JOGJA EXOTARIUM Tiket & Aktivitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Jogja Exotarium: Rp25.000-Rp500.000
  • Jam Buka: 08.30 - 16.30
  • Nomor Telepon: 087738394686 / +6281392333313
  • Alamat: Jl. Magelang No.Km.8, RW.12, Mulungan Kulon, Sendangadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55285

Di Yogyakarta, tepatnya di Sleman, ada satu tempat wisata edukasi yang patut dikunjungi. Namanya adalah Jogja Exotarium — terdengar unik, kan? Namun sebenarnya, tempat ini merupakan taman hewan berskala kecil. Koleksi hewannya beragam dan bisa berinteraksi secara langsung, lho!

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti-Mainstream

Harga Tiket Masuk Jogja Exotarium

Berkunjung ke Jogja Exotarium tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena harga tiketnya terjangkau cuma Rp25.000, baik di hari biasa maupun hari libur. Jika ingin mencoba wahana di dalamnya, wisatawan bisa membayar tiket terpisah. Wahana outbond buka dengan sistem sesuai pesanan.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp25.000
Wahana: Becak Mini, Terapi Ikan, Kolam Renang, Tangkap IkanRp10.000
Wahana: Bebek Kayuh / Prosotan PelangiRp20.000
ATVRp25.000
Tunggang Kuda: Single / TundemRp25.000 – Rp35.000
Flying Fox: Single / TundemRp25.000 – Rp40.000
JeepRp225.000
Sewa PendopoRp500.000
Harga Tiket Masuk Jogja Exotarium

Baca: Kampung Flory Sleman Wisata Ala Desa

Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.

Jam Buka Jogja Exotarium

Taman rekreasi keluarga ini buka sejak pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa puas mengelilingi seluruh area seharian penuh. Sedangkan untuk wahana river tubing hanya tersedia pada musim hujan.

HariJam Buka
Weekday08.30 – 16.30 WIB
Weekend08.30 – 17.00 WIB
Jam Buka Jogja Exotarium

Edukasi Hewan di Jogja Exotarium

Jogja Exotarium
Jogja Exotarium adalah taman hewan mini yang memiliki konsep wisata edukasi khususnya bagi anak-anak – Foto: Google Maps/Dwias Anandita

Usia Jogja Exotarium masih tergolong muda. Taman margasatwa ini baru beroperasi pada akhir tahun 2017. Tidak heran jika banyak lahan yang masih dalam proses perkembangan. Tetapi secara keseluruhan, tempat ini sudah bisa dinikmati dan selalu ramai pengunjung.

Jogja Exotarium mengusung konsep mini zoo atau taman margasatwa berskala kecil. Luas lahannya memang hanya sekitar 5 hektar. Koleksi hewannya pun tidak selengkap taman margasatwa pada umumnya.

Dengan ukurannya yang mini, taman rekreasi ini sangat pas sebagai destinasi wisata anak-anak. Tempat ini bisa jadi arena bermain sekaligus belajar bagi anak-anak hingga usia 13 tahun. Di sini, beragam hewan jinak serta aktivitas menarik siap mengisi liburan keluarga.

Baca: PURI MATARAM Sleman Tiket Masuk & Aktivitas

Suasana Pedesaan

Area pintu masuk
Suasana serba hijau dan asri di dalam Jogja Exotarium – Foto: Google Maps/bakul keris

Taman wisata ini berdiri di lahan Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Berada di kawasan pedesaan, otomatis tempat ini mempunyai lingkungan yang hijau dan asri. Meski begitu, lokasinya tetap mudah karena akses jalan yang baik.

Area Jogja Exotarium terdiri dari taman margasatwa mini dan taman bunga. Kawasan ini juga dilintasi oleh Sungai Denggung. Udara segar pedesaan melengkapi suasana taman sekitar taman yang tenang. Padahal, jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, lho.

Baca: 16 Tempat Wisata Terbaik di Sleman Yogya

Koleksi Beragam

berinteraksi dengan kura-kura
Salah satu hewan yang bisa diajak berinteraksi di sini adalah kura-kura – Foto: Google Maps/Julie Christie

Koleksi hewan di taman ini memang tidak sebanyak Gembira Loka atau Ragunan. Namun, semuanya terawat dengan baik dan dalam keadaan sehat. Kebersihan kandang maupun hewan selalu terjaga.

Hewan-hewan yang ada di sini berasal dari beragam spesies. Hewan peternakan, peliharaan, hingga hewan langka juga ada. Semuanya tersedia dengan tujuan menjadi sarana edukasi, khususnya untuk anak-anak. Tidak perlu khawatir karena setiap area hewan dijaga oleh petugas pemandu.

Sejumlah hewan bisa didekati secara langsung. Kelinci, kuda, kambing, hingga kura-kura adalah sebagian di antaranya. Hewan reptilia menantang seperti ular dan iguana pun bisa diajak berfoto bersama. Ada juga hewan air dan burung-burung yang tak kalah jinak.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket Masuk & Aktivitas

Naik Kuda Tunggang

berkuda di Jogja Exotarium
Wisatawan belajar menunggangi kuda- Foto: Google Maps/Taufiq Sofyan

Sejumlah hewan peternakan di sini bisa diajak berinteraksi dari dekat. Pengunjung bisa memberi pakan bagi kambing dan sapi. Kegiatan ini tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan, terutama bagi anak-anak.

Jogja Exotarium juga memiliki koleksi kuda tunggang. Pengunjung bisa mencoba menaiki kuda-kuda ini. Menunggang kuda bisa jadi alternatif berkeliling taman untuk menghemat energi.

Tangkap Ikan

Kegiatan lainnya yang wajib untuk dicoba adalah tangkap ikan. Aktivitas ini terutama bagi anak-anak di atas usia 3 tahun. Anak-anak akan diajak turun ke kolam dan menangkap ikan sendiri. Ikan-ikan ini bisa dibawa pulang untuk dipelihara, lho.

Kegiatan Outbond di Jogja Exotarium

Berayun di atas sungai
Wisatawan mengikuti kegiatan outbond di sungai Jogja Exotarium – Foto: Google Maps/T. Cilik Pamungkas

Jogja Exotarium bisa jadi alternatif destinasi outbond anak-anak. Pengelola menyediakan wahana outbond menarik di sini. Sejumlah wahana bahkan sengaja dibuat di atas sungai. Kegiatan ini mengajak anak-anak untuk aktif serta berani kotor-kotoran!

Baca: Candi Prambanan Tiket Masuk & Aktivitas

River Tubing

Aktivitas di Jogja Exotarium tidak melulu ditujukan untuk anak-anak. Kalangan dewasa pun bisa menikmati rekreasi di sini. Tentu saja selain berjalan santai dan berfoto dengan hewan-hewan.

Sungai Denggung yang melintasi kawasan ini merupakan area bermain river tubing. Wahana ini mengajak pengunjung menaiki ban pelampung menyusuri sungai. Namun, wahana ini hanya buka ketika volume sungai meningkat di musim hujan.

Taman Bunga Warna-Warni

Bunga-bunga di Parijoto Puspowarni
Dengan berkunjung ke taman wisata ini, wisatawan dapat sekaligus bertandang ke Taman Bunga Parijoto Puspawarni Foto: Google Maps/irwan ruslan

Sudah di Jogja Exotarium, jangan lupa berkunjung ke Taman Bunga Parijoto Puspawarni. Meski belum dikembangkan sempurna, namun taman ini layak untuk dinikmati. Hamparan bunga-bunga cantik berwarna-warni siap menyambut. Area ini sangat laku sebagai tempat berfoto ria.

Fasilitas

Jogja Exotarium memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Area parkirnya luas dan menampung banyak kendaraan. Toilet, musala, dan kios-kios makanan mudah ditemui di sini. Gazebo untuk beristirahat tersebar di beberapa titik dalam taman.

Lokasi Jogja Exotarium

Taman rekreasi ini terletak di Jalan Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Akses jalannya baik dan bisa dilalui kendaraan roda 4 sekalipun. Untuk reservasi dan informasi, hubungi kontak  087738394686.

Ulasan Pembaca

4.7 - 72 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Satu komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Melihat lihat deskripsinya sih bagus, bikin penasaran ingin berkunjung. yaah kapan kapan ada waktu luang ingin sekali berkunjung bersama keluarga, istri, anak dan cucu