Beranda Destinasi Pilihan

PANTAI CIREBON : 7 Destinasi Terbaik

0

Cirebon memiliki wilayah yang berbatasan dengan Laut Jawa di sisi utara daerahnya. Terkenal sebagai Kota Udang di jalur Pantura, Cirebon memiliki bentang pantai yang tak kalah indah. Sebagian wilayah pesisirnya memiliki hamparan pasir dan lainnya berupa lahan subur hutan bakau. Menelisik lebih jauh keindahannya, berikut 7 destinasi wisata pantai alami terbaik di Cirebon:

1. Pantai Kejawanan Cirebon

Pantai Kejawan Cirebon berlatarkan Gunung Ciremai Jawa Barat.
Pantai Kejawan Cirebon berlatarkan Gunung Ciremai Jawa Barat. Foto: GMap/Flora Severine F

Berlokasi cukup dekat dengan pusat kota, Pantai Kejawanan menjadi destinasi wisata pantai favorit di Cirebon. Kawasannya tak pernah sepi terutama ketika jelang sore hari dengan pesona matahari terbenamnya yang memukau. Di akhir pekan, jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat bahkan sejak pagi hari.

Garis pantainya terbentang memanjang dan cukup luas. Ditambah dengan hamparan pasir pantai yang gelap kehitaman. Sedangkan wilayah perairannya relatif tenang dengan ombak rendah dan bersahabat. Selain itu perairan pantainya juga dangkal. Sehingga cocok untuk berenang dan bermain air dengan aman. Panoramanya tersaji indah berlatar gagahnya Gunung Ciremai di sisi barat daya.

Sementara di sekitar pantai terdapat area berbatu menjorok ke arah laut yang menambah eksotis kawasannya. Selanjutnya terlihat perahu nelayan berwarna-warni yang terparkir dengan rapi pada sisi pesisirnya. Jejeran perahu tersebut siap mengantarkan wisatawan menyusuri perairan dengan radius satu kilometer.

Baca: 7 Pantai Cianjur Tawarkan Panorama Alami

 2. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang Cirebon.
Pantai Baro Gebang Cirebon. Foto: GMap/Matla’il Fajri

Terletak di Gerbang Mekar, Kecamatan Gebang, Pantai Baro Gebang memiliki magnet wisata bagi warga Cirebon. Pantai ini merupakan salah satu favorit tujuan rekreasi keluarga. Lokasinya disukai karena akses yang mudah dan lancar tanpa perlu terjebak kemacetan lalu lintas kota.

Meskipun belum terkelola secara profesional, pantai ini tetap menawarkan pesona dan suasana tenang. Sejuknya hembusan angin laut sepoi-sepoi memberikan suasana santainya berlibur. Sementara areanya memiliki kawasan berpasir yang sering tergenang air laut. Ditambah dengan bebatuan yang tertata lurus menjadi jalur menyusuri pantai, memancing, sekaligus memagari batas aman.

Baca: 9 Pantai Ikonik di Jawa Barat

3. Zona Mangrove Kasih Sayang

Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang Cirebon.
Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang Cirebon. Foto: GMap/Sigit Saputra

Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang merupakan Mangrove Center wilayah Cirebon. Destinasi ekowisata bakau seluas setidaknya 7 hektar ini berada di Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu. Sementara Zona Mangrove Kasih Sayang digarap oleh kelompok masyarakat Mundu Pesisir dan resmi dibuka sejak 2018.

Kawasan hutan bakau yang subur ini tersebar berbagai area menarik. Misalnya titik peristirahatan dengan gazebo yang dikelilingi teduhnya rerimbunan mangrove. Kemudian di beberapa titik dibuat bernuansa ceria dan menjadi tempat swafoto. Selanjutnya ada jalur jembatan bambu yang memanjang di atas areanya juga menjadi lajur untuk bersepeda.

Baca: 7 Destinasi Pantai Bekasi Berhutan Mangrove

4. Pantai Kisik Klayan

Pantai Kisik Klayan Cirebon.
Pantai Kisik Klayan Cirebon. Foto: GMap/48_Rega Syahrul Nuardiansyah

Pantai Kisik Klayan berjarak sekitar 5 kilometer dari Alun-alun Kejaksaan Kota Cirebon. Lokasinya dekat dengan kawasan pusat kota, secara administratif kawasan pantai masih masuk dalam wilayah Klayan.

Pantai Kisik Klayan bukanlah kawasan dengan pesisir dengan hamparan pasir yang luas. Karena area tepi lautnya merupakan lahan subur dengan perairan bersedimen lumpur yang cocok untuk hutan bakau. Rekreasi ke sini wisatawan disuguhi panorama laut yang berpadu dengan hijaunya kawasan bakau. Ditambah dengan suasana sejuk dan teduh dengan nuansa tenang cocok relaksasi pikiran.

Baca: 7 Cafe Unik di Cirebon Dengan Desain Cantik

5. Pantai Mangrup Cirebon

Pantai Mangrup Cirebon.
Pantai Mangrup Cirebon. Foto: GMap/West Lani

Mengusung konsep ekowisata mangrove, Pantai Mangrup hadir menambah deretan wisata pantai di Cirebon. Menjelajahi kawasan hutan bakau, wisatawan dapat menyusuri aliran sungai yang tembus ke tepi laut. Jalur ini juga merupakan akses lintas bagi para nelayan untuk menangkap hasil laut.

Areanya berada di Ambulu, Kecamatan Losari, sekitar 40 kilometer dari Zona Mangrove Kasih Sayang. Lokasinya berada cukup dekat dengan wilayah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca: CIREBON WATERLAND Tiket & Wahana

6. Pantai Sarwajala Cirebon

Pantai Sarwajala Cirebon.
Pantai Sarwajala Cirebon. Foto: GMap/Muhaimin 01

Masih dengan ekowisata hutan Mangrove, Pantai Sarwajala hadir dengan sajian khas teduh yang subur menghijau. Lokasi Pantai Sarwajala berada di Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan, sisi utara Cirebon. Sementara bentuk pantai layaknya tanjung yang menghadap timur dan utara dengan suguhan panorama perairan Laut Jawa.

Sejauh ini untuk menikmati suasana pantai wisatawan bisa berjalan santai di atas jalur kayu dan bambu. Selain itu dapat pula bersepeda untuk menjelajah sepanjang jalur di antara rimbunnya pepohonan bakau. Bagi yang hobi memancing memang tepat memilih pantai ini. Karena sambil menunggu kait joran mendapatkan mangsa sekaligus bisa menikmati sajian suasana menenangkan.

Selain area hutan bakau, sekitar pantai juga memiliki kawasan pesisir landai yang berpasir. Lokasi tersebut menjadi tempat bermain favorit bagi wisatawan terutama dengan keluarga dan anak-anak.

Baca: WATER PARK CIPERNA Tiket & Wahana

7. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Ade Irma Waterland Cirebon menawarkan wisata tepi laut terpadu.
Ade Irma Waterland Cirebon menawarkan wisata tepi laut terpadu. Foto: Instagram/cirebonwaterland.id

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah taman rekreasi incaran wisatawan di Cirebon. Berada persis di bibir pantai, destinasi ini memiliki berbagai kolam renang dengan berbagai wahana. Menikmati serunya atraksi air, wisatawan juga disuguhi panorama latar pemandangan laut lepas sisi utara Cirebon. Terlebih lagi momen sunset dan sunrise yang selalu ramai dinantikan oleh para wisatawan.

Menemani nuansa tepi laut, wisatawan dapat mencoba sajian seafood dari restoran kapalnya yang ikonik. Semakin lengkap, kawasan wisata ini juga menawarkan penginapan berupa cottages dengan bangunan bergaya tradisional. Berada di atas perairan, penginapan eksotis tersebut menyajikan pemandangan langsung ke arah laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini