TAMAN SURGA RINJANI Tiket Masuk & Wahana Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Surga Rinjani: Rp10.000 - Rp20.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.30 WITA
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Raya Sembalun Lawang nomor 11, Desa Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat , Indonesia, 83666

Taman Surga Rinjani adalah taman bermain yang berada di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Taman luas ini hadir dengan beragam pilihan wahana dan spot berfoto. Yang membedakan taman ini dengan taman bermain lainnya ialah konsep wisata halalnya. Tertarik untuk mencobanya langsung?

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke Taman Surga RInjani terbilang sangat terjangkau, yaitu 20 ribu rupiah. Akan tetapi, tiket ini belum termasuk biaya menaiki wahana permainan. Untuk menaikinya, pengunjung perlu merogoh kocek untuk tiket tambahan. Akan tetapi tenang saja karena harga tiket per wahana pun tidak terlalu mahal. 

  • Tiket Masuk Rp20.000
  • Perosotan Pelangi Rp10.000
  • Sepeda Gantung Rp20.000
  • Karpet Aladdin Rp15.000
  • Tangan Raksasa Rp10.000

Baca: Rinjani Waterpark Tiket & Wahana

Jam Operasional

Pukul berapa Taman Surga RInjani mulai buka? Pengunjung bisa mulai mengantri di loket tiket sejak pukul 8 pagi. Taman ini tutup pada sore menjelang malam hari. 

HariJam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 17.00 WITA
Sabtu – Minggu08.00 – 17.30 WITA
Jam Buka

Destinasi Wisata Halal

wisata halal Lombok Timur
Destinasi wisata halal di Sembalun, Lombok Timur – Foto: Gmaps/Larry Louie

Sembalun adalah daerah yang pernah menyandang gelar World Best Halal Honeymoon Destination pada tahun 2016. Gelar yang didapat dari World Halal Tourism Award  ini telah menjadi salah satu identitas kebanggaan Kabupaten Lombok Timur. Daerah ini tidak hanya populer karena Gunung Rinjani, tetapi juga destinasi wisata halalnya. Salah satunya tidak lain adalah Taman Surga Rinjani. 

Konsep halal ini muncul dalam berbagai bentuk wahana serta paket kunjungan wisatawan. Pemiliknya yang juga seorang ustadz menyediakan edukasi wisata syariah. Di mana pengunjung bisa mengadakan pengajian sambil berwisata di sini.

Berdiri di lahan seluas 46 are, taman bermain Taman Surga Rinjani juga menghadirkan kesempatan untuk bersanding dengan alam. Suasana ini lengkap dengan barisan bukit serta hamparan kebun dan sawah yang mengelilingi. Sambil bermain di sini, pengunjung akan menghirup segarnya udara bersih nan sejuk. 

Baca: GUNUNG RINJANI Tiket Pendakian & Keindahan

Wahana Permainan

sepeda melayang
Menguji adrenalin dengan sepeda melayang – Foto: Gmaps/Tri Haryono

Jika bertanya wahana apa saja yang ada di Taman Surga Rinjani, berkunjung langsung ke lokasi tentu bisa menjawabnya. Taman bermain ini menyediakan dua jenis wahana, yaitu wahana permainan dan spot berfoto. Wahana permainannya tidak banyak, namun sayang untuk dilewatkan.

Pertama, ada wahana sepeda gantung yang sudah masyhur. Pengunjung dapat mengendarai sepeda yang tergantung di langit-langit. Dengan bertumpu pada seutas tali besi, sepeda ini akan menguji keberanian sekaligus adrenalin. Tidak perlu khawatir perihal keamanan dan keselamatan karena wahana ini menggunakan material kokoh dan pengunjung wajib mengenakan tali pengaman.

Selanjutnya adalah rainbow slide atau perosotan pelangi. Pengunjung akan meluncur di lintasan menurun sepanjang lebih dari 50 meter menggunakan box plastik. Perosotan ini memiliki tampilan penuh aesthetic karena warna-warnanya yang beragam. Warna-warna ini berasal dari lapisan benang nilon yang menutupi setiap lintasan.

Wahana terakhir yaitu karpet Aladdin yang serupa tapi tak sama dengan sepeda gantung. Konsepnya sama dengan sepeda gantung, namun menggunakan wahana berupa kereta yang berlapis karpet. Sehingga, pengunjung yang menaikinya akan tampak seperti tengah melayang di udara menggunakan karpet bak Aladdin. Dari atas wahana juga pengunjung dapat melihat keindahan alam sekitar Taman Surga Rinjani.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Spot Foto

spot foto
Berfoto dengan latar pemandangan dari ketinggian di spot Kapal Nabi Nuh – Foto: Gmaps/Taman Surga Rinjani

Jika belum puas berfoto ria di wahana permainan di atas, masih banyak spot foto yang tersedia. Pengunjung dapat memilih spot terbaik dari 9 spot yang ada untuk menambah koleksi selfie. Setiap spot memiliki konsep uniknya tersendiri.

Misalnya, spot jam dinding raksasa yang menggunakan huruf arab sebagai penunjung angkanya. Ada lagi spot air terjun berukuran raksasa yang menawan sebagai latar foto Instagrammable. Selain itu, terdapat spot berfoto bersama Kapal Nabi Nuh yang menyerupa anjungan kapal. Masih banyak spot-spot lainnya yang bisa dijelajahi ketika berkunjung kemari.

Resto & Kafe

restoran
Rehat sejenak di restoran yang tersedia – Foto: Gmaps/Dini rosma

Salah satu aturan masuk Taman Surga Rinjani adalah dilarang membawa makanan atau minuman. Karena peraturan ini, sayangnya pengunjung tidak dapat merasakan sensasi piknik di alam terbuka. Akan tetapi, wisatawan tidak perlu terlalu cemas karena taman ini telah menyediakan fasilitas restoran. Pilihan menunya beragam dan pastinya halal. 

Kunjungan Rombongan

perosotan pelangi
Banyak wahana seru untuk dimainkan bersama rombongan – Foto: Gmaps/Yusron Septian

Taman Surga Rinjani menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk datang secara rombongan. Ada paket-paket wisata menarik yang hanya bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang dalam rombongan. Beberapa di antaranya adalah corporate gathering dan kunjungan industri serta wisata.

Corporate gathering adalah paket untuk wisatawan yang membutuhkan kegiatan menarik bagi perusahaan atau komunitas. Sedangkan kunjungan industri terbuka terutama bagi pengunjung dari kalangan pelajar atau mahasiswa. Dengan minimal 25 orang, pengunjung sudah bisa menyambangi Taman Surga Rinjani dengan harga tiket spesial. Cukup menghubungi contact person untuk melakukan reservasi paket yang dibutuhkan.

Sunset

Taman bermain ini buka hingga menjelang maghrib pada hari biasa dan akhir pekan. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengejar momen matahari terbenam alias sunset di di sini. Berada di kawasan kaki Gunung Rinjani, taman ini menghadirkan spot terbaik untuk menyaksikan sunset ini. Banyak area terbuka yang memberikan pemandangan langsung ke arah peraduan kembalinya sang matahari. 

Fasilitas

Fasilitas di Taman Surga Rinjani antara lain area parkir, toilet umum, musala, restoran dan kafe, pemandu wisata, wahana permainan, dan spot foto. 

Lokasi

Taman Surga Rinjani terletak di Jalan Raya Sembalun Lawang nomor 11, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Lokasi taman bermain ini berada di kawasan kaki Gunung Rinjani. Berjarak sekitar 85 kilometer atau 2 jam berkendara dari Kota Mataram.

Ulasan Pembaca

4.4 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *