Beranda Tiket Wisata

Wisata Pulau Tabuhan Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Pulau Tabuan
Harga Tiket: Gratis - Rp500.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Pulau Tabuhan, Bengkak,Wongsorejo,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68453.

Pulau Tabuhan merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di Selat Bali. Pulau ini hanya seluas 5 hektar namun memiliki kecantikan yang luar biasa. Tengah pulau ini berisi pepohonan hijau nan subur, dikelilingi oleh pasir putih di sepanjang bibir pantai. Air lautnya jernih bergradasi, mulai dari hijau muda, biru muda hingga biru pekat, jika dilihat menjauh dari bibir pantai.

Tiket & Biaya ke Pulau Tabuhan

Saat ini pulau terbuka bagi masyarakat umum. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk menuju pulau, alias gratis. Namun, pengunjung perlu mempersiapkan biaya tiket kapal untuk menuju dan keluar pulau. Tersedia juga beberapa fasilitas tambahan lainnya untuk disewakan ke para wisatawan.

Harga Tiket & Estimasi Biaya di Pulau Tabuhan
Tiket masukGratis
Sewa kapal dengan kapasitas 10 orangRp500.000
Sewa alat snorkelingRp25.000
Sewa sepatu katakRp10.000 – Rp15.000
Sewa kamera tahan air untuk snorklingRp150.000
Sewa tour guideRp75.000

Baca: 11 Tempat Wisata Menarik di Banyuwangi

 

Waktu Terbaik Berkunjung

Pulau ini tidak memiliki jam buka tertentu namun wisatawan biasanya datang pada kisaran pukul 08.00-17.00. Untuk memaksimalkan pengalaman pengunjung disini, disarankan untuk menghindari musim angin barat.

Yang terjadi antara bulan Desember hingga Maret. Hal ini dikarenakan arus air laut musim ini membawa sampah dari berbagai penjuru menuju bibir pantai. Hal ini tentunya bisa mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Jam Masuk
Senin – Minggu08.00 – 17.00

Daya Tarik & Keindahan Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi, Tampak Dari Atas. Foto: Instagram / dwikoassanov
Pulau Tabuhan Banyuwangi, Tampak Dari Atas. Foto: Instagram / dwikoassanov

Pulau Tabuhan mulai menunjukkan pesonanya di Festival Kitesurfing Internasional tahun 2014. Tiupan angin yang stabil membuat tempat ini cocok untuk olahraga kitesurfing (selancar layang) maupun windsurfing (selancar angin).

Baca: PANTAI PLENGKUNG Banyuwangi Paduan Keindahan Alam Memukau

Festival ini pun kembali digelar di tahun 2017 dan tidak menutup kemungkinan untuk kembali diadakan di masa mendatang. Tak hanya itu, Pulau Tabuhan juga menawarkan berbagai pemandangan menarik yang patut untuk dijelajahi.

Pantai Pasir Putih Dengan Laut Biru Toska

Hamparan Pantai Pasir Putih. Foto: Google Maps / Adeka Rahman
Hamparan Pantai Pasir Putih di Pulau Tabuhan Banyuwangi. Foto: Google Maps / Adeka Rahman

Begitu menginjakkan kaki di pulau ini, wisatawan akan disambut oleh pantai pasir putih yang cantik. Pengunjung bisa bermain air atau berenang di perairan dangkal di sekitar pantai. Ketika sudah agak lelah, pengunjung juga bisa berteduh dan duduk-duduk santai di bawah pohon sambil menikmati suasana pantai yang indah.

Baca: Pantai PULAU MERAH Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Selanjutnya pengunjung bisa berjalan-jalan santai mengitari pulau. Hanya dibutuhkan sekitar lima belas menit untuk menyisiri pantai pulau ini. Jika pengunjung berjalan sedikit ke arah tengah pulau, maka pengunjung akan menemukan satu-satunya bangunan permanen di pulau ini. Bangunan itu adalah mercusuar peninggalan masa penjajahan Jepang, yang dulunya digunakan sebagai tempat pengintaian.

Foto Berlatar Pantai Berasir Putih

sisa reruntuhan yang ada di pantai sekitar pulau. Foto: Google Maps / ariefpokto (Google Maps)
Spot Foto Reruntuhan Bangunan di Pulau Tabuhan Banyuwangi. Foto: Google Maps / ariefpokto (Google Maps)

Tidak sulit bagi pengunjung untuk bisa menemukan spot foto yang instagrammable di pulau ini. Namun ada dua spot foto yang paling menarik perhatian. Pertama adalah spot foto ayunan kayu di bibir pantai. Kedua adalah spot foto reruntuhan bangunan.

Baca: Pantai PULAU MERAH Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Reruntuhan ini terlihat seperti dinding bata yang terendam oleh pasir putih, ada juga yang terendam air laut, tergantung dari pasang surutnya air. Berburu foto aerial menggunakan drone pastinya juga akan menghasilkan foto yang menarik karena adanya gradasi air laut yang unik.

Snorkeling di Perairan Sekitar Pulau

Kegiatan Snorkling di Perairan Sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi. Foto: Instagram / lilasepti89
Kegiatan Snorkling di Perairan Sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi. Foto: Instagram / lilasepti89

Perairan di sekitar Pulau Tabuhan memiliki air yang jernih dan relatif tenang. Oleh karena itu, pengunjung bisa melakukan snorkling di area ini. Nahkoda kapal telah terbiasa untuk mengarahkan pengunjung ke spot-spot snorkeling terbaik. Namun yang paling direkomendasikan adalah perairan di sisi utara karena ombaknya lebih tenang.

Baca: Ragam Aktivitas Seru di PANTAI LAMPON Banyuwangi

Mulai dari kedalaman tiga meter wisatawan bisa melihat  berbagai biota laut yang menawan, seperti terumbu karang hingga ikan yang berwarna-warni. Namun jangan lupa untuk tetap berhati-hati akan bulu babi maupun karang-karang yang tajam. Musim terbaik untuk melakukan snorkling adalah pada bulan Juli hingga September, karena jarak pandang pada periode ini bisa mencapai 15 hingga 20 meter.

Berkemah di Pulau Tabuhan

Kegiatan Berkemah di Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi, Berlatarbelakang Pemandangan Gunung Raung. Foto: Google Maps / Mia Jumiati
Kegiatan Berkemah di Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi, Berlatarbelakang Pemandangan Gunung Raung. Foto: Google Maps / Mia Jumiati

Pengunjung bisa mendirikan tenda di pulau ini, namun harus mendapatkan izin dari petugas setempat terlebih dahulu. Pemandangan indah Gunung Ijen, Gunung Raung, dan Baluran yang tersedia di sisi barat pulau akan menjadi penyegar mata selama pengunjung menetap sehari semalam di pulau ini.

Bahkan pengunjung bisa menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari di tempat yang sama.

Fasilitas

Saat ini fasilitas di Pulau Tabuhan masih sangat minim. Hanya ada warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan, serta bilik sederhana untuk berganti baju. Sementara itu, persewaan alat snorkling dan penginapan terdekat tersedia di Pantai Bangsring, titik keberangkatan kapal menuju Pulau Tabuhan ini.

Tantangan lainnya adalah tidak adanya fasilitas air tawar bersih maupun listrik di pulau ini. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi  berencana untuk bekerja sama dengan pengembang untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada.

Selain fasilitas umum, rencananya empat dari lima hektar luas pulau ini akan dibangun resort dan disewakan. Ruang yang tersisa masih akan tersedia untuk masyarakat umum untuk berkunjung.

Akses Menuju Pulau Tabuhan

Akses terdekat menuju Pulau Tabuhan adalah melalu Pantai Bangsring. Dari Kota Banyuwangi pengunjung diarahkan untuk mengambil arah Pelabuhan Ketapang, lalu ke arah Pantai Watudodol. Kemudian ikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Rumah Apung. Sesampainya di Pantai Bangsring, pengunjung bisa menyewa kapal dengan lama perjalanan 15 menit untuk sampai.

Lokasi Pulau Tabuhan

Pulau ini berada di Selat Bali, atau perairan antara pulau Bali dan pulau Jawa. Namun secara administratif, Pulau ini masuk masuk ke wilaya Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini