Beranda Tiket Wisata

PULAU KEMBANG Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pulau Kambang
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp7.500 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sungai Rangas,Martapura Barat,Barito Kuala,Kalimantan Selatan,Indonesia,70582.

Pulau Kembang merupakan daratan kecil yang berada di tengah sungai Barito. Pulau kecil ini memiliki luas sekitar 60 hektar. Obyek wisata ini menjadi tempat tinggal asli monyet dan sejumlah jenis burung.

Pengunjung bisa berinteraksi dengan monyet-monyet yang berada di lokasi. Pemandangan sekitar yang dipenuhi pohon-pohon juga akan memanjakan mata. Pulau Kembang kental akan mitos dan sejarahnya. Tak heran jika pulau ini sering dijadikan wisata religi bagi etnis tertentu.

Harga Tiket Masuk Pulau Kembang

Petugas sudah bersiap di tepi dermaga untuk menarik biaya tiket masuk. Untuk masuk ke obyek wisata ini pengunjung tidak dibebani harga tiket yang mahal.

Harga Tiket MAsuk
Wisatawan Lokal
Senin – JumatRp 5.000
Sabtu dan MingguRp 7.500
Hari Libur NasionalRp 7.500
Wisatawan Mancanegara
Senin – JumatRp 100.000
Sabtu dan MingguRp 150.000
Hari Libur NasionalRp 150.000

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Banjarmasin

Jam Buka

Jadwal berkunjung paling tepat ke Pulau Kembang adalah pagi hari. Karena di pagi hari udara belum panas. Sehingga, pengunjung bisa lebih puas beraktivitas di lokasi.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Di Pulau Kembang

Pintu masuk pulau Kembang yang menyambut pengunjung
Penampakan pintu masuk pulau Kembang yang menyambut pengunjung
Foto: Google Maps/ channel S

Ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di Pulau Kembang. Terutama bermain dengan ribuan monyet yang mendiami pulau tersebut. Sehingga, pengunjung bisa betah seharian seru-seruan di obyek wisata ini.

Melihat Aktivitas Keseharian Warga

Perjalanan menuju pulau Kembang bisa ditempuh menggunakan perahu klotok. Jalur air ini menjadi favorit pengunjung. Karena pengunjung bisa mengalami pengalaman yang lebih menyenangkan.

Pengunjung akan puas dengan panorama aktivitas warga setempat di bantaran sungai. Serunya lagi, pengunjung bisa menjumpai anak-anak bermain di sungai dengan riang gembira. Momen-momen tersebut bisa diabadikan ke dalam kamera sebagai kenang-kenangan.

Baca: WISATA KLOTOK Sungai Martapura Tiket & Aktivitas

Berkeliling Menikmati Hijaunya Pulau Kembang

Selanjutnya, pengunjung bisa menelusuri Pulau Kembang yang dipenuhi pepohanan hijau. Rimbunnya pohon-pohon yang melingkupi pulau ini akan menyejukkan mata pengunjung. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mengambil foto yang instagramable.

Memberi Makan Monyet

Monyet-monyet jenaka sedang berkeliaran
Pengunjung bisa menyaksikan monyet-monyet jenaka berkeliaran. Foto: Google Maps/ Muhammad Ikhsan Rahmatullah

Pulau yang satu ini dihuni oleh ribuan monyet di setiap sudutnya. Tak heran jika, pengunjung akan diserbu monyet saat menginjakkan kaki di Pulau Kembang. Oleh sebab itu, pengunjung harus berhati-hati ketika didatangi monyet.

Meski terlihat agresif, monyet-monyet tersebut akan melunak jika diberi makanan. Sehingga, ada baiknya untuk memberinya makanan berupa kacang. Pengunjung bisa membeli kacang untuk monyet di penjual dan pemandu wisata. Kacang yang dijual tidaklah mahal yakni sekitar Rp 5.000.  Dengan harga semurah itu, pengunjung bisa memberi makanan ke monyet.

Baca: Waterboom Pesona Modern Banjarmasin Tiket & Wahana

Berinteraksi dengan Monyet

Mengambil foto bersama monyet
Pengunjung bisa berfoto ria dengan monyet-monyet jenaka
Foto: Google Maps/ Ridwan Ahmed

Pulau yang menjadi habitat monyet ini terasa sangat menyenangkan untuk ditelusuri. Salah satu aktivitas menarik untuk dilakukan adalah berinteraksi dengan monyet. Pengunjung tak perlu kaget melihat monyet-monyet berkeliaran.

Selain itu, ada banyak monyet yang bergelantungan di pohon. Pemandangan monyet-monyet ini bisa diabadikan ke dalam jepretan kamera. Jika beruntung, pengunjung bisa berfoto bersama monyet-monyet tersebut.

Mengunjungi Kuil

Di Pulau Kembang terdapat sebuah tempat sembahyang kecil untuk agama Hindu. Kuil ini memiliki sebuah tempat pemandian. Tak hanya itu, di dalam bangunan ibadah ini juga terdapat tempat pengobatan tradisional. Sehingga, banyak pengunjung yang datang ke pulau ini untuk ritual.

Baca: Waterboom Banua Anyar Banjarmasin Tiket & Wahana

Sejumlah pengunjung mengadakan ritual di kuil ini agar hajatnya dikabulkan. Ada juga pengunjung yang memandikan anaknya di kuil ini agar sembuh dari penyakit. Tak jarang banyak yang menyebut tempat ini terbilang keramat. Sehingga, pengunjung harus lebih waspada dalam bertingkah laku.

Melihat Kawanan Burung Cantik

Selain monyet, pulau ini juga menjadi habitat burung lokal. Ada banyak burung asli Kalimantan Selatan berbulu indah beterbangan. Pengunjung bisa menikmati langit cerah dipenuhi kawanan burung cantik yang berlalu lalang. Pemandangan indah ini sayang jika tidak diabadikan ke dalam jepretan kamera.

Objek Foto yang Instagramable

spot foto instagramable di pulau kembang
Pengunjung bisa mengabadikan momen di spot foto instagramable
Foto: Google Maps/ Ahmad Bulkini

Kegiatan seru lainnya yang bisa pengunjung lakukan di Pulau Kembang adalah berfoto. Ada banyak spot foto yang bisa pengunjung gunakan. Pengunjung bisa mengabadikan momen di jalan kayu yang estetik. Selain itu, pengunjung juga bisa mengambil jepretan di pinggir tempat turun dari klotok.

Fasilitas

Ada sejumlah fasilitas yang bisa digunakan pengunjung saat berada di Pulau Kembang. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet, warung, dan jembatan untuk berkeliling. Selain itu, ada sejumlah spot foto keren yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen.

Rute & Lokasi Pulau Kembang

Objek wisata ini beralamat di Tinggiran II, Tamban, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Obyek wisata yang satu ini berada di sebelah barat kota Banjarmasin. Lokasi tepatnya berada di tengah-tengah aliran sungai Barito.

Untuk menuju ke pulau ini, caranya tidaklah sulit. Rute yang dilalui bisa dilakukan dengan jalur darat melalui kota Banjarmasin. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi dari kota Banjarmasin hanya sekitar 1 jam. Pengunjung juga bisa menggunakan perahu dari dermaga Siring Tendean.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus (No Ratings Yet)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini