WISATA KEDIRI: 7 Destinasi Andalan

Kediri terkenal sebagai pusat perdagangan untuk industri rokok dan gula di Indonesia. Berjarak 130 Km dari Surabaya , kota ini berpenduduk terbesar ketiga di Jawa Timur. Tak kalah dari kota lain, pesona alamnya membuat Kediri memiliki beragam destinasi wisata atraktif. Berikut 7 destinasi wisata kediri yang menjadi wisata andalan di Kediri:

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri berdiri dengan megahnya.
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri berdiri dengan megahnya. Foto: GMap/Destrianus Tuwondila

Resmi berdiri sejak tahun 2008, Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu ikon Kediri. Lokasinya berada di tengah bundaran strategis yang menghubungkan lima jalan utama. Berada di Desa Tugurejo, Monumen Simpang Lima Gumul dibangun untuk mengenang kejayaan Kediri.

Struktur dan desain bangunannya yang megah menyerupai monumen L’Arch De Triomphe di Paris, Prancis. Ditambah dengan suasana kawasannya yang  sejuk dengan pepohonan dan rerumputan. Pada saat malam hari, monumen ini semakin spektakuler dengan warna keemasan di seluruh bagiannya. Kemudian di setiap sudutnya terdapat empat arca Ganesha yang merupakan logo Kabupaten Kediri.

2. Alun-alun Kota Kediri

Taman kota ini merupakan landmark Kediri yang berada di kawasan strategis di jalan Panglima Sudirman. Alun-alun yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau yang menjadi wajah kota. Lokasinya sekaligus merupakan destinasi favorit bagi warga Kediri pada khususnya.

Kawasan Alun-alun Kota Kediri memiliki suasana yang asri dengan udara yang sejuk. Di sisi barat alun-alun terdapat Sungai Brantas yang menambah kesejukan areanya. Kawasannya yang selalu ramai dikunjungi ini juga memiliki area untuk berburu kuliner khas tradisionalnya. Masih di dalam area alun-alun, terdapat juga Masjid Agung Kediri yang terkenal.

Baca: Kediri Water Park Tiket & Wahana

3. Taman Hutan Joyoboyo Kediri

Taman Hutan Joyoboyo dengan tampilan yang lebih modern.
Taman Hutan Joyoboyo dengan tampilan yang lebih modern. Foto: GMap/movie jadul

Taman Hutan Joyoboyo Kediri merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau dengan tampilan modern. Taman hutan ini kini dilengkapi dengan kubah ornamen elektrik, sky bridge, serta amphiteater. Berbagai spot menarik seperti teras pohon dan balok titian juga menambah daya tariknya.

Suasana di dalam kawasannya teduh dan sejuk dengan jajaran pepohonan rindang yang menaungi. Dengan luas lahan setidaknya 2,6 hektar, Taman Hutan Joyoboyo berfungsi sebagai paru-paru kota. Di sini, wisatawan dapat berlibur bersama keluarga, bermain, atau sekedar bersantai menikmati suasana. Areanya juga sering menjadi tujuan untuk berolahraga dengan sarana latihan fisik yang melengkapinya.

4. Taman Wisata Tirtoyoso Park

Taman Wisata Tirtoyoso
Taman Wisata Tirtoyoso

Destinasi wisata Kediri selanjutnya merupakan taman bermain dengan wahana air. Areanya memiliki beberapa kolam dengan seluncur air yang kedalamannya bervariasi. Wisatawan bisa berenang pada kolam renang dewasa yang berukuran panjang 20 meter dan lebar 10 meter.

Wahana air yang tersedia seperti seluncur air memiliki aneka bentuk dan ketinggian yang berbeda. Wisatawan juga dapat menikmati wahana sepeda air pada aliran kanal di area taman wisata ini. Ditambah dengan panggung hiburan yang ikut menyemarakkan suasana.

Baca: KAMPUNG INDIAN Kediri Tiket & Aktivitas

5. Bendungan Waru Turi Gampengrejo

Bendungan Waru Turi Kediri.
Bendungan Waru Turi Kediri. Foto: GMap/ady candra

Bendungan Waru Turi Gampengrejo merupakan waduk dengan panjang sekitar 160 meter. Membendung Sungai Brantas, waduk ini telah beroperasi untuk irigasi sejak tahun 1992.

Selain itu kawasan sekitar bendungan juga merupakan destinasi wisata dengan suasana yang alami. Beberapa titik memiliki gazebo di tengah kawasan teduh sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan. Lokasi ini juga dipercantik dengan patung-patung hewan dan berbagai ornamen cantik aneka bentuk dan warna.

Areanya juga merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang ramah anak. Berbagai permainan dan spot foto berlatar bendungan tersebar di lokasinya. Wisatawan juga bisa naik delman berkeliling jalur hijau di sekitar Bendungan Waru Turi Gampengrejo.

6. Taman hijau SLG

Taman Hijau SLG merupakan ruang terbuka yang cocok untuk wisata keluarga di Kediri.
Taman Hijau SLG merupakan ruang terbuka yang cocok untuk wisata keluarga di Kediri. Foto: GMap/mukhamad hidayatullah

Taman hijau SLG merupakan salah satu destinasi kawasan asri dan ruang terbuka. Di lokasi ini, wisatawan dapat menyaksikan taman dengan pemandangan hijau padang rumput dan pepohonan. Ditambah dengan sungai berukuran kecil mengaliri area tengah taman. Taman ini juga memiliki air mancur dan menjadi tempat yang nyaman bagi burung-burung merpati.

Berada di daerah Sukorejo, destinasi wisata kediri yang satu ini selalu ramai terutama di akhir pekan. Salah satu yang menarik yaitu adanya lokomotif kereta api seri 201 yang berada di dalamnya. Selain lokomotif juga terdapat banyak spot menarik lainnya yang cocok sebagai arena berfoto.

7. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji bernuansa teduh dengan kolam di tengah areanya.
Taman Sekartaji bernuansa teduh dengan kolam di tengah areanya. Foto: GMap/ally buhana

Taman Sekartaji merupakan area rekreasi santai kebanggaan Kediri yang berlokasi di tengah kota. Suasana taman ini asri dengan pepohonan, air mancur, dan koleksi bunga beraneka warna. Berada di lokasi yang mudah diakses, Taman Sekartaji sering kali ramai dengan berbagai pentas dan acara. Areanya juga menjadi wadah berkumpulnya komunitas hobi maupun olahraga bagi kalangan muda.

Taman Sekartaji juga merupakan ruang terbuka yang menjadi destinasi wisata keluarga karena ramah anak. Kawasannya memiliki berbagai permainan anak-anak. Wisatawan juga dapat memberi makan ikan yang ada pada kolam-kolam di tengah areanya.

Bagikan konten ke: