Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Harga Tiket: Rp2.000 - Rp7.500 Jam Buka: 08.00 - 14.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan,Kraton,Yogyakarta,DI Yogyakarta,Indonesia,55132.

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon wisata bersejarah di Yogyakarta selain Candi Borobudur. Keraton yang merupakan istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. kompleks keraton kini sebagian beralih fungsi sebagai museum benda-benda koleksi milik kesultanan.

Keraton Yogyakarta masih menjaga warisan budaya seperti kegiatan upacara adat, dan benda-benda kuno lainnya. Nilai-nilai filosofi dan mitologi masih melingkupi kehidupan di Keraton Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah. Harga tiket masuk diberlakukan sama baik untuk kunjungan hari biasa maupun akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta
Tiket DomestikRp7.500
Izin BerfotoRp2.000

For foreign tourist you can check all about Yogyakarta Royal Palace (Keraton) on this article.

Baca: Candi Prambanan Tiket & Aktivitas

Jam Buka Keraton Yogyakarta

Sejak Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang berkunjung. Mulai dari wisatawan domestik hingga mancanegara datang untuk mengetahui isi seluruh Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta dibuka setiap hari dari pagi hingga siang hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 14.00 WIB
Jumat08.00 – 12.00 WIB
Selama Ramadhan 2019
Sabtu Kamis08.30 – 12.30 WIB
Jumat08.30 – 11.30 WIB

Area Keraton Yogyakarta Sayang Dilewatkan

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta merupakan hasil karya Sultan Hamengkubuwana I, sebagai kepala arsitek dan pendiri kesultanan Ngayogyakarta. Kemampuannya dalam bidang arsitek telah diakui oleh ilmuwan dari bangsa belanda. kompleks ini menjadi salah satu contoh arsitektur istana jawa terbaik.  Dilengkapi dengan lapangan dan paviliun luas istana ini juga memiliki tujuh balairung mewah.

Hal yang pertama kali terlintas ketika berkunjung ke sini adalah menyusuri seluruh bagian istana. Bagi wisatawan mengunjungi situs bersejarah yang masih berfungsi seperti sediakala merupakan pengalaman tak terlupakan. Walaupun sebagian beralih fungsi menjadi museum, fasilitas umum, dan permukiman.

Baca: Taman Sari Tiket & Aktivitas

Gapura gladag-pangurakan Gerbang Masuk Keraton Yogyakarta

gapura pintu masuk kraton Yogyakarta
Gapura pintuk masuk ke kawasan Kraton.

Merupakan gerbang utama memasuki kompleks Keraton Yogyakarta dari arah utara. Gerbang ini dulu berfungsi sebagai tempat penyerahan daftar jaga dan tempat pengusiran.

Kompleks alun-alun utara

Terdapat di bagian utara Keraton Yogyakarta, yang kini luasnya semakin dipersempit. Lokasi ini digunakan untuk acara rakyat dan kerajaan yang melibatkan mayarakat sekitar. Pada hari-hari biasa digunakan sebagai area parkir dan sepak bola oleh warga sekitar.

Baca: Taman Pelangi Yogya Tiket & Aktivitas

Masjid gedhe

Merupakan masjid raya kesultanan yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. kompleks yang lebih dikenal dengan masjid gedhe kauman ini dikelilingi oleh dinding yang tinggi. Bangunan induk berbentuk menyerupai tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga.

Kompleks pagelaran

kompleks ini merupakan bangunan utama yang dulu dikenal sebagai Tratag Rambat. Kini difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan even-even pariwisata, religi dan upacara adat keraton lainnya.

Baca: Candi Borobudur Tiket & Aktivitas

Kompleks siti hinggil ler

kompleks ini digunakan untuk menyelenggarakan upacara-upacara resmi kerajaan. kompleks ini letaknya lebih tinggi dari tanah disekitarnya, dan terdapat deretan pohon gayam.

kompleks sri manganti

koleksi gamelan alat musik tradisional jawa
Beberapa koleksi alat musik tradisional jawa seperti gamelan bisa dilihan di istana kesultanan Yogyakarta.

Terletak di sebelah selatan kompleks kamandhungan ler yang terhubung dengan regol sri manganti . kompleks ini difungsikan sebagai tempat menyimpan pusaka keraton dan alat-alat musik gamelan. Terkadang juga difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan even pariwisata keraton.

Kompleks kamandungan ler

Lebih dikenal dengan Keben karena terdapat pohon keben di halamannya. Ditengah-tengah terdapat bangunan bangsal ponconiti yang menjadi bangunan utama. Bangsal ini kini difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan acara adat seperti garebeg dan sekaten.

Kompleks siti hinggil kidul (sasana hinggil)

Siti hinggil yang lebih dikenal dengan Sasana Hinggil Dwi Abad berada di sebelah utara alun-alun Kidul. Sekarang difungsikan untuk pagelaran seni pertunjukan sepeti wayang kulit, pameran dan sebagainya.

Kompleks kamagangan

kompleks ini memiliki gerbang dengan patung dua ekor ular yang menjadi simbol tahun berdirinya keraton. Di kompleks ini terdapat Bangsal Magangan yang berada ditengah halaman. Berfungsi sebagai tempat upacara Bedhol Songsong dan pertunjukan wayang kulit.

Kompleks kedhaton

bangunan kraton yogyakarta
bangunan kraton

kompleks ini merupakan pusat dari keraton keseluruhannya.Terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pertama merupakan pelataran kedhaton yang merupakan bagian sultan. Bagian kedua merupakan bagian istri dan puteri sultan, dan terakhir bagian putra sultan. kompleks ini tidak semua dibuka untuk umum, terutama dari bangsal kencono hingga ke arah barat.

Kompleks kamandhungan kidul

kompleks ini memiliki bangunan utama Bangsal Kamandhungan. Di sisi selatan berdiri gerbang, Regol Kamandhungan, yang menjadi pintu paling selatan.

Alun-alun kidul

Berada di selatan area, yang menjadi pusat hiburan rakyat. Jika malam lokasi ini dipenuhi dengan pengunjung yang menikmati hidangan di angkringan. ditengah alun-alun terdapat dua beringin besar yang menjadi mitos masyarakat.

Plengkung nirbaya (plengkung gadhing)

Merupakan ujung selatan poros utama dari area Keraton. Gerbang ini digunakan untuk rute keluar pada prosesi panjang pemakaman sultan ke Imogiri. Lokasi ini tidak dibuka untuk umum.

Jadwal Kegiatan menarik di Keraton Yogyakarta

Selain berkeliling menyusuri bangunan-bangunan yang ada dalam istana, pengunjung dapat menyaksikan beberapa pertujukan didalam istana. Pertunjukan ini rutin digelar di istana dengan jam dan hari yang telah ditentukan. Adapula pertunjukan berupa upacara adat yang diselenggarakan untuk memperingati hari-hari tertentu.

  • Pertunjukan Gamelan pada hari senin dan selasa pukul 10.00-12.00 WIB
  • Pertunjukan Wayang Kulit pada hari sabtu pukul 09.00-13.00 WIB
  • Pertunjukan Tarian pada hari minggu dan kamis pukul 19.00-12.00 WIB
  • Pembacaan Puisi pada hari jum�at pukul 10.00-11.30 WIB
  • Pertunjukan Wayang Golek pada hari rabu pukul 09.00-12.00 WIB

Lokasi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat Kota Yogyakarta akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke istana kesultanan ini.
Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here