Beranda Tiket Wisata

PUSUK SEMBALUN Lombok Tiket & Keindahan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pusuk Sembalun Lombok : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur, Nusat Tenggara Barat, Indonesia, 83656

Lombok tak hanya memiliki pantai yang indah, tapi juga daerah pegunungan seperti Taman Wisata Pusuk Sembalun. Taman wisata yang berada tak jauh dari Gunung Rinjani ini memiliki pesona yang memikat. Bak negeri di atas awan, kawasan wisata ini sering kali diliputi kabut. Sehingga menimbulkan kesan mistis dibalik keindahannya.

Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang begitu menakjubkan. Karena dikelilingi dengan bukit hijau yang berkontur indah. Tidak hanya itu, persawahan di Desa Sembalun juga tampak dari ketinggian bukit ini. Menjadikannya sebagai lokasi yang tepat untuk healing dan menyegarkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun

Objek wisata ini menetapkan tarif tiket masuk yang terjangkau. Di samping itu, wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp 5.000
Tarif Parkir
Motor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000

Jam Buka Taman Wisata Pusuk Sembalun

Objek wisata ini buka sepanjang waktu. Namun, saat pandemi seperti ini bisa saja jam operasional berbeda. Dan kemungkinan kunjungan wisatawan juga ada pembatasan, supaya tidak terjadi kepadatan pengunjung.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Alam Indah dari Taman Wisata Pusuk Sembalun

Pemandangan Pegunungan dari Pusuk Sembalun
Pemandangan Pegunungan dari Pusuk Sembalun. Foto: Gmap/Angge ysya

Objek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan yang begitu memukau. Di sini terdapat pelataran luas, tempat wisatawan biasanya berkumpul. Di pelataran ini, wisatawan dapat mengabadikan momen dengan berbagai latar belakang. Dengan mencari sudut yang tepat agar mendapatkan pemandangan latar belakang yang pas.

Ada juga beberapa gardu pandang sebagai wahana foto. Gardu pandangnya terbuat dari bambu, dengan tinggi dinding kurang lebih satu meter. Wahana ini sudah terdapat pegangan sehingga lebih aman ketika berfoto. Kemudian bambu sebagai pijakan pun tertopang dengan kuat dan areanya cukup luas.

Dari gardu pandang ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang perbukitan hijau yang indah. Kontur perbukitan begitu jelas terlihat, berkelok dan, tinggi, serta tampak cekungan-cekungannya. Barisan perbukitan seperti benteng yang mengelilingi kawasan Pusuk Sembalun. Tampak juga petak-petak sawah Desa Sembalun yang tampak berkilau terkena sinar matahari.

Baca: TAMAN NARMADA LOMBOK Tiket & Daya Tarik

Mengunjungi Kampung Adat di Dusun Beleq

Desa Adat Dusun Beleq Sembalun
Desa Adat Dusun Beleq Sembalun. Foto: Gmap/Supii Liem

Dusun Beleq adalah satu satu dusun yang letaknya tak jauh dari Pusuk Sembalun. Desa ini sudah berdiri sejak 1257 Masehi. Merupakan salah satu desa bersejarah karena dusun ini merupakan yang pertama di Sembalun.

Ada tujuh rumah yang masih berdiri di dusun ini. Rumahnya pun masih tetap mempertahankan desain khas Lombok. Di mana tiang-tiang rumah terbuat dari bambu dan kayu dengan dinding dari anyaman, serta atap jerami. Lantainya terbuat dari tanah yang berlapis kotoran kerbau.

Meskipun berlapis kotoran kerbau, rumah ini tak bau serta tidak tampak kotor. Wisatawan pun dapat masuk ke salah satu rumah. Di mana pada bagian dalam dibedakan menjadi 2 ruangan. Yaitu bagian untuk ruang tamu dan tidur, dan bagian lainnya untuk menyimpan hasil panen, harta, dan peralatan.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Mendaki Bukit Selong di belakang Dusun Beleq

Pemandangan Indah dari Bukit Selong
Pemandangan Indah dari Bukit Selong. Foto: Gmap/lombok pirates

Berada di Dusun Beleq, sempatkan untuk mengunjungi Bukit Selong. Lokasinya berada di belakang Dusun Beleq. Selama perjalanan akan melewati hutan bambu yang lebat. Menurut warga, tanaman bambu ini berguna untuk menjaga air.

Untuk menuju Bukit Selong pun tak terlalu sulit, karena sudah tersedia anak tangga. Pemandangan di Bukit Selong pun tak kalah indahnya. Di mana wisatawan akan dimanjakan dengan sawah yang terhampar rapi dan indah. Terasering sawah juga tampak begitu menarik untuk dinikmati.

Tak hanya persawahan, wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang indah. Bahkan jika cerah, wisatawan juga dapat menyaksikan gagahnya Gunung Rinjani. Sungguh suguhan pemandangan yang memukau dan indah.

Baca: PANTAI KUTA Lombok Tiket & Aktivitas

Serunya Memetik Buah Stroberi

Di kawasan Wisata Pusuk Sembalun terdapat perkebunan buah stroberi. Wisatawan dapat mengunjungi perkebunan ini dan memetik buah stroberi. Kawasan yang sejuk menjadikan buah stroberi tumbuh dengan baik. Wisatawan dapat langsung memakan buah dari kebun.

Namun, jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga bisa. Hasil petikan stroberi akan ditimbang dan harganya akan mengikuti berat stroberi. Jika tidak sempat memetik buah, wisatawan juga dapat langsung membeli yang sudah dikemas. Lebih praktis dan lebih cepat.

Di kebun stroberi ini, wisatawan tak hanya dapat memetik buah stroberi. Tapi juga dapat berfoto di sekitar perkebunan. Kawasan yang hijau membuat wisatawan bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Apalagi suasana di sekitar juga masih sejuk.

Baca: PANTAI SEGER Lombok Tiket & Daya Tarik Memukau

Menikmati Terbit dan Tenggelamnya Matahari

Kabut yang Menutupi Sinar Matahari
Kabut yang Menutupi Sinar Matahari. Foto: Gmap/Erwin martua Harahap

Di Pusuk Sembalun, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit di pagi hari. Objek wisata yang dibuka 24 jam ini memungkinkan wisatawan untuk datang dini hari. Sembari bertemankan minuman hangat, menunggu matahari mulai muncul ke langit. Hingga warna keemasannya memecah gelapnya malam, dan berganti dengan birunya langit pagi.

Hawa sejuk mulai menghangat dengan adanya sinar matahari ini. Burung-burung pun berkicau menyambut indahnya pagi. Hamparan sawah yang tergenang air tampak berkilau disinari matahari pagi ini. Sungguh pemandangan yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Di sore hari, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Membawa suasana romantis, mengantar terangnya langit menuju malam. Sayangnya, pemandangan seperti ini hanya bisa didapatkan ketika cuaca sedang cerah. Dan wisatawan juga harus berhadapan dengan kabut yang sewaktu-waktu turun, sehingga menutupi pemandangan.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Lokasi Wisata Pusuk Sembalun Lombok

Objek wisata ini berlokasi di kaki Gunung Rinjani. Tepatnya di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 18

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini