Beranda Tiket Wisata

WISATA KLOTOK Sungai Martapura Tiket & Aktivitas - Oktober 2020

Klotok Wisata
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp50.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan siring tendean,Gadang,Banjarmasin,Jawa Barat,Indonesia,70236.

Wisata Klotok adalah kegiatan susur sungai menggunakan perahu di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini menawarkan pengalaman seru menikmati keindahan pemandangan Sungai Martapura di atas perahu.

Sejumlah pemandangan indah yang bisa disaksikan yakni aktivitas pasar apung. Tak kalah indah juga permukiman penduduk Kampung Hijau dan Biru yang desainnya unik. Pengunjung juga bisa menginjakkan kaki di beberapa tempat wisata menarik lainnya.

Harga Tiket Wisata Klotok

Keberangkatan Wisata Klotok dimulai dari sebuah dermaga. Sehingga, setiap wisatawan tidak dipungut biaya tiket masuk. Namun, untuk fasilitas perahunya tentu saja dikenakan tarif tertentu.

Harga Tiket Masuk
AnakGratis
DewasaGratis
Trip Perahu Klotok
Kampung Hijau dan BiruRp 10.000
Museum WasakaRp 15.000
Makam Habib BasirihRp 15.000
Pasar ApungRp 30.000
Pulau BekantanRp 50.000
Jembatan BaritoRp 50.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Banjarmasin

Jam Operasional Wisata Klotok

Kegiatan Wisata Klotok sebaiknya dilakukan pada pagi hari, usai Subuh. Karena kegiatan warga yang berlalu lalang di pasar apung sangat sayang untuk dilewatkan.

Jam Buka
Setiap HariPagi – malam

Daya Tarik Wisata Klotok Keliling Sungai Martapura

wisata klotok dengan naik kelotok keliling sungai martapura
Wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar sungai Martapura menggunakan perahu Klotok. Foto: Instagram/explore banjar

Seperti namanya, wisata ini membutuhkan perahu khas Kalimantan Selatan bernama Klotok. Pihak pengelola tentu saja sudah menyiapkan perahu Klotok untuk pengunjung. Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan dengan perahu Klotok.

Menyaksikan Kegiatan Warga Kampung Hijau dan Biru

Kampung Hijau dan Biru merupakan kumpulan rumah-rumah warga di bantaran sungai Martapura. Kampung ini tampak sangat atraktif jika dilihat dari atas perahu Klotok. Rumah-rumah di kampung tersebut tampak unik dan mencolok karena dicat dengan warna biru.

Baca: Waterboom Pesona Modern Banjarmasin Tiket & Wahana

Hunian bercat biru tersebut dilengkapi dengan tanaman hias. Warga setempat menata tanaman menjadi bentuk vertikal yang cantik. Sehingga, warna hijau dari taman vertikal tersebut tampak menyejukkan mata.

Tour Sungai Martapura

Kegiatan selanjutnya yakni berkeliling Sungai Martapura di atas perahu Klotok. Pengunjung akan diajak berputar-putar di atas sungai ikonik tersebut. Perjalanan pulang pergi selama 45 menit tersebut akan membuat mata pengunjung puas.

Melihat Pasar Apung Banjarmasin

Para pedangang pasar apung menjajakan dagangannya bagian dari wisata klotok
Serunya melihat transaksi jual beli di pasar apung Foto: Google Maps/Marwan Mohamad

Pasar apung di Kalimantan Selatan sangat populer di kalangan pengunjung. Sehingga, sangat disayangkan jika tidak menyaksikannya saat berwisata Klotok. Untuk menjumpai pasar apung, pengunjung harus datang di pagi hari.

Baca: Waterboom Banua Anyar Banjarmasin Tiket & Wahana

Menyaksikan warga setempat bertransaksi di atas perahu terlihat sangat menyenangkan. Pasar apung yang bisa disaksikan yakni di Kuin, Banjarmasin Utara. Tak hanya itu, pasar apung lain berada di Lok Baintan Sungabatuk, Kabupaten Banjar.

Kedua pasar tersebut biasanya dimulai setelah Subuh. Sedangkan selesainya transaksi di kedua pasar tersebut sekitar jam 9 pagi. Sehingga, pengunjung harus memanfaatkan waktu yang singkat tersebut dengan sebaik-baiknya.

Melihat Bekantan di Pulau Bakut

Dengan menaiki perahu Klotok, pengunjung juga akan diajak melihat bekantan. Untuk menyaksikan primata ini, pengunjung akan dibawa ke Pulau Bakut. Pulau ini terletak di bawah jembatan Barito.

Pulau ini merupakan tempat tinggal asli bekantan Kalimantan Selatan. Tak heran jika, pengunjung akan menemui banyak bekantan di sana. Sebaiknya, berhati-hati saat berinteraksi dengan bekantan agar tidak terluka.

Menyusuri Jembatan Barito

Jembatan Barito membentang di atas sungai Barito
Wisatawan bisa menjejakkan kaki di jembatan Barito dengan perahu Klotok
Foto: Google Maps/ Siti Rahma Rudiyah

Jembatan Barito merupakan salah satu landmark khas Kalimantan Selatan. Jembatan yang satu ini membentang di atas Pulau Bakut. Tak ada salahnya menginjakkan kaki di tempat ini setelah dari Pulau Bakut.

Berkunjung ke Museum Wasaka

Agak jauh dari dermaga, terdapat Museum Wasaka yang menarik untuk dikunjungi. Museum ini berada di Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin Timur. Namun pengunjung perlu mengeluarkan dana lebih untuk mencapai museum ini.

Museum Wasakan menyajikan koleksi yang menggambarkan perjuangan rakyat Banjarmasin melawan penjajah. Ada banyak benda sejarah yang menceritakan perlawanan penduduk setempat terhadap Belanda dan Jepang.

Wisata Religi di Makam Habib Basirih

Wisata Klotok tak hanya menyediakan sarana rekreasi saja. Namun, perahu Klotok juga bisa menjadi sarana transportasi wisata religi. Salah satu tempat wisata religi yang terkenal adalah Makam Habib Basirih. Di tempat tersebut, pengunjung dapat melalukan ziarah kubur dan kegiatan rohani lainnya.

Menikmati Senja di Atas Klotok

panorama sungai martapura di sore hari
Pengunjung bisa menyaksikan pesona sungai martapura saat matahari mulai tenggelam
Foto: Instagram/explore banjar

Petang hari juga tak kalah seru untuk melakukan Wisata Klotok. Karena senja hari akan menampilkan langit jingga yang menawan. Sungai Martapura akan terlihat mempesona diterpa pantulan sinar matahari yang mulai tenggelam.

Fasilitas

Pihak pengelola Wisata Klotok menyediakan fasilitas lengkap untuk pengunjung. Fasilitas utama yang disediakan tentu saja perahu Klotok. Ada juga perahu mesin untuk perjalanan yang lebih jauh.

Lokasi Wisata Klotok

Lokasi Wisata Klotok berada di Jalan Sudirman, Siring Banjarmasin. Lokasi ini terbilang strategis dari kota di sekitarnya. Sejumlah kota di sekitarnya yaitu Banjarbaru, Martapura, dan lain-lain. Pengunjung bisa berangkat dari beberapa kota di atas untuk menuju lokasi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini