TERAS MALIOBORO 1, Lokasi, Jam Buka dan Pilihan Kuliner Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Teras Malioboro 1: Gratis
  • Jam Buka: 06.00–23.30
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55122

Teras Malioboro 1 ialah sebuah sentra perbelanjaan produk-produk khas Yogyakarta yang tergolong lengkap. Pedagang kaki lima yang dahulu berdagang di trotoar Malioboro telah direlokasi ke Teras Malioboro.

Daya tarik dari pusat belanja tersebut adalah konsep pengelolaannya yang sangat kekinian. Kebersihan dan kenyamanan tempatnya mirip seperti mall modern, bahkan terdapat lift serta eskalator.

Peresmian berlangsung pada 26 Januari 2022 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Areanya sudah terkelola dengan sangat profesional dan akan membuat aktivitas wisata belanja semakin semarak.

Selain sebagai pusat perbelanjaan, areanya juga sering melangsungkan berbagai gelaran acara. Misalnya festival Teras Malioboro, Pasar Ngabuburit, Festival Oleh-oleh dan lain sebagainya.

Sedangkan lokasinya sendiri tepat berada di seberang Pasar Beringharjo dan tak jauh dari Museum Benteng Vredenburg.

Harga Tiket Masuk Teras Malioboro 1

Wisatawan dapat memasuki Teras Malioboro 1 secara gratis. Dengan kata lain, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja beberapa spot parkirnya mungkin dikenakan biaya.

Baca: MALIOBORO Jalan Legendaris Wisata Yogyakarta

Jam Buka Teras Malioboro 1

Teras Malioboro 1 memiliki jam buka yang cukup panjang yakni dari jam 6 pagi hingga jam 11.30 malam. Jadi pengunjung bisa berlama-lama untuk keliling serta berbelanja. Menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan tersebut sangat menyenangkan. Karena bisa menemukan banyak barang-barang menarik serta kuliner murah meriah.

Beberapa Spot Menarik di Teras Malioboro 1

Ada empat spot yang wajib dikunjungi saat berada di pusat perbelanjaan ini. Karena tiap spot memiliki karakteristik tersendiri. Produk dagangan yang dijual pada tiap spot pun berbeda-beda.

Gedung A Belanja Fashion

Gedung A Teras Malioboro 1
Gedung A menyediakan berbagai barang-barang fashion. Foto: google maps/Daniel Wiyogo

Pada gedung utama ini menaungi sebanyak 712 tenant. Gedung menghadap ke timur arah matahari terbit. Jenis barang di gedung ini secara garis besar berbau fashion, kerajinan, dan oleh-oleh kue.

Gedung A terdiri dari tiga lantai. Di lantai 1 ada penjual baju lurik, blankon, kacamata, topi, sandal, dan kerajinan kulit. Pada lantai 2 ada busana batik, tas rajut, tas kanvas, pigura, batu mulia. Di lantai 3 ada kaos oblong dan bordir khas Jogja, bakpia, geplak, dodol, sentra sepatu.

Baca: KERATON YOGYAKARTA Tiket & Area Wisata

Gedung B Lokasi Kuliner Teras Malioboro 1

Suasana food court Teras Malioboro 1
Suasana food court dengan berbagai menu makanan dan kuliner. Foto: google maps/Suheri

Pada gedung B menaungi sebanyak 67 tenant. Gedungnya menghadap ke arah selatan dan keberadaannya di utara gedung A. Gedung B terdiri dari dua lantai. Terdapat angkringan, roti bakar, siomay, bakso & rames, bakmi jowo, nasi padang dan es buah.

Gedung B memiliki nuansa ala food court namun tetap mematok harga murah meriah. Menu dihargai mulai dari Rp8.000 ke atas sehingga tak usah ragu untuk mencoba. Selain murah juga tersedia bangku yang nyaman untuk tempat makan pengunjung.

Baca: RUMAH HANTU Malioboro Tiket Terjangkau Ada Kuntilanaknya

Gedung C Sentra Kuliner Teras Malioboro

Pada gedung C menaungi sebanyak 52 tenant. Letaknya ada di sebelah utara gedung A dan terdiri dari dua lantai. Terdapat kuliner pecel lele, soto ayam, dan jajanan lain. Ada pula minuman segar, minuman rempah, boba, wedang ronde, jeruk baby.

Gedung C mirip agak mirip dengan gedung B yang sama-sama merupakan sentra kuliner. Banyak makanan ringan hingga makanan berat yang tersedia. Spot ini sepertinya akan cocok bila menjadi pilihan tempat berbuka puasa.

Baca: TAMAN PINTAR Yogyakarta Tiket & Wahana

Selasar Gedung D (Outdoor)

Kuliner outdoor di Teras Malioboro 1
Pusat Kuliner yang berada di luar gedung. Foto: google maps/Rianthie Hanazk

Satu-satunya spot belanja luar ruangan di Teras Malioboro 1 adalah Selasar Gedung D. Para pedagang kaki lima juga memanfaatkan area ini untuk berjualan. Selasar Gedung D merupakan sentra kuliner. Wisatawan dapat menjumpai pedagang gudeg, pecel Jogja, puthu, onde-onde, lumpia, cendol dawet.

Meski berada di luar ruangan, namun fasilitas untuk pengunjung tetap jadi nomor satu. Tersedia meja, kursi, serta payung outdoor yang melindungi dari panas matahari. Sehingga pengunjung bisa menyantap hidangan senyaman mungkin.

Banyak Spot Foto

Teras Malioboro 1
Bangunan gedung yang terlihat cantik . Foto: google maps/Teras Malioboro 1

Penataan tempat sangat rapi dan jauh dari kata semrawut. Tempat tersebut memiliki sejumlah tempat berfoto yang menarik bagi wisatawan.

Di luar gedung terdapat ornamen tulisan kutipan kata-kata unik tentang Jogja. Ornamen berlampu itu menyala saat malam hari dan sangat cantik untuk menjadi latar foto.

Banyak pula wisatawan yang berfoto di depan gedung A sebagai spot ikonik. Karena adanya tulisan aksara jawa yang menjadi ciri khas tempat wisata ini. Selain itu, berfoto di lorong food court juga tidak kalah kerennya.

Live Music Setiap Malam Minggu

Pada hari-hari tertentu di pusat perbelanjaan ini juga ada live music. Biasanya berlangsung setiap malam minggu di mana pada saat itu pengunjungnya akan semakin ramai. Pengadaan live music khusus untuk menghibur para pengunjung yang datang ke sana.

Fasilitas

Demi kenyamanan pengunjung, maka pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai. Seperti musala dan toilet gratis untuk pengunjung.

Ada pula fasilitas lift, eskalator, serta opsi tangga manual yang bisa pengunjung gunakan. Tersedia troli barang supaya wisatawan lebih mudah membawa barang belanjaannya.

Sementara untuk fasilitas parkir, wisatawan bisa memilih yang terdekat. Boleh memarkirkan kendaraan di parkir Selatan Pasar Beringharjo atau di Jalan Beskalan.

Dapat pula memarkir di depan Taman Pintar atau di depan Shopping Center TBY. Terakhir yakni fasilitas keamanan yang terjamin sebab terdapat beberapa petugas keamanan yang berjaga.

Lokasi Teras Malioboro 1

Pusat Perbelanjaan ini berlokasi di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan. Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Teras Malioboro 1 sangat mudah diakses karena berada di Pusat Kota Yogyakarta. Dari Jalan Malioboro ke lokasi hanya perlu berjalan 750 meter saja.

Ulasan Pembaca

4.8 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *