Beranda Destinasi Pilihan

9 Pantai Ikonik di Jawa Barat

0

Jawa Barat memiliki garis pantai yang luas di sisi utara, selatan, dan barat pulau Jawa. Panjangnya bentang tepi laut menyajikan daya tarik dari berbagai destinasi wisata di provinsi tersebut. Masing-masing objek wisata pantai di Jawa Barat menawarkan ciri khas dan karakteristik yang unik. Menyuguhkan panorama lautan luas, berikut 9 destinasi wisata pantai ikonik di Jawa Barat:

1. Pantai Santolo Garut Jawa Barat

Langit senja dari balik mercusuar Pantai Santolo Garut Jawa Barat.
Langit senja dari balik mercusuar Pantai Santolo Garut Jawa Barat. Foto: GMap/Tito Aditya

Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi tepi laut yang berada pada garis pantai Garut Selatan. Destinasi populer dengan pasir putih dan airnya yang jernih ditambah dengan Karang Kukus yang tampak menonjol. Dari sini, wisatawan dapat menyaksikan hampran atol Pulau Santolo dengan luas hingga 35 hektar.

Suasana Pantai Santolo begitu asri dan alami, dengan jembatan dan spot mercusuar. Kawasannya menjadi lokasi wahana banana boat, memancing, hingga berburu sajian seafood hasil tangkapan para nelayan. Pantai ini juga terkenal dengan pemandangan senja yang memukau jelang terbenamnya matahari di cakrawala.

Baca: 7 Destinasi Wisata Dekat Pantai Pangandaran

2. Pantai Pangandaran Jawa Barat

Pantai Sisi Barat Pangandaran Jawa Barat.
Pantai Sisi Barat Pangandaran Jawa Barat. Foto: GMap/Diki Edison

Telah populer sebagai destinasi wisata tepi laut, Pantai Pangandaran berada pada sisi tenggara Kota Pengandaran. Lokasi wisatanya memiliki 2 sisi destinasi yaitu sisi timur dan sisi barat. Oleh karena itu lokasinya sangat cocok untuk menikmati panorama sunrise sekaligus sunrise.

Pantai Timur Pangandaran memiliki wilayah perairan yang cocok untuk watersport. Di sisi timur wisatawan dapat mencoba wahana pemacu adrenalin seperti jet ski maupun banana boat. Sedangkan Pantai Barat Pangandaran merupakan pesisir landai dengan pesona bentang pasir putih yang eksotis. Sisi barat mempunyai area lebih luas dengan sajian gradasi warna perairan pantai.

Kawasan wisata Pantai Pangandaran telah dikelola secara terpadu, estetis dan tertata baik. Sejauh ini fasilitas sudah lengkap seperti restoran, cafe, dan penginapannya berdesain tradisional khas daerah Pangandaran.

Baca: PANTAI BARAT Pangandaran Tiket & Ragam Aktivitas

3. Pantai Karang Hawu Sukabumi Jawa Barat

Pantai Karang Hawu Sukabumi Jawa Barat.
Pantai Karang Hawu Sukabumi Jawa Barat. Foto: GMap/Ahmad Rifai

Terkenal sebagai ‘pantai Nyi Roro Kidul’, Pantai Karang Hawu selalu ramai oleh wisatawan. Kecantikan alaminya semakin terpoles setelah revitalisasi pada tahun 2021 dan mengundang lebih banyak wisatawan. Meskipun menawarkan beragam daya tarik pantai ini tetap dapat diakses secara terbuka tanpa tiket masuk.

Berada di sisi selatan wilayah Sukabumi, daratannya berbatasan langsung dengan lautan lepas Samudra Hindia. Area pesisirnya memiliki hamparan pasir landai dan juga area dengan batu karang hitam. Gelombang ombak pantai selatannya terpecah dan berdebur menembus sela-sela lantai karang. Mezzanin Gazebonya yang merupakan jajaran gazebo bertingkat menjadi spot swafoto dari ketinggian favorit wisatawan.

4. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar Banten Jawa Barat.
Pantai Tanjung Layar Banten Jawa Barat. Foto: Gmap/Sigit Wibisono

Pantai Tanjung Layar memiliki bagian dari legenda Sangkuriang yang berkembang hingga Lebak, Banten. Gugusan batu karang raksasanya yang ikonik disebut sebagai layar perahu Sangkuriang. Batu karang yang menjulang setidaknya 50 meter dari bibir pantai sekaligus merupakan ciri khasnya. Kontur pesisirnya sendiri memang didominasi oleh area pasir putih berbatu serta gugusan karang.

Kawasan pantai masih termasuk Desa Wisata Sawarna. Dengan garis Pantai Tanjung Layar menghadap langsung ke Samudera Hindia. Berada di ujung teluk, pantai ini pernah mendapat julukan ‘ujung Pulau Jawa’ atau Java’s Eerste Punt. Pantai ini menjadi lokasi yang cocok untuk snorkeling hingga aktivitas yang lebih menantang seperti surfing. Di sekitar kawasannya juga tersedia beragam pilihan homestay untuk wisatawan yang ingin menginap.

Kemudian tak jauh dari pantai, terdapat beberapa lokasi wisata yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Ke arah barat ada Pantai Sawarna, sedangkan sisi timurnya terdapat Pantai Goa Langir. Selain itu di dekat pantai ini terdapat obyek wisata Gua Seribu dengan koleksi stalaktit dan stalagmitnya.

5. Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat

Pantai Rancabuaya Garut memadukan wisata tepi laut dengan air terjun.
Pantai Rancabuaya Garut memadukan wisata tepi laut dengan air terjun. Foto: GMap/Harry Permana

Pantai Rancabuaya menyajikan kawasan tepi laut berpasir putih berpadu dengan deretan terumbu karang. Berair jernih air lautnya memiliki tiga warna gradasi hijau dan biru dengan aksen putihnya garis ombak.

Di sekitar area pantai terdapat tebing unik yang menampilkan ukiran motif khas pantai. Kemudian jelang senja, wisatawan semakin banyak berdatangan untuk menyaksikan keindahan sunset Pantai Rancabuaya. Menikmati suasana pantai malam hari dengan sejuknya hembusan angin laut, wisatawan dapat bermalam dengan berkemah.

Dipagari kehadiran tebing yang terukir, di sekitar pantai juga mempunyai keunikan lain dari daya tariknya. Dari ketinggian tebing, limpahan air terjun mencurah deras menghadap ke arah laut. Air terjun ini menjadi lokasi incaran wisatawan untuk merasakan langsung kesegaran air jernihnya.

6. Pantai Tanjung Pakis Karawang Jawa Barat

Pantai Tanjung Pakis Karawang.
Pantai Tanjung Pakis Karawang. Foto: GMap/Asep M

Pantai Tanjung Pakis merupakan destinasi idola di Karawang untuk wisata tepi laut utara Jawa Barat. Lokasinya terkenal luas setelah evakuasi kecelakaan pesawat di tahun 2019. Memang pantai ini agak kontras dengan citra Industrial Kota Karawang, pantai ini memberikan nuansa berlibur yang nyaman.

Pesisir Pantai Tanjung Pakis berkontur landai dengan pasir berwarna kecokelatan cerah dengan pepohonan Cemara Udang. Sementara tinggi gelombang ombak pantainya bersahabat. Sehingga cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga dan anak-anak.

Selain itu tersedia wahana seperti banana boat, perahu karet hingga pelampung untuk sekedar bermain air. Kawasan berpasirnya pun cukup luas sebagai tempat untuk bermain voli dan beragam olahraga pantai lainnya.

Mempercantik areanya, Pantai Tanjung Pakis memiliki spot-spot menarik seperti dermaga kayu maupun balon udara. Berlokasi di Desa Tanjungpakis, pantai ini menyajikan panorama senja yang banyak diburu wisatawan. Jarak tempuhnya singkat dengan akses semakin mudah, destinasi ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota.

7. Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari Karawang Jawa Barat.
Pantai Madasari Karawang Jawa Barat. Foto: GMap/AamS

Bagi yang menyukai ketenangan suasana, Pantai Madasari Pangandaran dapat menjadi pilihan. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Pangandaran, kawasannya jauh dari nuansa riuh.

Pantai ini memiliki area yang asri dengan jajaran pepohonan kelapa dan pepohonan rimbun yang menghijau. Selain itu area Pantai Madasari sudah terkelola baik dengan jalan beraspal serta padang rumput mencapai bibir pantai. Sedangkan di kawasan pesisirnya yang hijau menghasilkan harmoni dengan garis-garis putih deburan ombak dan birunya laut. Kontur Pantai Madasari landai berpasir hitam dengan pulau karang kecil ikonik yang sekaligus pemecah ombak.

Objek wisata tepi laut selatan Jawa ini merupakan lokasi tepat untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Daya tarik suasana tenangnya cocok untuk berkemah dan acara api unggun di malam hari. Dengan bermalam di kawasan pantai, wisatawan tak hanya disuguhi panorama indahnya sunset namun juga sunrise.

8. Pantai Karapyak Pasir Putih Pangandaran Jawa Barat

Pantai Karapyak Pasir Putih Pangandaran Jawa Barat.
Pantai Karapyak Pasir Putih Pangandaran Jawa Barat. Foto: GMap/Pantai Karapyak Pangandaran

Sesuai namanya, Pantai Karapyak Pasir Putih menyajikan pesona kawasan tepi laut berpasir putih. Area pasir tepi pantainya berpadu indah dengan limpahan terumbu karang di bibir pantai laut selatan Pangandaran. Ditambah dengan Perbukitan hijau dan hutan rimbun di atasnya memagari area pantai dan membuatnya semakin asri. Dari ketinggian tebing, lanskap pantai terlihat begitu memukau dengan paduan punggung bukit memanjang.

Pantai ini populer di sosial media dengan ciri khas anjungan Teras Kaca Karapyak Valley. Spot ikonik di ketinggian ratusan meter ini menjorok ke arah pantai sepanjang hingga 6 meter. Berfoto dengan pijakan kaca transparan, wisatawan akan diajak untuk menguji nyali.

Pantai Karapyak Pasir Putih sudah memiliki jalur pedestrian untuk pejalan kaki sepanjang setidaknya 325 meter. Sementara kawasannya jauh dari kepadatan sehingga cukup nyaman untuk menikmati nuansa tenang menyusuri bibir pantai. Pantai ini bukanlah lokasi yang tepat untuk berenang ataupun bermain air karena ombaknya cukup tinggi. Namun wisatawan tetap dapat bermain di terumbu karang yang dangkal dan menemukan berbagai biota lautnya.

9. Pantai Kejawanan Cirebon

Pantai Kejawan Cirebon berlatarkan Gunung Ciremai Jawa Barat.
Pantai Kejawan Cirebon berlatarkan Gunung Ciremai Jawa Barat. Foto: GMap/Flora Severine F

Berada tak jauh dari pusat kota, Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai favorit warga Cirebon. Lokasinya selalu ramai pada saat sore hari dan semakin banyak kunjungan ketika akhir pekan.

Pantai ini memiliki garis pantai luas dan memanjang dengan hamparan pasir pantai berwarna kehitaman. Perairannya relatif dangkal dan tenang dengan gelombang ombak yang bergulung rendah. Ditambah dengan bentang alamnya yang indah dengan latar Gunung Ciremai yang berdiri gagah di sisi barat daya.

Eksotisme kawasan pantai semakin menonjol dengan area berbatu yang menjorok ke arah laut. Pada tepian pantainya terdapat area dengan perahu nelayan berwarna-warni yang terparkir dengan rapi. Perahu ini juga dapat digunakan untuk menyusuri perairan hingga satu kilometer di sekeliling Pantai Kejawanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini