Beranda Tiket Wisata

PANTAI TAMPORA Tiket Masuk & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Tampora : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Kalianget, Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, 68359

Berlibur ke daerah Situbondo, tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Tampora. Pantai yang terletak paling Barat Kabupaten Situbondo ini memiliki pemandangan alam yang indah. Hal itulah yang membuat pantai ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Situbondo.

Memang pantai ini masih belum terkenal di kalangan wisatawan. Hal ini membuat lingkungan sekitar pantai ini masih alami dan bersih. Meskipun demikian, fasilitas yang ada di sekitar pantai ini cukup memadai untuk para pengunjung yang datang.

Harga Tiket Masuk Pantai Tampora

Pantai Tampora telah merupakan salah satu tempat wisata di Situbondo. Untuk itu, pengunjung yang mengunjungi pantai ini harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Tampora
Harga tiket masuk Rp10.000/orang
Parkir motor Rp2.000
Parkir Rp5.000

Baca: 6 Daya Tarik Wisata Taman Nasional Baluran

Jam Buka Pantai Tampora

Pantai Tampora termasuk tempat wisata yang terbuka untuk umum. Pengunjung bisa berlibur ke pantai ini kapan pun di jam yang bebas. Pengunjung bisa datang di pagi hari maupun sore hari. Pada saat pagi hari, pengunjung bisa melihat sunrise sedangkan di sore hari bisa menikmati pemandangan matahari terbenam

Jam Operasional
Setiap Hari Buka 24 jam

Daya Tarik Pantai Tampora

Pantai Tampora memiliki keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari air laut hingga sekitar pantai. Ekosistem yang ada di sekitar pantai ini pun masih alami. Salah satu sebabnya karena belum banyak yang berkunjung ke pantai ini. Meskipun demikian, pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas untuk menjamin kenyamanan wisatawan.

Pemandangan Laut Dan Hamparan Pasir Putih Yang Menakjubkan

Pengunjung akan naik perahu di Pantai Tampora
Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati pemandangan laut. Foto: Google Maps/OMYIC

Pemandangan pantai memang tidak lepas dari pemandangan air lautnya. Pantai Tampora memiliki pemandangan laut yang jernih dan berwarna hijau di tepi pantai dan biru di tengah laut. Bahjan saking jernihnya, pengunjung masih bisa melihat macam-macam biota laut maupun terumbu karang yang ada di pantai.

Jika melihat ke arah timur, maka pengunjung bisa melihat pemandangan gunung yang indah. Gunung itu adalah gunung Ringgit Timur. Kemudian ekosistem di pantai ini pun masih terbilang alami karena banyak pepohonan dan sekumpulan monyet yang berkeliaran. Pengunjung bisa menikmati panorama itu dari gazebo-gazebo yang ada di pinggir pantai

Pantai Tampora memiliki ciri khas lainnya yaitu hamparan pasir putih dari ujung ke ujung sekitar 100 m. Di beberapa area, tekstur pasir di pantai ini ada yang kasar karena tercampur dengan kerikil-kerikil kecil dari bebatuan karang. Untuk itu, pengunjung dapat memakai alas kaki untuk keamanan.

Baca: Wisata WADUK BAJULMATI Tiket & Daya Tarik

Memiliki Ombak Yang Tenang

Pengunjung dan anaknya bermain di tepi pantai Tampora
Pengunjung bisa bermain di tepi pantai karena ombaknya begitu tenang. Foto: Google Maps/Nikita Kamka

Pantai Tampora termasuk pantai yang terletak di Utara Jawa. Sehingga memiliki ciri khas ombaknya yang tenang. Tidak terkecuali pantai ini. Ombaknya yang tidak terlalu besar menguntungkan pengunjung yang ingin bermain air di tepi pantai.

Akan tetapi, ombak yang ada di pantai ini tidak selamanya tenang. Terkadang, pantai ini juga memunculkan ombak yang cukup besar di waktu-waktu tertentu. Untuk itulah,  pengunjung harus tetap berhati-hati, apalagi jika ingin berenang.

Perbukitan Dengan Pepohonan Yang Rindang

Perbukitan dan pohon rindang di pantai tampora
Area perbukitan serta rimbunnya pepohonan mengelilingi area pantai . Foto: Google Maps/Nana

Pantai Tampora terletak di balik perbukitan dengan pepohonan hijau yang rindang. Tak heran jika banyak yang menyebutnya pantai cantik di balik bukit. Pohon-pohon berwarna hijau yang rindang tersebut menjadi ciri khas keindahan pantai ini.

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan itu ketika berjalan-jalan di sekitar atau saat duduk di gazebo-gazebo yang ada di pinggir pantai. Dengan suasana yang sejuk dari angin laut dan pohon-pohon di sekitar sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan jiwa.

Ada Petilasan Syeikh Maulana Ishaq Dan Goa Di Bibir Pantai Tampora

Goa kucing di pantai Tampora
Gua yang ada di sekitar pantai bernama Goa Kucing. Foto: Google Maps/Anima Rahmatika Putri

Selain berwisata alam, pengunjung juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi petilasan dari salah satu ulama penyebar agama islam di Situbondo yaitu Syeikh Maulana Ishaq, ayah dari Raden paku atau Sunan Giri.

Ada pula Goa Kucing yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke pantai Tampora. Goa ini terletak di bibir pantai tepatnya kurang dari 70 m dari area parkir. Goa ini tidak terlalu dalam dan berukuran kecil. Akan tetapi, para warga sekitar mengkramatkan goa ini.

Pemandangan Sunrise Dan Sunset Yang Indah

suasana sunset dan sunrise pantai minajaya
Menyaksikan matahari terbit dan terbenam memang sangat cantik terlihat dari sekitar pantai – Foto : Google Maps / Tri Pur 79

Pemandangan matahari terbit (Sunrise) dan terbenam (sunset) merupakan pemandangan yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke sini. Pemandangan cantik dari langit yang berwarna oranye yang dibiaskan ke air laut dapat menjadi sebuah yang tak terlupakan.

Jika pengunjung ingin melihat pemandangan matahari terbit, maka datanglah mulai dari pukul 05.00. Sedangkan, jika ingin melihat matahari terbenam, maka pengunjung bisa datang di waktu sore menjelang malam hari sekitar pukul 17.00. Cara mudah untuk melihat pemandangan keduanya yaitu dengan berkemah satu hari di pantai.

Fasilitas

Pantai Tampora telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir, musala, warung-warung makan, tempat bermain, toilet, gazebo, sewa perahu, dan pendopo. Fasilitas yang ada memang belum begitu lengkap karena pantai ini juga belum begitu ramai.

Alamat Pantai Tampora

Pantai ini terletak di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur 68359. Kondisi jalan menuju pantai ini sudah beraspal, namun sempit. Di samping itu, akses jalan menuju ke pantai, ada yang menanjak dan menurun. Meskipun demikian, jalur masuk ke pantai ini berbeda dengan keluar sehingga terhindar dari kemacetan atau berpapasan dengan kendaraan lain.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini