Berwisata sambil menambah wawasan sejarah indonesia di Jogja, Museum Benteng Vredeburg tempatnya. Berlokasi disekitar jantung kota Yogyakarta tepatnya disisi utara Kraton Yogyakarta. Bangunan yang berdiri sejak 1765 ini menjadi salah satu cagar budaya.

Bangunan bersejarah yang berdiri di atas tanah  ± 2100 m² ini dulunya merupakan benteng pertahanan.  Benteng Vredeburg menjadi saksi perjuangan rakyat melawan penjajah. Di tahun 1985 Benteng Vredeburg beralih fungsi menjadi museum. Didalam museum ini terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa realia maupun replika.

Harga Tiket Museum Benteng Vredeburg

Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat ramah dikantong. Pengunjung akan dikenakan biaya antara Rp. 2000 hingga Rp. 10.000.

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg
AnakRp2.000
DewasaRp3.000

Baca: Museum MERAPI Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Jam Buka Museum Benteng Vredeburg

Jika berkunjung ke Museum pastikan untuk tidak datang pada hari senin. Museum ini tutup pada hari senin dan Idul Fitri/Adha.

Jam Buka
Selasa-Kamis07:30 – 16:00 WIB
Jum’at-Minggu07:30 – 16:30 WIB

Hari Libur Nasional tetap buka (kecuali senin atau Idul Fitri/Adha)

Aktivitas Menarik Di Museum Benteng Vredeburg

pintu masuk benteng vredeburg
pintu masuk benteng vredeburg.foto:/instagram/museum.benteng.vredeburg

Museum bersejarah ini semakin berinovasi untuk menarik minat pengunjung. Melalui program – program yang ditawarkan kini museum ini menjadi tempat favorit anak-anak dan remaja.

Pengunjung kini bisa mengunduh aplikasi Artefak sebagai panduan saat berkunjung ke museum. Dengan aplikasi ini pengunjung bisa menjelajahi diorama ke diorama sambil scan koleksi.

Di museum ini aplikasi hanya bisa digunakan di Diorama II dan Diorama III. Hanya dengan scan barcode yang tertera pengunjung akan menerima keterangan hasil scan.

Baca: Museum Ullen Sentalu Tiket & 3 Aktivitas Top

Koleksi Diorama Museum Benteng Vredeburg

Ketika memasuki museum, pengunjung akan disuguhkan berbagai koleksi diorama. Ada 4 diorama yang dipamerkan, antara lain;

Diorama I: Terdiri dari 11 minirama yang menggambarkan peristiwa periode Pangeran Diponegoro sampai masa pendudukan Jepang di Yogyakarta.

diorama I
diorama I

Diorama II : Terdiri dari 19 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah proklamasi kemerdekaan hingga dengan agresi militer Belanda di Indonesia

Ruang Diorama II-
Ruang Diorama II

Diorama III : Terdiri dari 18 minirama yang menggambarkan peristiwa penjanjian Renville hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat.

Diorama IV : Terdiri dari 7 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah periode Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga pada masa Orde baru.

Ruang pamer diorama IV
Ruang pamer diorama IV

Jelajah Malam

Untuk kegiatan ini pengunjung akan dibatasi. Prosesnya cukup mudah dengan mendaftarkan diri melalui akun instagram resmi Museum. Kegiatan ini merupakan konsep terbaru untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme. Sasaran utamanya adalah anak – anak muda, untuk yang usia lanjut juga diperbolehkan.

Aktifitas jelajah malam di museum benteng vredeburg
Aktifitas jelajah malam di museum

Kegiatan Jelajah Malam Museum dikemas dalam bentuk game berkelompok. Sambil menikmati suasana malam Gedung kolonial, pengunjung akan belajar sejarah bangsa Indonesia.

Layanan Publikasi

Museum ini kini menambah fasilitas Layanan Publikasi. Fasilitas ini berupa alat musik untuk media ekspresi seni bagi sahabat museum. Menggandeng beberapa siswa berbakat dari sekolah musik ternama di Yogyakarta untuk mengisi fasilitas ini.

layanan publikasi yang disediakan di benteng vredeburg
layanan publikasi yang disediakan di benteng vredeburg

Pengunjung yang hadir-pun dapat menikmati pertunjukan seni musik di Layanan Publikasi. Layanan ini merupakan bentuk inovasi terwujudnya pelayanan edukasi yang menyenangkan di museum.

Senam sehat

Setiap hari jumat pagi, di museum ini menyelenggarakan senam sehat. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh karyawan/karyawati Museum. Senam pagi ini terbuka bagi pengunjung yang ingin melemaskan otot-otot yang tegang. Dipandu dengan instruktur senam yang handal pengunjung akan merasakan tubuh semakin bugar.

Senam sehat di halaman museum
Aktivitas senam sehat di halaman Museum.

Spot Foto Bergaya Klasik

Posisi museum berada ditengah pusat wisata kota yogyakarta. Lokasi yang strategis akan menarik banyak wisatawan, terlebih karena gaya arsitektur bangunannya. Pengunjung seolah dibawa ke era kolonial Belanda.

spot foto terbaik
Spot foto terbaik juga bisa didapat di sekitar area museum.

Ciri khas bangunan benteng berdinding tebal dan parit mengelilingi dilengkapi bastion di keempat sudutnya. Tak heran jika banyak pengunjung mengabadikan dalam bentuk foto. Bahkan ada yang rela menyiapkan dress-code untuk mendapatkan kesan klasik.

Fasilitas Museum Benteng Vredeburg

Fasilitas yang tersedia di museum juga cukup lengkap untuk menjamin kenyaman pengunjung. Toliet bersih, musala, ruang audio visual, kantin, hingga cafe.

Alamat Museum Benteng Vredeburg

Museum bersejarah ini berada di tengah kota Yogyakarta. Lokasinya tidak berada jauh dari Keraton Yogyakarta tepatnya di Jl. Jend. A. Yani No 6, Yogyakarta 55224, Indonesia.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,83 / 36 pembaca