Beranda Tiket Wisata

Air Terjun LANGKUIK TINGGI Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Air Terjun Langkuik Tinggi
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 15.00 No. Telepon: - Alamat: Malalak Barat,Malalak,Agam,Sumatera Barat,Indonesia ,26161.

Sedang mencari hiburan alam bebas? Air Terjun Langkuik Tinggi hadir sebagai objek wisata alam yang menyegarkan. Tidak hanya menghadirkan air terjun, pengunjung juga bisa menikmati rindangnya hutan lebat. Wisata ini cocok dikunjungi para generasi muda yang senang berpetualang.

Air terjun ini merupakan salah satu dari 17 air terjun yang berada di Malalak. Objek wisata yang marak dikunjungi oleh wisatawan sejak tahun 2018. Lokasinya yang terletak di dalam hutan memberikan sensasi perjuangan untuk mencapai air terjun. Kicauan burung dan lengkingan satwa lainnya pun akan menemani selama perjalanan.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi

Kawasan wisata air terjun ini dikelola secara swasembada oleh masyarakat setempat. Pengelola mematok sejumlah harga bagi wisatawan yang ingin bekunjung. Pengunjung yang datang wajib melakukan registrasi pada saat pembelian tiket masuk. Hal ini bertujuan untuk mengontrol jumlah pengunjung yang berangkat dan kembali.

Harga tiket wisata Air Terjun Langkuik Tinggi
RegistrasiRp 5.000/ orang
Parkir kendaraanRp 5.000/ kendaraan
GuideRp 50.000 (opsional)

Baca: 7 Tempat Wisata Alam di Agam Sumbar

Waktu Operasional

Tidak ada jam operasional khusus untuk mengunjungi lokasi ini. Dibutuhkan 2 jam perjalanan kaki dari area parkir untuk sampai ke lokasi air terjun. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah pagi hingga siang hari. Wisatawan yang ingin berkunjung wajib memperhatikan cuaca, ya.

Waktu Operasional
Senin – Minggu08.00 – 15.00

Objek Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi

air terjun langkuik tinggi
Air Terjun Langkuik Tinggi di Malalak, Agam, Sumatera Barat – Foto: Instagram/ __apriliyalita

Wisata alam Air Terjun Langkuik tidak hanya menyuguhkan 1 air terjun saja. Terdapat 3 air terjun lainnya yang dapat ditemui sebelum sampai ke Air Terjun Langkuik Tinggi. Hal ini semakin menarik karena air terjun tersebut dapat dinikmati dalam satu jalur.

Air Karak Pipiak

Air terjun pertama yang pertama ditemui berjarak 700 meter dari pintu masuk. Suasana pepohonan hutan akan meneduhkan selama perjalanan. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu 30-45 menit trekking dengan medan turunan terjal. Durasi waktu bergantung kepada kemampuan rombongan pengunjung menghadapi trek.

Baca: BANTO ROYO Agam Tiket & Aktivitas Outbond

Keindahan pemandangan Air terjun Karak Pipiak dapat dinikmati pengunjung. Posisinya berada di atas lokasi trek memiliki aliran sungai yang berbeda. Pengunjung dapat beristirahat sejenak di lokasi ini.

Air Lubuk Bara Angin

Salah satu aktivimelintasi sungai - hendra tanjungtasi melewati sungai
Salah satu medan yang harus dilalui. Melintasi sungai dengan dibantu seutas tali – Foto/ Google Maps/ Hendra Tanjung

Air terjun kedua berjarak 200 m dari air terjun pertama. Medan trekking akan semakin menantang dengan banyaknya tanjakan berbatu. Di lokasi air terjun kedua pengunjung dapat bermain air sejenak untuk menyegarkan badan.

Untuk melewati air terjun kedua, pengunjung wajib menyeberangi sungai dengan bertelanjang kaki. Debit air terjun yang cukup kuat bisa membuat pengunjung hilang keseimbangan ketika melintas. Pemilihan pijakan yang tepat juga diperlukan karena lokasi jatuhnya air cukup dalam untuk dipijak.

Baca: Wisata LERENG SINGGALANG Tiket & Ragam Aktivitas

Air terjun ketiga

salah satu air tejun yan dapat dilewati dan dapat dinikmati
air tejun kedua yang terlintasi ketika menuju Air Terjun Lakngkuik Tinggi. Pengunjung dapat menikmati dan beristirahat sejenak di lokasi ini – Foto: Google Maps/ Dafitra Utama

Jarak air terjun kedua dan ketiga tidak begitu jauh. Terpaut jarak 100m. Air terjun ketiga memiliki debit yang tinggi. Lintasan arus sungai yang deras juga kerap kali pengunjung diarahkan untuk tidak menyebranginya.

Pengunjung akan diarahkan untuk naik kembali ke atas. Hanya saja pengunjung perlu tenaga ekstra untuk memanjat liat terjal dalam kondisi basah. Medan yang licin juga akan semakin menguji pengunjung.

Air Terjun Langkuik Tinggi

air terjun langkuik tinggi dikejauhan
Air Terjun Langkuik Tinggi mulai nampak dari kejauhan. Batu ini menjadi salah satu spot sebelum garis finish – aulia naufal

Perjalanan menuju air terjun utama akan semakin menantang. Pengunjung masih perlu menyusuri sungai dengan bantuan seutas tali. Penampakan Air Terjun Langkuik sudah dapat terlihat dari kejauhan. Seperti menemukan harta karun, pengunjung akan melihat beberapa air tejun sekaligus di lokasi ini.

Baca: PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Air Terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100m. Debit airnya sangat deras dan dapat dirasakan dari jarak 20m. Di sekelilingnya terdapat beberapa air terjun kecil yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Pengunjung yang sampai di Air Tejun Langkuik Tinggi pantang pulang sebelum basah.

Aktivitas Wisata Menarik

Treking

trek menuju Air Terjun Langkuik Tinggi - erman koto
trek menuju Air Terjun Langkuik Tinggi – Foto: Google Maps/ erman koto

Treking merupakan hal wajib yang dilakukan para pengunjung untuk sampai ke lokasi ini. Trek yang dinamis dan beragam cocok banget bagi pengunjung yang suka tantangan. Pengunjung akan menemukan tanjakan terjal, batu kerikil, tanah licin, hingga menyebrangi sungai.

Pengunjung yang berencana berwisata alam kemari disarankan menggunakan pakaian yang nyaman. Pastikan juga alas kaki yang digunakan cukup tangguh menghadapi medannya nanti. Perbekalan secukupnya boleh dibawa untuk mengisi energi di tengah-tengah perjalanan.

Baca: DANAU MANINJAU Tiket & Ragam Aktivitas

Susur Sungai

Kegiatan susur sungai dapat dilakukan di beberapa titik lokasi. Posisinya berada diantara air terjun 1-2 dan sebelum mencapai Air Terjun Langkuik Tinggi. Jika cuaca dan debit air mendukung, pengunjung dapat melakukan kegiatan susur sungai. Kegiatan ini wajib didampingi oleh guide berpengalaman dari masyarakat lokal demi keselamatan bersama.

Bermain air

Bermain air di Air Terjun Langkuik Tinggi - rillasaykell
Bermain air di Air Terjun Langkuik Tinggi – Foto: Instagram/ rillasaykell

Rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke air terjun tanpa bermain air. Sekedar mencelupkan kaki atau berenang sah-sah saja dilakukan. Di lokasi air terjun pengunjung tidak perlu merasa khawatir kehabisan spot bermain air. Terdapat 4 macam air terjun yang dapat dipilih di lokasi yang sama.

Foto Eksotik Berlatar Air Terjun

berfoto dengan latar air terjun langkuik tinggi
Berfoto dengan latar air terjun- Foto: Instagram/ r.amelya

Siapa yang tidak senang berfoto? Mengabadikan diri saat berada di air terjun ini merupakan hal wajib. Pengunjung dapat mengabadikan 3 air terjun sekaligus dalam 1 gambar. Hal ini dapat menjadi kenang-kenangan dari perjalanan menantang yang terlupakan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia meliputi lahan parkir dan toilet umum di area pintu masuk. Pengelolaan juga menyediakan penunjuk arah bagi pengunjung agar tidak salah mengambil jalur. Selain itu, terdapat beberapa tali untuk membantu melewati medan ekstrim. Hanya saja demi menjaga keasrian lingkungan, tidak banyak penjaja makanan yang tersedia di lokasi ini.

Lokasi & Akses

Objek wisata air terjun ini terletak di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. Posisinya berada di dalam hutan. Pengunjung perlu berjalan kaki dari lokasi parkir untuk sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi.

Pengunjung yang berminat berkunjung ke tempat wisata ini dapat menggunakan transportasi pribadi. Jarak tempuh Kota Bukittinggi – Air Terjun Langkuik sekitar 34 km dengan durasi 1 jam perjalanan. Pengunjung dapat mengambil arah Simpang Padang Luar menuju Simpang Malalak. Kemudian pengunjung dapat menuju Jorong Nyiur untuk tiba di area parkir.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini