World Landmark Merapi Park Yogyakarta
World Landmark Merapi Park Yogyakarta

Di Kabupaten Sleman Yogyakarta, tepatnya di depan Museum Merapi terdapat tempat wisata yang berhasil menarik perhatian.  The World landmarks Merapi Park, taman yang mengusung miniatur landmarks dan ikon di berbagai belahan negara dunia.

Taman yang bisa menjadi alternatif tempat terbaik untuk selfie atau berfoto. Tempat wisata di lereng Gunung Merapi ini memang menargetkan pengunjung dari kalangan anak muda yang suka dengan tempat wisata kekinian untuk berfoto ria.

Harga Tiket World landmarks Merapi Park

Pengujung yang ingin melihat kemegahan miniatur landmarks dunia di taman ini akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket World landmarks Merapi Park bisa dikatakan cukup terjangkau. Tiket bisa didapat dengan membayar mulai dari Rp15.000.

Harga Tiket World landmarks Merapi Park
Tiket RegulerRp15.000
Tiket Kids WaterparkRp10.000

Baca: SINDU KUSUMA Edupark Tiket & Wahana

Jam Buka World landmarks Kaliurang

Taman World landmarks Kaliurang sudah dibuka mulai pagi hari. Baik untuk hari biasa dan juga akhir pekan. Memang untuk akhir pekan World landmarks Merapi Park dibukan lebih pagi.

Jam Buka World landmarks Merapi Park
Senin – Jumat09.00 – 16.30 WIB
Sabtu & Minggu08.30 – 17.00 WIB

Berbagai aktivitas dan wahana bisa dicoba di taman landmarks ini. Berikut beberapa diantaranya.

Miniatur Berbagai landmarks Dunia

Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 9 miniatur landmarks terkenal kota-kota dunia yang bisa menjadi latar atau objek foto. Sejak awal masuk saja, pengunjung sudah akan disambut gerbang berpilar besar yang mempresentasikan miniatur dari Brandenburg Gate di Jerman.

gerbang masuk world landmark merapi park
Gerbang dengan pilar-pilar megah menyambut pengunjung yang datang ke World Merapi Park Kaliurang. foto: Dede Tisno

Memasuki bagian dalam, area taman yang luas berpagarkan pepohonan akan menjadi pemandangan dengan daya tarik utama berupa miniatur landmarks-landmarksnya. Miniatur landmarks ini tersusun rapi di sisi kiri dan kanan. Keberadaan spot-spot taman bunga tematik menjadikan nilai tambah untuk memberi alternatif sisi berfoto yang cantik.

Miniatur pertama yang akan pengunjung lewati ialah Kincir Angin khas negeri Belanda di sisi kiri dan Menara Miring Pisa di sisi kanan. Khusus di miniatur Kincir Angin, ditanam pula bunga tulip di depannya. Berfoto di Kincir Angin dengan efek bunga tulip di bagian depan tentu menjadi aksen yang mempertagas nuansa negeri Holland.

Baca: Wisata Kuliner Jogja 40 Restoran & Cafe Terpopuler

Bagian kedua ialah Menara Eiffel. Miniatur landmarks negeri Prancis ini tentu menjadi objek paling populer bagi pengunjung. Jika tengah ramai, pengunjung harus bersabar untuk antre berfoto jika ingin mendapat hasil maksimal. Tepat didepannya, ada miniatur Menara Big Ben khas Kota London yang begitu terkenal.

Melangkah lebih ke dalam, terdapat sebuah kolam air mancur yang disisi kirinya juga ada miniatur landmarks dari Kota New York yaitu Patung Liberty. Sedangkan disisi lainnya, ada dua objek foto yaitu Post Box dan Telephone Box berwarna  merah cerah khas negeri Inggris.

miniatur patung liberty world landmark merapi park.
Patung liberty salah satu landmarks kota New York miniaturnya ada di taman ini. foto:  ahmad saifuddin

Dibagian berikutnya ada miniatur Burj Al Arab Dubai dan Temple of Heaven Beijing. Sedangkan pada sisi bagian belakang terdapat miniatur dari Rumah Adat Suku Indian.

Tak cukup di miniatur landmarks saja, sebagai pelengkap objek foto juga ada Patung Masha and The Bear, Sculpture bertuliskan Love, Pergola berbentuk Hati dihiasi tanaman rambat, dan taman bunga.

Wahana Rekreasi & Permaianan

The World landmarks Merapi Park juga sudah memiliki wahana-wahana baru yaitu, Kids Waterpark, Tunggang Kuda, dan Jemparingan. Kids waterpark menjadi wahana terbaik untuk anak-anak bermain air. Di kolam yang berisikan air berketinggian hanya sekitar 30 cm ini terdapat beberapa wahana permainan yaitu berbagai jenis perosotan atau water slide dan ember tumpah.

Baca: JOGJA BAY WATERPARK Tiket & Wahana

Area tunggang kuda juga bisa menjadi pilihan terkhusus bagi anak-anak yang ingin merasakan langsung menaiki dan menunggangi kuda. Terdapat beberapa kuda di area ini yang bisa ditunggangi dengan pengawasan langsung dari pawangnya.

miniatur menara eifel.
Miniatur menara eifel bisa dilihat disini. foto:  Wildan Maulana

Sedangkan Jemparingan adalah tradisi panahan kuno khas Jogja. Perbedaannya dengan olahraga panahan pada umumnya, Jemparingan mengharuskan pemanahnya duduk bersila. Di wahana inilah pengunjung bisa merasakan langsung sensasi memanah Jemparingan.

Namun untuk Jemparingan saaat ini hanya buka di hari Sabtu dan Minggu saja. Baik Kids Waterpark, Tunggang Kuda, maupun Jemparingan diberlakukan tiket tersendiri atau terpisah selain tiket masuk The World landmarks Merapi Park yang sudah dibeli di pintu masuk.

Kedepannya, The World landmarks Merapi Park juga tengah dibangun Replika Taman Satwa dan Botanical Garden. Tentunya akan membuat destinasi rekreasi ini semakin menarik untuk disambangai.

Fasilitas Pendukung

Sebagai wahana rekreasi yang cukup luas, The World landmarks Merapi Park juga menyediakan fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung. Area parkirnya cukup luas, ada cafetaria, minimarket, restoran, tolet, hingga musholla di dalam kawasan wisata ini. Di sekitar wahana juga ada gazebo-gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh dan bersantai.

kids waterpark
Selain menyaksikan miniatur landmarks dunia di taman ini juga ada kids waterpark. foto:  Wulan Apsari

The World landmarks Merapi Park juga menarik untuk dijadikan lokasi foto pre-wedding. Untuk memenuhi keperluan tersebut, pihak pengelola juga menyediakan jasa pre-wedding tersebut. Pengunjung bisa melakukan reservasi terlebih dahulu untuk menanyakan jadwal dan paketnya.

Kontak & Alamat World Landmarks Merapi Park

Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Kontak lebih lanjut silahkan menghubungi 0877-0079-9000.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,00 - 2 Pembaca
Loading...