SARASAH BUNTA Tiket Masuk, Air Terjun dan Aktivitas April 2024

  • Harga Tiket Masuk Sarasah Bunta: Rp5.000 - Rp10.000
  • Jam Buka: 07.00 - 14.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Tarantang, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia , 26271

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota menyimpan banyak harta karun panorama alam. Lembah yang terbentuk akibat proses patahan lempeng ini terdapat banyak aliran sungai serta air terjun. Sarasah Bunta merupakan salah satu air terjun yang paling ramai kunjungan wisatawan.

Sarasah Bunta merupakan salah satu air terjun yang berada di Lembah Harau. Wisatawan yang bermain ke Lembah Harau wajib menyempatkan waktu ke lokasi ini. Keindahannya memang sudah terkenal sejak tahun 1926 seperti yang tertulis pada prasasti di kawasan tersebut.

Harga Tiket Masuk Sarasah Bunta

Objek wisata Sarasah Bunta pengelolaannya oleh masyarakat sekitar. Sehingga Harga tiket masuk masih tergolong murah mulai dari Rp10.000. Selain itu terdapat beberapa biaya tambahan jika ingin bermain air di sekitar kawasan wisata seperti untuk menyewa ban.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket Masuk Lembah HarauRp 5.000
Tiket Masuk Kawasan Sarasah BuntaRp 10.000
Penyewaan BanRP 10.000
KulinerRp 5.000 – 25.000
PenginapanRp 300.000 – 2.000.000/ malam
Harga Tiket Masuk Sarasah Bunta

Baca: Berbagai Tempat Wisata Terbaik di Lima Puluh Kota

Jam Buka

Objek wisata air terjun ini terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 14.00. Wisatawan yang ingin berkunjung harap memperhatikan cuaca terlebih dahulu. Kawasan wisata air terjun ini ramai pada musim liburan sekolah.

5 Air Terjun Sarasah Bunta

Setidaknya terdapat 5 air terjun yang berada di kawasan wisata ini. Air terjun tersebut meliputi Sarasah Bunta, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Murai, Sarasah Donat, dan Sarasah Aie Angek. Selain air terjun berbagai aktivitas wisata lain juga tersedia di kawasan wisata ini. Berikut beberapa diantaranya.

Air Terjun Sarasah Bunta

Penampakan Sarasah Bunta
Tingginya air terjun Sarasah Bunta. Di bagian kolam yang masih alami banyak pengunjung bermain air menggunakan ban – Foto: Instagram/ rikarygat

Air Terjun Sarasah Bunta paling banyak mendapat kunjungan wisatawan. Debit airnya yang deras dan kolamnya yang masih alami menjadi alasan utama. Bentuknya berundak-undak dan menghadirkan pelangi kecil pada saat terkena pancaran sinar matahari.

Air Terjun Sarasah Aie Luluih

Penampakan Sarasah Aie Luluih
Sarasah Aie Luluih dengan terjun air yang tinggi. Terlihat lintasan outbond di depan air terjunnya. – Foto: Instagram/ gumilangcayo

Air Terjun Sarasah Aie Luluih memiliki debit deras dengan kolam yang besar. Terdapat hiburan outbound juga yang berada di air terjun ini. Di bagian atas Sarasah Aie Luluih terdapat kolam alami kecil sebelum airnya jatuh ke kolam utama Sarasah Aie Luluih.

Baca: HARAU DREAM PARK Tiket & Ragam Wahana

Air Terjun Sarasah Murai

Area bebatuan air terjun Sarasah Murai
Sarasah Murai memiliki nuansa yang lebih alami. Lokasinya yang lebih pelosok menjadi habitat burung Murai. – Foto: Instagram/ weniwandini

Air Terjun Sarasah Murai memiliki keindahan air terjun berundak. Di lokasi ini menjadi habitat burung murai. Kicauannya kerap menemani wisatawan yang bermain di air terjun Sarasah Murai.

Air Terjun Sarasah Donat

telaga air terjun Sarasah Donat
Gambar Sarasah Donat. Pengunjung perlu masuk goa dan menyusuri sungai untuk menikmati Sarasah Donat. – Foto: Instagram/ da_koj4ck

Air Terjun Sarasah Donat memiliki bentuk yang unik. Pengunjung yang ingin menikmati Sarasah Donat perlu menyusuri sungai dan masuk ke dalam gua. Di dalam gua tersebut terdapat lubang yang menjadi sumber air terjun seperti donat.

Air Terjun Sarasah Aie Angek

Air Terjun Sarasah Aie Angek memiliki lokasi yang paling jauh. Membutuhkan waktu setidaknya 15 menit perjalanan ke dalam hutan untuk menemukannya. Suhu air terjun ini pun relatif lebih hangat dari pada air terjun lainnya.

Outbond

Outbond di Sarasah Aie Luluih
Lintasan outbond di Sarasah Aie Luluih. Pengunjung dapat merasakan cipratan dari air yang jatuh – Foto: Google Maps/ Redha Andhika

Terdapat fasilitas outbond untuk pengunung. Lokasinya terletak si Sarasah Aie Luluih. Kegiatan outbondnya berupa jembatan gantung yang berada di atas kolam air terjun. Selain itu, terdapat flying fox yang lintasannya mendekati arus terjunnya.

Penginapan

Home stay di Sarasah Bunta, Lembah Harau
Salah satu home stay yang disewakan kepada wisatawan di sekitar kawasan wisata, Lembah Harau – Foto: Google Maps/ Boenta Homestay

Banyaknya objek wisata sekitar yang tidak akan cukup dikelilingi dalam satu hari. Karena itu bagi wisatawan yang ingin bermalam dapat menyewa penginapan di sekitar area. Harganya bervariasi sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

Kuliner

Pisang Kapik kuliner Sarasah Bunta
Pisang Kapik kuliner Sarasah Bunta. Olah pisang bakar dengan taburan kelapa beserta gula merah – Foto: Instagram/ Cheche_kitchen

Pengunjung yang berwisata ke sini tidak perlu merasa khawatir ketika rasa lapar menyerang. Di lokasi ini terdapat masyarakat lokal yang membuka warung makan. Dengan berbagai menu makanan dan minuman. Berikut kuliner khas di Lembah Harau yang wajib dicicipi.

Pertama Pisang kapik merupakan pisang bakar dengan bumbu parutan kelapa dicampur dengan gula merah cair. Kemudian Kawa daun adalah minuman berbentuk teh dengan cita rasa kopi. Olahan daun kopi yang sudah kering. Terakhir ada juga Karupuak Laweh kerupuk khas minang yang diolesi kuah sate padang dan diberi taburan bihun di atasnya

Lokasi Air Terjun Sarasah Bunta

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Lembah Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota berjarak 47 km dari Kota Bukittinggi.

Rute menuju objek wisata ini mudah aksesnya baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pengunjung dapat mengikuti jalan lintas Sumatera Barat – Riau. Kemudian setelah memasuki Kawasan Lembah Harau, di pertigaan pengunjung berbelok ke arah kanan. Waktu tempuh perjalanan memakan waktu 1 jam 30 menit dari Kota Bukittinggi.

Berikan Rating

4.5 - 42 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *