Beranda Tiket Wisata

Air Terjun LUBUAK BULAN Keunikan & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Lubuak Bulan : GratisJam Buka: 07.00 - 17.00No. Telepon: -Alamat: Simpang Kapuak, Mungka, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia, 26253

Air terjun misterius adalah julukan yang tepat untuk Air Terjun Lubuak Bulan. yang berlokasi di pelosok Sumatera Barat. Dengan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya. Tidak ada aliran air atau sungai yang muncul di permukaan jatuhnya limpahan air.

Hilangnya aliran air yang terjatuh masih menjadi tanda tanya bagi masyarakat sekitar. Menurut keilmuan, fenomena ini terjadi karena adanya pengaruh sungai di bawah tanah. Namun sampai saat ini belum ada yang dapat memastikan di mana aliran air itu muncul. Fenomena ini banyak mengundang wisatawan yang penasaran bagaimana sebenarnya air terjun ini.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Lubuak Bulan

Tidak ada tarif yang dipatok untuk menikmati keindahan air terjun ini. Posisinya yang berada di pelosok akan lebih banyak memakan anggaran untuk transportasi.

Harga tiket wisata
Tiket Masuk Rp 0
Parkir kendaraan Rp 5.000/ motor
Jasa pemandu lokal Rp 25.000 – Rp 50.000 (dapat dinegoisasi)

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Lima Puluh Kota

Waktu Operasional

Objek wisata air terjun yang terpelosok belum terkelola penuh oleh pemerintah daerah. Hingga saat ini tidak ada jam operasional mutlak yang berlaku. Hanya saja wisatawan yang berkunjung bisa datang pada pagi hari. Hal ini mengingat medan dan waktu tempuh mencapai 5 jam dari titik awal ke air terjun dan kembali ke titik awal.

Waktu Operasional
Senin – Minggu 07.00 – 13.00

Ragam Aktivitas Wisata di Air Terjun Labuak Bulan

Menikmati air terjun merupakan atraksi utama destinasi wisata ini. Namun selain air terjun berbagai kegiatan lain juga tidak kalah menarik untuk dilakukan. Mulai dari menyusur hutan, bersepeda, dan bermalam dengan berkemah. Berikut beberapa di antaranya.

Trekking Menyusur Hutan

jalur trekking menuju air terjun yang masih hutan
Suasana hutan yang akan menemani selama treking. Sepanjang perjalanan pengunjung dapat menikmati alunan suara satwa – Foto: Instagram/ wrangland

Trekking merupakan aktivitas wajib untuk mencapai air terjun. Trekking disarankan dipandu oleh masyarakat lokal yang sudah mengetahui medan. Aktivitas trekking menuju Air Terjun Lubuak Bulan bisa memakan waktu satu hingga dua jam. Hal ini bergantung pada kemampuan rombongan untuk menaklukkan medan yang ada.

Sepanjang lintasan trekking pengunjung akan memasuki hutan lebat. Suara satwa liar akan menemani salam perjalanan. Pengunjung akan berhadapan dengan medan tanah berlumut dan batuan licin. Tanjakan dan turunan terjal akan banyak ditemukan selama trekking.

Baca: HARAU VALLEY Tiket & Ragam Daya Tarik

Bersepeda

Bersepeda menuju Air Terjun
Aktivitas bersepeda menuju air terjun dengan medan yang menantang dan suasana alami menjadi daya tarik bagi komunitas pesepeda – Foto: nstagram/ dennyfhy

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk mencapai air terjun. Air Terjun Lubuak Bulan sering menjadi tujuan komunitas goweser di Kota Payakumbuh. Aktivitas ini menjadi pilihan karena suasana alam dengan jalur yang menantang jarang ada di perkotaan.

Melintasi hutan yang masih cukup lebat merupakan medan yang harus dilalui. Jalan-jalan setapak yang terjal menanjak serta turunan tajam akan menjadi santapan. Medan di jalur menuju air terjun ini akan memberikan kepuasan adrenalin bagi pesepeda gunung.

Menikmati Air Terjun Lubuak Bulan

Derasnya curahan air terjun dari atas tebing
Wisatawan bisa yang ingin menikmati air terjun bisa melakukannya di belakang pagar pembatas – Foto: Instagram/kiddrock85

Selama berada objek wisata ini ada cara berbeda untuk menikmati Air Terjun Lubuak Bulan. Pengunjung yang datang akan tidak boleh mencemplungkan diri ke kolam air terjun. Pengunjung hanya dapat menikmati air terjun dari tepian pagar pembatas. Hal ini mengingat adanya kekhawatiran akan terbawa ke dalam aliran sungai bawah tanah.

Baca: SARASAH BUNTA: Kawasan Wisata 5 Air Terjun

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati air terjun dari area batuan di depannya. Sedangkan di belakang air terjun terdapat gua kecil yang sering menjadi spot peristirahatan para pengunjung. Di gua ini wisatawan juga bisa merasakan kesegaran air terjun melalui cipratan yang mengalir di dinding gua.

Keindahan & Keunikan Alam

pemandangan tebing-tebing air terjun lubuak bulan
Kombinasi hutan, goa,  dan air terjun yang diabadikan dengan wide angle dari atas – Foto : Instagram/ atomazis

Keunikan Air Terjun Lubuak Bulan memang sayang jika terlewat tanpa dokumentasi. Banyak footage dan konten foto yang dapat diambil sepanjang perjalanan menuju air terjun. Kombinasi pemandangan hutan, gua, dan air terjun yang hilang menjadi nilai cerita suatu foto. Di lokasi air terjun pengunjung juga dapat menerbangkan drone untuk mengambil gambar dari atas.

Berkemah di balik Air Terjun

Tempat beristirahat di gua belakang air terjun
Goa kecil di bawah air terjun sering menjadi area istirahat wisatawan – Foto: Instagram/ dennyfhy

Goa kecil yang berada di Air Terjun Lubuak Bulan dapat menjadi lokasi camping. Posisi mulut goa ini membentuk setengah lingkaran di balik air terjun. Beberapa komunitas pecinta alam kerap berkemah di lokasi ini.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam wajib melapor ke masyarakat lokal. Siapkan perbekalan yang mencukupi. Hal ini mengingat lokasinya cukup terpelosok sehingga jauh untuk mendapatkan makanan dari luar.

Baca: HARAU DREAM PARK Tiket & Ragam Wahana

Lokasi & Akses menuju Air Terjun Lubuak Bulan

Objek wisata air terjun ini berada di pelosok Kabupaten Lima Puluh Kota. Tepatnya terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Mungka.

Air Terjun Lubuak Bulan dapat diakses dari Kota Payakumbuh menuju Simpang Kapuak. Kemudian perjalanan berlanjut menuju perkampungan Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak menggunakan sepeda motor. Selanjutnya, pengunjung masih perlu berjalan kaki sejauh 17 Km untuk mencapai air terjun dengan medan yang ekstrem. Total waktu perjalanan mencapai 5 jam dengan kondisi cuaca cerah.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini