Taman Pelangi Yogyakarta
Taman Pelangi Yogyakarta

Kalau pelangi biasanya ada di siang hari pasca hujan, maka di Taman Pelangi pengunjung justru bisa menikmatinya setiap malam hari. Ya, ini lantaran Taman Pelangi merupakan Taman Lampion beraneka warna dan rupa.

Buka sejak petang, Taman ini memang sangat cocok dijadikan pilihan destinasi rekreasi keluarga saat malam hari. Namun karena merupakan taman outdoor alias terbuka, maka pilihan paling tepat untuk datang ialah saat cuaca tidak hujan.

Harga Tiket Taman Pelangi Yogyakarta

Untuk bisa menyaksikan warna-warni lampion di Taman Pelangi pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Tapi tenang saja harga tiket Taman Lampion Yogyakarta dijamin tidak bikin kantong bolong.

Harga Tiket Taman Pelangi Yogyakarta
Senin – JumatRp15.000
Sabtu – MingguRp20.000

Baca: WORLD LANDMARKS Merapi Park Kaliurang Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Karena taman ini domainan dengan kerlip lampu. Maka jam bukanyapun menyesuaikan. Taman pelangi dibuka mulai sore hingga malam hari.

Jam Buka Taman Pelangi
Senin- Jumat16.30 – 10.00 WIB
Sabtu – Minggu17.00 – 11.00 WIB

Taman Lampion Warna-Warni

Taman Pelangi Yogyakarta merupakan area rekreasi yang menarik bagi semua kalangan usia. Aneka lampion dari yang berukuran kecil, sedang, sampai besar tersebar di setiap sisi taman yang mengelilingi Monumen Jogja kembali. Warna-warni yang disajikan ditengah gelapnya malam tentu menjadi daya tarik yang memikat mata. Sebagai tempat berfoto dan selfie, aneka lampion ini juga sangat bisa diandalkan kecantikannya.

berbagai bentuk dan warna lampion taman pelangi
Taman Pelangi Yogyakarta penuh warna-warni. foto: indra_ibrahim07

Kecantikan lampion sudah bisa dirasakan sejak awal memasuki taman. Terdapat dua pintu masuk di Taman Pelangi yaitu Pintu Barat dan Pintu Timur. Jika masuk dari Pintu Timur, pengunjung langsung disambut gerbang berupa lampion besar berbentuk setengah lingkaran bagai pelangi berwarna warni.

Selanjutnya, pengunjung bisa mengarahkan diri ke deretan lampion yang berbentuk flora dan fauna. Ada juga lampion berbentuk tokoh kartun disney dan kartun jepang, dinosaurus, naga, serta kehidupan bawah laut yang sangat menarik perhatian terutama anak-anak. Tak meninggalkan sejarah, ada juga lampion yang berbentuk wajah para tokoh pemimipin bangsa.

Baca: SINDU KUSUMA Edupark Tiket & Wahana

Di sisi lain, ada juga pohon-pohon buatan yang dihiasi lampu-lampuan. Berfoto di antara pepohonan lampu tersebut seolah membawa pengunjung berada di hutan fantasi bertabur cahaya.

mobil kombi lampion taman pelangi
Berbagai bentuk lampion dengan warna-warni bisa dilihat disini. foto: Yu lee xa

Ada juga lorong yang atasnya digantung ratusan lampu dan lampion, hingga area rumput yang  ditutupi barisan lampu-lampu kecil menjadi atraksi yang selalu mengundang perhatian apalagi anak muda untuk mempercantik foto di media sosialnya atau istilah kekinannya instragamable.

Karena objeknya merupakan lampion dan saat malam hari, untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal maka sebaiknya pengunjung mengatur kameranya. Keahlian mengambil sudut foto juga penting agar foto diri dan lampion tampak cantik di kamera.

Wahana Permainan

Menariknya, selain Taman Lampion, juga ada berbagai atraksi wahana permainan lain. Ada Trampolin, Boom-Boom Car, Becak Mini, Tandem, Junior Jet, Auro Bungee, ATV, Batery Car, Bianglala mini, serta permainan air seperti Perahu Dayung, Bola Air, dan Speed Boat. Jika lelah berjalan kaki, pengunjung juga bisa memilih naik kereta wisata. Kereta ini akan membawa pengunjung berkeliling semua kawasan Taman Pelangi.

komidi putar taman pelangi
Wahana permainan komidi putar di taman pelangi. foto:  王梦依

Tak cukup dipermainan saja, bagi pengunjung yang ingin merasakan dunia horor, bisa masuk ke Puri Hantu. Itu adalah wahana rumah setan yang akan membawa pengunjungnya masuk keruang-ruang yang diatur sedemikian rupa sehingga nampak menyeramkan.

Termasuk adanya setan-setan buatan ataupun orang yang berkostum setan yang siap menakut-nakuti. Namun perlu diingat bahwa tiap permainan ini mematok tarifnya tersendiri yang berbeda dengan tiket masuk kawasan Taman Pelangi.

Fasilitas Pendukung

Area parkir di sekitar kawasan Monumen Jogja Kembali ini cukup memadai untuk menampung puluhan unit mobil dan motor. Penjaganya juga merupakan petugas resmi sehingga cukup aman.  Fasilitas toilet dengan jumlah yang cukup memadai serta food-court dengan ragam pilihan makanan juga tersedia di area Taman Pelangi.

Lokasi & Alamat

Lokasinya berada di dalam area Monumen Jogja Kembali, Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,00 - 2 Pembaca
Loading...