Beranda Tiket Wisata

Taman Wisata Iman Sitinjo Tiket & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Wisata Iman : Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 06.00 - 18.30No. Telepon: -Alamat: Sitinjo I, Sitinjo, Dairi, Sumatra Utara, Indonesia , 22281

Taman Wisata Iman Sitinjo (TWI Sitinjo) merupakan salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten Dairi. Destinasi wisata ini disebut-sebut merupakan satu dari tujuh wisata paling unik dan langka di dunia. Kawasannya menyajikan wisata yang menggabungkan konsep wisata religi dengan wisata alam.

Taman Wisata Iman terletak di sebuah perbukitan di Kecamatan Sitinjo, Sidikalang. Kawasan ini menyuguhkan sejumlah tempat peribadatan dari agama-agama yang ada di Indonesia. Selain itu wisatawan bisa menyaksikan dan menikmati indahnya panorama alam Kabupaten Dairi.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Iman

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini pengunjung akan perlu menyiapkan biaya tiket masuk. Harga tiketnya cukup terjangkau dan lebih murah untuk tiket anak-anak.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp10.000
Anak-anak Rp5.000
Parkir
Roda Dua Rp2.000
Roda Empat Rp5.000
Penginapan Rp150.00 – 300.000
Penyewaan Aula Rp400.000

Baca: Tempat-tempat wisata terbaik di Dairi

Jam Buka Taman Wisata Iman

Waktu operasional Jam Buka
Senin – Minggu 06.00 – 18.30

Aktivitas dan Atraksi Wisata

Taman Wisata Iman Dairi Sumatera Utara berada di kawasan pernukitan Sitinjo - amos_st
Taman Wisata Iman Dairi berada di kawasan perbukitan Sitinjo – Foto : Instagram/amos_st

Taman Wisata ini sudah mulai perancangannya sejak tahun 2001 dengan gagasan dari Bupati Dairi DR MP Tumanggor. Gagasan tersebut terwujud dengan dialog bersama tokoh-tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Dairi. Sebagai realisasi dari rencana tersebut, ditetapkanlah perbukitan Sitinjo yang masih asri dengan hutan Pinus sebagai lokasinya. Kemudian peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2005 oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Keberadaan objek wisata ini memang sangat berharga dan tergolong aset penting bagi kemajuan daerah. Taman Wisata Iman Sitinjo selalu ramai kunjungan wisatawan. Daya tarik wisata religi dengan bangunan dan ornamennya yang cantik dengan latar panorama alam. Terlebih pada akhir pekan dan musim liburan, jumlah wisatawan bisa mencapai hingga 3.000 orang.

Baca: GUNUNG SIBUATAN Dairi Tiket & Aktivitas

Menikmati Kesejukan Bukit Sitinjo

Menikmati sejuknya udara di antara pepohonan yang tinggi menjulang di Taman Wisata Iman Dairi Sumatera Utara - siratumelalak
Menikmati sejuknya udara di antara pepohonan yang tinggi menjulang – Foto : GoogleMaps/siratumelalak

Taman Wisata Iman memberikan kesan eksotik yang menawan dari indahnya panorama alam kabupaten Dairi. Dari atas Bukit Sitinjo, wisatawan dapat menghirup sejuknya udara khas pegunungan yang bersih.

Sementara untuk suhu rata-rata berkisar 22°C dengan semilir angin yang cenderung terasa dingin. Sejak memasuki gerbang, suara burung-burung di pepohonan pinus terdengar merdu bersahutan.

Lokasi perbukitan taman ini masih tertutup hutan Pinus yang asri dan suasananya tenang. Kemudian terdapat sungai yang mengalir dari perbukitan, membelah rindangnya barisan pinus menambah daya tarik taman ini. Wisatawan dapat merasakan nuansa yang penuh kekhusyukan sehingga cocok untuk kegiatan perziarahan di kawasan perbukitan.

Baca: RUMAH POHON SIDIKALANG Tiket & Spot Foto Unik

Wisata Rohani Semua Agama

ornamen salib kristus di Taman Wisata Iman Sitinjo
Taman dengan ornamen bertemakan penyaliban Yesus – Foto : Isntagram/monica_hutagaol06

Bangunan-bangunan religius di atas lahan seluas setidaknya 130.000 m2 merupakan suguhan utama objek wisata ini. Bangunan rumah peribadatan hingga miniatur bangunan bersejarah berdiri megah di taman wisata ini. Tak jauh dari gerbang, wisatawan akan menemukan Vihara Saddhavana dengan banyak ukiran dan pahatan.

Kemudian memasuki lebih dalam, wisatawan dapat melihat hamparan luas ‘Taman Firdaus’ dengan bangunan ular raksasa. Di sisi kanannya, adegan-adegan peristiwa ‘Perjalanan Salib’ diimplementasikan dalam beragam patung berukuran besar. Selanjutnya, wisatawan akan menemui aliran sungai Lae Pandaroh dengan gua Bunda Maria pada tepiannya.

Menapaki jalan, terlihat taman Hindu dengan gapura dan pura bergaya arsitektur Bali. Kemudian terdapat taman yang luas dengan masjid berdiri kokoh dengan miniatur Ka’bah. Tempat ini merupakan lapangan manasik haji, penggambaran perjalanan umat muslim di tanah suci.

Baca: DANAU TOBA : 8 Atraksi & Wahana Wisata Seru

Menjelajah Keindahan Taman

Berjalan santai pada jogging track menjelajahi Taman Wisata Iman Dairi Sumatera Utara - rantonius_tinambunan
Berjalan santai pada jogging track menjelajahi Taman Wisata Iman – Foto : Instagram/rantonius_tinambunan

Kawasan Wisata Taman Iman memang sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Dengan panorama alamnya, wisatawan dapat mengajak anak-anak untuk menumbuhkan rasa cinta pada alam. Selain itu di dalam kawasan ini juga tersedia arena bermain dan fasilitas pendukung untuk wisata lainnya.

Wisatawan dapat menyusuri luasnya taman dengan berjalan santai pada jogging track. Ketika lelah bisa beristirahat di pondok-pondok kecil di beberapa titik taman. Selain untuk bersantai, pondok-pondok tersebut juga dapat digunakan untuk berteduh saat terik atau hujan.

Pendidikan Toleransi antar umat Beragama

bangunan vihara saddhavana
Taman Wisata Iman memiliki bangunan-bangunan peribadatan dari agama-agama yang diakui di Indonesia – Foto : Instagram/alfredosln03

Mengunjungi Taman Wisata Iman, diharapkan wisatawan semakin memahami dan mengagumi alam ciptaan Tuhan. Karena di sini menampilkan keberagaman bangunan tempat peribadatan agama-agama Indonesia yang berdiri kokoh berdekatan.

Simbol yang mewakili masing-masing agama juga berdampingan di dalam satu kawasan wisata. Keberadaan taman ini juga sebagai wujud kerukunan hidup antar umat beragama yang saling berdampingan.

Sebuah bentuk toleransi tergambar dengan membangun rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan agama. Wisatawan dari semua kalangan agama dipersilakan untuk mengunjungi area wisata ini. Hal tersebut tentunya memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan.

Berfoto dengan Latar Taman Wisata

bangunan keagamaan di TWI Sitinjo
Berfoto dengan latar bangunan di Taman Wisata Iman – Foto : Instagram/indrian_sunny19

Bangunan-bangunan peribadatan yang mewakili agama-agama di Indonesia menjadi latar favorit wisatawan untuk berfoto. Selain itu, banyak terdapat patung-patung dan ornamen taman yang unik dan menarik untuk diabadikan.

Berbagai latar memberikan titik-titik menawan sebagai area foto. Ditambah dengan keindahan panorama dari atas bukit Sitinjo, memberikan latar dramatis bagi hasil jepretan.

Treking ke Air Terjun Sampendabah

Air terjun Sampendabah berada di dalam area Taman
Treking ke air terjun Sampendabah menyajikan wisata petualangan dalam area Taman Wisata Iman – Foto : Instagarm/lumana_sibagariang

Taman Wisata Iman memiliki suasana yang asri dengan pepohonan menjulang tinggi. Tempat ini juga memiliki sisi eksotis lainnya dari sebuah air terjun tersembunyi. Air terjun yang memikat hati tersebut bernama Terjun Sampendabah.

Letak air terjun berada di dekat goa Bunda Maria. Untuk sampai ke lokasinya, wisatawan harus menuruni anak tangga yang cukup panjang dan tak mudah. Namun hal tersebut justru menambah nuansa petualangan saat melakukan treking menuju air terjun.

Curahan air yang jatuh cukup tinggi dan deras. Air yang mengalir masih bersih alami dan terasa sejuk cenderung dingin. Wisatawan bisa turun ke alirannya untuk merasakan kesegaran air yang berasal dari perbukitan ini.

Mencoba Sajian Kuliner

Area Taman Wisata Iman juga melengkapi fasilitas wisata dengan restoran serta mini market. Hawa dingin menggugah rasa lapar setelah berjalan-jalan menjelajah kawasan wisata. Wisatawan dapat memesan berbagai menu hidangan maupun aneka kudapan yang tersedia.

Acara & Kegiatan Keagamaan

Banyak kegiatan keagamaan dan aktivitas sakral lainnya yang membutuhkan tempat berkapasitas besar. Untuk mendukungnya, telah berdiri auditorium dengan aula besar yang dapat dipergunakan untuk kegiatan- kegiatan tersebut.

Aula tersebut memiliki daya tampung hingga 200 orang untuk penyelenggaraan berbagai acara. Misalnya pernikahan, pesta, misa bersama, maupun berbagai kegiatan kelompok lainnya dapat terselenggara di sini.

Menginap di Taman Wisata Iman Sitinjo

Di taman ini juga tersedia penginapan bagi yang ingin bermalam di lokasi wisata. Penginapan yang tersedia berupa 17 kamar asrama,  pemondokan, serta mes. Dengan menginap, wisatawan memiliki keleluasaan waktu untuk menjelajahi taman wisata.

Fasilitas Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman melengkapi areanya dengan satu bangunan untuk pos pengamanan di dalam taman. Pos tersebut merupakan tempat pengawasan serta mengontrol keamanan wisatawan.

Wisatawan juga dapat menemukan cendera mata di dalam kawasan taman wisata. Beberapa pedagang suvenir terlihat menjajakan oleh-oleh di area taman, salah satunya yaitu kacamata.

Lokasi dan Akses Taman Wisata Iman

Objek wisata ini berlokasi di Sitinjo I, Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22281. Dari Bandara Polinia Medan , jaraknya sekitar 154 kilometer atau sekitar empat jam perjalanan. Kemudian perjalanan berlanjut dari Sidikalang sekitar 10 Km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini