & Zona Wisata

Jam Buka

Jam buka taman nasional ini mulai dari hari Senin hingga Kamis jam 07.30 hingga 16.00. Sedangkan di hari Jumat buka mulai jam 07.30 hingga 16.30. Taman nasional ini hanya tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk hari libur nasional tetap buka.

Jam Buka
Senin – Kamis07.30 – 16.00
Jumat07.30 – 16.30
Sabtu dan MingguTUTUP

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

rusa liar di taman nasional baluran
Hal menarik di Taman Nasional ini wisatawan bisa melihat langsung kehidupan hewa-hewan liar di habitat asli seperti rusa, monyet, dll. Foto: Google Maps/yanuar prantanto

Bagi wisatawan yang datang ke sini, beragam hal menarik bisa disaksikan di Taman Nasional ini. Mulai dari hutan, Gua, padang savana dan masih banyak lagi. Berikut beberapa hal menarik yang bisa didapat.

1. Gua Jepang

Di Batangan ini terdapat peninggalan sejarah berupa gua Jepang tepatnya di pintu masuk taman nasional. Jika ingin belajar mengenai sejarah, maka berkunjung ke gua ini adalah hal wajib. Gua ini memiliki luas sekitar 12 meter. Dahulu gua ini digunakan untuk tempat bertahan dan penyimpanan amunisi.

Selain gua, pengunjung bisa menyaksikan merak pada musim kawin. Pemandangan tersebut akan mudah ditemui di antara bulan Oktober atau November. Harap mengikuti aturan yang ada dari pihak pengelola untuk keamanan pengunjung.

Baca: TN ALAS PURWO Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan di Batangan adalah berkemah. Untuk berkemah harus memperoleh ijin dari pihak pengelola. Pengunjung bisa bertanya ke pusat informasi yang ada di area Batangan ini.

2. Kawasan Hutan Evergreen

Pemandangan hutan evergreen
Jalan yang sudah halus dan suasana yang adem menjadikan tempat ini spot berfoto yang menarik – Instagram/tamannasional_baluran

Dari pintu masuk taman nasional ke padang savana, pengunjung akan melewati hutan. Hutan ini diberi nama Evergreen. Pemberian nama ini karena hutan ini terlihat seperti lorong hijau yang rimbun. Pengunjung tidak perlu khawatir tersesat karena sudah ada jalan setapak beraspal yang mengelilingi kawasan hutan.

Di hutan ini pengunjung bisa menemui banyak satwa liar. Mulai dari ayam hutan, tupai, merak, kijang dan juga monyet. Jika beruntung pengunjung juga bisa melihat banteng.

Karena banyaknya satwa liar, pengunjung harus hati-hati dalam menyetir. Dan juga jangan mengganggu hewan-hewan liar tersebut. Aturan ini dibuat agar tidak membahayakan pengunjung.

3. Padang Savana Bekol Taman Nasional Baluran

PEmandangan padang savana bekol dari atas
Ini adalah foto savana Bekol saat sedang musim hujan, sangat segar dipandang mata – Instagram/tamannasional_baluran

Setelah melewati hutan Evergreen, pengunjung akan menemui padang savana yang dinamai Bekol. Padang ini sangat indah baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Jika musim kemarau, rumputnya akan berubah jadi emas kekuningan. Jika musim hujan, rumputnya akan berubah menjadi hijau segar. Selain itu, terdapat satwa liar juga di padang ini. Pengunjung bisa menemukan kumpulan merak, banteng, ayam hutan dan rusa.

Pengunjung bisa berfoto dengan padang savana ini sebagai latar belakang. Selain itu juga bisa memberi makan monyet, tentunya dengan pengawasan pengelola. Pengunjung dilarang melangkahi pagar pembatas demi keamanan. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menginap di tempat yang disediakan oleh pengelola.

4. Pantai Bama, Balanan dan Bilik

Pemandangan Pantai Bama
Adanya ayunan, pantai yang putih bversih dan laut yang jernih membuat pantai ini wajib dikunjungi – Instagram/tamannasional_baluran

Pantai Bama terletak kira-kira 3km dari savana Bekol. Di pantai ini pengunjung bisa melakukan snorkeling. Untuk penyewaan alat snorkeling bisa langsung menghubungi pengelola. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dan terumbu karang yang banyak.

Selain itu, di pantai-pantai ini pengunjung juga bisa menyaksikan perkelahian antara rusa jantan. Pemandangan itu bisa disaksikan di bulan Juli atau Agustus. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan kera abu-abu.

Pada saat air laut surut, kawanan kera abu-abu ini akan memancing menggunakan ekornya. Yang dipancing adalah kepiting/rajungan.

5. Panjat tebing

Di taman nasional ini, pengunjung yang gemar panjat tebing juga bisa memuaskan hobinya. Untuk panjat tebing, pengunjung harus pergi ke area yang bernama Curah Tangis. Di area ini, terdapat tebing dengan tinggi 10 – 30 meter. Kemiringan tebing yang mencapai 85% tentunya akan membuat kegiatan ini makin menantang.

6. Manting dan Air Kacip

Kawasan ini merupakan habitat dari macan tutul. Di sini juga terdapat sumber air yang tidak pernah habis. Sungguh area yang wajib dikunjungi. Karena ini adalah habitat dari macan tutul, pengunjung harap mematuhi aturan yang ada demi keamanan. Jangan melangkahi pagar pembatas dan juga jangan memberi makan kepada satwa liar adalah aturan wajib dari pihak pengelola.

Fasilitas

Meski berada di area yang cukup jauh dari pusat kota, di Taman Nasional ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas seperti penginapan, musala, warung makan.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional ini berlokasi di Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Untuk jalan menuju area taman nasional ini sudah diaspal dengan baik. Sehingga bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca