Beranda Tiket Wisata

Wisata WADUK BAJULMATI Tiket & Daya Tarik - Juni 2020

Waduk Bajulmati Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Area Hutan, Watukebo,Wongsorejo,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68374.

Waduk Bajulmati berada cukup dekat dengan Kawasan Taman Nasional Baluran yang telah lebih dahulu termasyhur. Dengan luas sekitar 91 hektar, waduk ini terkenal karena gundukan tanahnya yang menyerupai pulau-pulau kecil di sela-sela air waduk.

Baca: 6 Daya Tarik Wisata Taman Nasional Baluran

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk waduk tergolong murah per orangnya. Selain itu, pengunjung juga harus menyiapkan biaya tambahan jika membawa kendaraan pribadi ke area ini.

Harga Tiket Masuk Waduk Bajulmati
Tiket masukRp5.000
Parkir motorRp10.000
Parkir mobilRp25.000

Baca: 12 Tempat Wisata Menarik di Banyuwangi

Jam Buka

Tidak ada jam buka khusus di waduk ini. Namun waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung adalah di pagi dan sore hari. Sedangkan pada siang hari, waduk ini terasa sangat panas, apalagi jumlah pepohonan di sekitar waduk cukup minim. Selain itu, waktu terbaik berkunjung adalah saat musim penghujan, karena rerumputan sekitar waduk akan tumbuh lebih subur dan suasana terlihat lebih hijau.

Daya Tarik Wisata Waduk Bajulmati

Pemandangan Indah Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Sely Aditama
Pemandangan Indah Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Sely Aditama

Sampai saat ini area waduk belum sepenuhnya dikelola sebagai tempat wisata. Namun, pemandangan yang unik telah mampu menarik para wisatawan kesini. Selain untuk menikmati pemandangan, masyarakat juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat latihan olahraga lari karena lintasannya cukup panjang.

Baca: HUTAN DE DJAWATAN Banyuwangi Tiket & Daya Tarik

Pemandangan Indah Sekitar Waduk Bajulmati

Pemandangan Pegununagn di Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Nur Okta Milatina
Pemandangan Pegununagn di Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Nur Okta Milatina

Waduk ini cukup luas, sehingga bisa dikelilingi dengan menggunakan motor maupun mobil. Namun pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai tepiannya. Dari atas sisi waduk tersebut, pengunjung bisa merasakan semilir angin yang sepoi-sepoi. Tentu saja sambil menikmati air waduk berwarna kehijauan yang tenang.

Pengunjung juga akan mendapati pemandangan indah Gunung Baluran di sebelah timur serta kawasan hutan yang mengelilinginya. Namun pengunjung harus berhati-hati terhadap monyet liar yang berkeliaran di sekitar waduk. Monyet-monyet ini tidak takut dengan manusia. Disarankan untuk tidak memberikan makanan kepada monyet liar tersebut dan selalu menjaga barang bawaannya.

Baca: PANTAI CEMARA Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas

Spot Foto yang Unik

Pulau-pulau kecil di Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Alexander Danniel
Pulau-pulau kecil di Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Alexander Danniel

Kegiatan utama yang tidak boleh diabaikan pengunjung ketika mampir ke waduk ini adalah mengambil foto gundukan pulau mini yang tersebar diantara air waduk. Untuk mendapat hasil foto terbaik, pengunjug perlu menuju tepian waduk yang lebih tinggi.

Lebih baik lagi jika pengunjung bisa membawa drone kemari agar mendapatkan foto aerial yang epik, yang bisa menyerupai pemandangan Pulau Misool di Papua Barat. Seperti yang sudah banyak diketahui, Waduk Bajulmati ini sering disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat.

Baca: KAWAH IJEN Tiket & 6 Pilihan Aktivitas Wisata

Tempat Memancing

Penduduk Sekitar Memancing di Waduk Bajulmati. Foto: Google Maps / Bayu Fajar
Penduduk Sekitar Memancing. Foto: Google Maps / Bayu Fajar

Sebagaimana layaknya waduk yang lain, Waduk Bajulmati juga dimanfaatkan sebagai tempat memancing oleh warga sekitar. Jumlah ikan yang bisa ditangkap pun terbilang lumayan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sisi waduk boleh dijadikan tempat memancing.

Pengunjung hanya boleh memancing di sisi selatan waduk, yang mana perlu diraih dengan berjalan berputar mengelilingi waduk terlebih dahulu. Hindari memancing di dekat pintu air.

Fasilitas di Waduk Bajulmati

Bisa dikatakan satu-satunya fasilitas yang tersedia bagi para wisatawan di waduk ini adalah bangunan Balai Bengong. Bangunan ini dijadikan tempat berteduh bagi para pengunjung. Terkadang juga dimanfaatkan sebagai tempat menyantap perbekalan yang dibawa. Di dalam bangunan ini juga tersedia toilet. Uniknya, di atas bangunan ini ada patung Tari Gandrung yang merupakan ikon dari pariwisata Banyuwangi.

Akses dan Rute Menuju Waduk Bajulmati

Akses menuju waduk sama dengan akses menuju Taman Nasional Baluran. Dari arah kota Banyuwangi ambil jalur menuju Pelabuhan Ketapang atau Jalan Lintas Banyuwangi-Situbondo.

Sampai di Pasar Bajulmati, kemudian ke pintu masuk Taman Nasional Baluran. Setelah sepuluh menit, maka pengunjung bisa menemukan pintu masuk waduk di sisi kiri jalan. Dari pintu masuk, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai waduk

Lokasi Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo di provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya, waduk ini mencakup wilayah Desa Watukebo, Wongsorejo di Kabupaten Banyuwangi dan Desa Wonorejo, Banyuputih di Kabupaten Situbondo.

Dari Banyuwangi, lokasinya berjarak sekitar 40 kilometer ke utara dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Sedangkan dari Situbondo waktu tempuhnya mencapai dua jam. Waduk ini dekat dengan Jalan Nasional  Rute 1 ruas Kabupaten Banyuwangi – Kabupaten Situbondo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini