Beranda Tiket Wisata

Jogja National Museum Wisata Seni Kontemporer - Oktober 2020

Jogja National Museum
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 09.00 - 16.00 No. Telepon: 0274586105. Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen,Wirobrajan,Yogyakarta,DI Yogyakarta,Indonesia,55167.

Sebagai Kota Seni dan Budaya, Jogja memiliki banyak galeri, mulai dari galeri kecil hingga yang besar. Salah satunya yang cukup dikenal luas baik oleh wisatawan maupun seniman adalah Jogja National Museum.

Secara historis, bangunan museum memiliki sejarah panjang di dunia kesenian, khususnya seni rupa. Betapa tidak, bangunan museum seni kontemporer dulunya adalah adalah bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Melihat sejarah panjang itu, tak heran jika museum seni ini kini menjadi tempat prestisius bagi gelaran-gelaran pameran seni, khususnya seni kontemporer. Salah satu event seni rupa kontemporer bergengsi yang sudah beberapa tahun terakhir di Jogja National Museum adalah Biennale Jogja.

Koleksi seni kontemporer JNM
Berbagai koleksi seni kontemporer bisa dilihat di museum ini. Foto: Google Maps/R Hermawan

Tak hanya itu, gelaran pameran seni yang termasuk sebagai salah satu event terbesar di Indonesia, yakni ArtJog juga memilih tempat ini sebagai lokasinya. Itulah sebabnya tak heran jika galeri ini menjadi salah satu kiblat seni rupa kontemporer di Jogja, bahkan di Indonesia.

Tiket Masuk Jogja National Museum

Museum ini sejatinya tak memiliki tiket masuk secara khusus. Artinya, wisatawan bisa masuk ke museum ini secara cuma-cuma.

Hanya jika sedang ada event pameran seni atau semacamnya, baru pihak panitia event membuka loket masuk. Tentu saja tarifnya berbeda-beda, sesuai dengan skala event yang sedang digelar.

Jam Buka

Galeri sekaligus museum seni kontemporer ini buka setiap hari, sejak pagi hingga sore hari.

JAM BUKA*
HariJam
Senin – Minggu09.00 WIB – 16.00 WIB

*Jam buka bisa berubah sewaktu-waktu tergantung acara yang sedang berlangsung.

Baca: 5 Museum Unik Di Yogyakarta

Menikmati Artistik Museum Seni Bergengsi di Jogja

Salah satu sudut galeri Jogja National Museum
Beberapa karya seni rupa dipamerkan di Jogja National Museum. Foto: Google Maps/Dimas Suyatno

Jogja National Museum berdiri di atas lahan seluas sekitar 1,4 hektare. Dengan lahan yang cukup luas, pengelola mendirikan sejumlah bangunan lain yang tidak hanya berfungsi sebagai galeri seni, namun memiliki fungsi lain, tentunya tetap berkaitan dengan kesenian, terutama seni rupa kontemporer.

Bangunan utama, tentu saja yang menjadi ikon museum ini difungsikan sebagai galeri. Bangunan inilah yang kerap menjadi venue pameran-pameran seni bergengsi.

Baca: Museum Ullen Sentalu Tiket & Aktivitas

Akan tetapi jika sedang tidak ada event pameran, galeri utama ini menampilkan sejumlah koleksi karya seni kontemporer milik museum. Koleksi-koleksi yang dipamerkan itu tidak hanya sebagai pajangan, tetapi juga dijual secara komersil, bahkan ada beberapa yang dilelang untuk amal.

Mengenal Seni Kontemporer

Karya seni rupa kontemporer di Jogja National Museum
Pengunjung bisa mengenal beragam karya seni rupa kontemporer. Foto: Google Maps/Naufal Ilham Sutianto

Secara umum, Jogja National Museum hadir sebagai sebuah museum yang menampilkan beragam karya seni kontemporer unik dan berkualitas tinggi. Museum ini sangat cocok bagi para mahasiswa atau pengunjung umum yang tertarik karya seni kontemporer.

Itulah sebabnya, bagi wisatawan yang menggemari karya-karya seni kontemporer berkualitas, tak ada salahnya jika berkunjung ke museum ini. Setidaknya, museum ini bakal menawarkan suasana berbeda bagi wisatawan.

Menikmati Karya Seni Tanpa Batas

Seniman sibuk menyiapkan karya mereka di Jogja National Museum
Tak hanya seniman besar, para seniman muda juga mendapatkan ruang untuk berpameran di Jogja National Museum. Foto: Google Maps/cotim mamen

Meski kerap dipakai pameran dengan karya-karya seni kontemporer berkualitas tinggi, namun museum ini bukan berarti lantas bak berdiri di menara gading. Museum ini juga menampilkan beragam karya seni dari seniman-seniman yang belum bernama besar maupun masyarakat awam sekalipun.

Inilah poin plus museum ini jika dibandingkan galeri lainnya. Di tengah banyaknya event pameran yang menampilkan karya-karya seniman besar di museum ini, ternyata masih tersedia ruang bagi seniman muda dan masyarakat awam untuk menampilkan karyanya.

Baca: Museum Benteng VREDEBURG Tiket & Koleksi

Berbelanja Suvenir Cantik

Salah satu suvenir artistik yang dijual di Jogja National Musem
Suvenir artistik nan cantik yang dijual di salah satu event yang digelar. Foto: Instagram/woodapple_project

Selain menampilkan karya seni kontemporer, wisatawan yang berkunjung ke museum ini juga bisa membawa pulang aneka suvenir menarik. Tentu saja, suvenir yang dijual di Art Shop Jogja National Museum adalah suvenir yang bercorak seni kontemporer.

Bersantai di Kantin Artistik yang Asyik

Panggung yang ada di area kantin Jogja National Museum
Kantin yang asyik dengan properti nan artistik . Foto: Google Maps/Mio Figlio

Lelah berkeliling galeri menikmati karya seni yang berestetika tinggi, saatnya wisatawan bersantai di kantin yang berada di bagian belakang kompleks museum. Konsep yang ditawarkan pengelola pun bakal membuat pengunjung betah berlama-lama berada di kantin tersebut.

Baca: Museum Merapi Tiket & Aktivitas

Selain kuliner yang beragam, pengunjung juga bakal dibuat betah dengan desain kantin yang sengaja di-setting dengan artistik unik. Dengan begitu, kantin tetap jadi bagian yang tak terpisahkan dari konsep Jogja National Museum sebagai museum dan galeri seni.

Berproses bersama Seniman

Seniman residensi tengah berproses bersama menghasilkan karya seni
Tak hanya karya yang sudah siap pamer, Jogja National Museum juga jadi tempat berproses bersama para seniman. Foto; Google Maps/Adib Fajariyanto

Tak hanya fokus sebagai galeri, museum ini juga memberikan ruang bagi siapapun yang ingin berproses dan mengasah kemampuan berkeseniannya. Melalui ruang workshop, siapapun bisa ikut dalam diskusi-diskusi menarik seputar kesenian dan perkembangannya.

Terlebih museum ini juga memiliki program art in residence. Program ini terbuka bagi seniman lokal maupun internasional untuk mengakses berbagai galeri dan tempat pertunjukan di museum tersebut.

Pameran Seni Bergengsi di Jogja National Museum

Jogja National Museum saat jadi venue ArtJog 2019
Jogja National Museum kerap menjadi tempat digelarnya event pameran seni bergengsi, salah satunya adalah ArtJogj 2019. Foto: Google Maps/Anggia Zai

Jogja National Museum menjadi salah satu galeri besar di Jogja yang kerap dipilih sebagai venue pameran-pameran seni rupa kontemporer bergengsi. Beberapa yang jadi langganan adalah ArtJog dan Biennale Jogja.

Melalui agenda-agenda seni bergengsi itu, wisatawan berkesempatan menjadi saksi atas karya-karya monumental dari banyak seniman besar. Tak heran jika JNM kerap jadi rujukan bagi siapapun yang hendak berburu karya-karya seni kontemporer berkualitas.

Rute dan Lokasi Menuju Jogja National Museum

Museum dan galeri ini berada di Jalan Amri Yahya No.1, Gampingan, Kecamatan Wirobrajan, Jogja. Lokasinya yang berada tak jauh dari pusat Kota Jogja memudahkan wisatawan yang hendak menuju ke sana.

Dari kawasan Malioboro, museum dan galeri ini hanya berjarak sekitar 1,6 kilometer. Untuk menuju ke museum, dari kawasan Titik Nol Kilometer, wisatawan cukup mengarah ke barat, setibanya di simpang empat kedua, wisatawan harus berbelok ke kanan.

Beberapa meter dari situ, wisatawan harus belok lagi ke kanan, ke arah Jalan Amri Yahya. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Jogja National Museum, wisatawan dapat menghubungi nomor telp (0274) 586105.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini