Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN BADORAI: 6 Aktivitas Wisata Menarik - September 2020

Air Terjun Badorai
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 14.00 No. Telepon: - Alamat: -,Sungai Pua,Agam,Sumatera Barat,Indonesia,26181.

Bermain ke Kota Bukittinggi tidak ada salahnya melipir ke Kabupaten Agam. Kabupaten Agam terkenal dengan julukan negeri seribu air terjun. Air terjun yang ada pun bervariasi dari ketinggian, bentuk, dan debit aliran airnya. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Badorai.

Lokasi air terjun masih satu jalur pendakian dengan Gunung Marapi via Badorai. Air terjun ini cocok bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan tanpa ribet. Aksesnya mudah ditempuh dan tidak banyak menguras energi untuk mengunjunginya. Pengunjung hanya perlu bertanya kepada penduduk sekitar untuk menemukan jalur masuk yang tepat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai

Tidak ada tiket masuk yang dipatok untuk berkunjung ke sini. Wisata air terjun ini di kelola swadaya oleh masyarakat setempat. Wisatawan yang datang hanya perlu menyiapkan retribusi penitipan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp 0 (gratis)
Penitipan KendaraanRp 5.000/ kendaraan

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Agam

Waktu Operasional

Kawasan wisata air terjun terbuka untuk umum setiap hari. Tidak ada jam operasional khusus untuk mengunjungi air terjun ini. Pengunjung disarankan berkunjung pada pagi hari agar memiliki waktu yang leluasa.

Waktu Operasional
Senin – Minggu08.00 – 14.00

3 Tingkat Air Terjun Badorai

Air Terjun Badorai terdiri dari 3 tingkatan. Tinggi air terjun tingkat 1 dan 2 berkisar 20 meter dengan arus ringan. Sedangkan di tingkat 3, tinggi air terjun mencapai 50 meter dengan arus deras.

Ketiga tingkatan terbentuk karena proses alam yang berbeda. Tingkat 1 terbentuk karena patahan yang terlihat dari bagian dindingnya. Sedangkan tingkat 2 dan 3 terbentuk karena lapisan bawah yang tergerus oleh aliran sungai.

Baca: Air Terjun LANGKUIK TINGGI Tiket & Ragam Aktivitas

Jika berkunjung ke sini berbagai aktivitas wisata menarik bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya.

Trekking

Panorama di sekitar Air Terjun Badorai
Panorama perbukitan yang akan menemani sepanjang perjalanan – Foto: Instagram/ Putra_muhammad

Trekking menjadi aktivitas yang wajib dilakukan jika ingin mencapai lokasi air terjun. Aktivitas trekking dimulai dari area perkampungan tempat wisatawan menitipkan kendaraan. Durasi trekking hanya memakan waktu 20-30 menit. Hal ini tergantung pada kemampuan wisatawan membaca petunjuk arah dan kecepatan menaklukan medan.

Medan trekking menuju Air Terjun Badorai bisa dikatakan cukup mudah. Pengunjung akan melewati kebun campuran milik warga setempat. Selanjutnya, pengunjung hanya perlu mengikuti aliran irigasi yang pijakannya sudah di semen. Terdapat beberapa tanjakan tajam mendekati lokasi air terjun.

Objek Foto Panorama Air Terjun

Panorama Air Terjun Badorai
Limpahan air terjun dari tebing berbatu menjadi spot foto favorit para pengunjung – Foto: Instagram/ naufalyulyan

Berfoto dengan latar derasnya limpahan air terjun tidak bisa dilewatkan. Banyak pengunjung mengabadikan air terjun dengan ketinggian 50 meter ini sebagai arsip pribadi. Tingginya air terjun dan derasnya air yang turun tentu menjadi daya tarik utama area wisata ini.

Baca: DANAU MANINJAU Tiket & Ragam Aktivitas

Mandi dan Berenang

Bermain air di Air Terjun Badorai
Wisatawan bisa berenang dan mandi di bawah air terjun – Foto: Instagram/ eh.bgkyy

Derasnya debit air yang jatuh akan menggoda pengunjung untuk bermain air di bawahnya. Terdapat kolam alami yang menampung aliran air dengan kedalaman sepinggang orang dewasa. Airnya terasa dingin dan menyegarkan. Dasarnya yang berbatu perlu menjadi perhatian wisatawan yang bermain.

Meskipun memiliki pemandangan elok, ternyata tak banyak wisatawan yang datang ke sini. Sehingga pengunjung bisa lebih leluasa menikmati pesona air terjun. Serta bermain sepuasnya di sekitar kolam di bawah air terjun.

Bermain Perosotan

Anak-anak bermain seluncur di atas bebatuan
Anak-anak bermain seluncur bebatuan sekitar air terjun. Hiburan murah meiah yang menyenangkan hati – Foto: Instagram/ Fardannabigh

Banyaknya bebatuan besar di sekitar air terjun menjadi hiburan tersendiri. Bukan karena keunikannya, namun karena kreativitas wisatawan. Banyak pengunjung yang menggunakan bebatuan ini sebagai lintasan perosotan. Selain murah aktivitas ini tak kalah menghibur dibanding berenang di kolam air terjun.

Baca: PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Bersantai Di Sekitar Air Terjun Badorai

bersantai di atas hammock
Bersantai menikmati pemandangan air terjun  di atas hammock – Foto: Instagram/ mulazzmi

Bagi pengunjung yang enggan bermain air tetap dapat menikmati Air Terjun Badorai. Di sekitar air terjun terdapat beberapa spot yang dapat digunakan untuk memasang hammock. Hammock perlu dibawa sendiri oleh para pengunjung.

Bersepeda

pengunjung bersepeda ke lokasi air terjun
Bersepeda ke air terjun juga salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan – Foto: Instagram/ Rizaljulius

Aktivitas bersepeda dapat menjadi pilihan alternatif untuk sampai ke lokasi air terjun. Medannya yang tidak begitu sulit tentu akan mengasyikan untuk dilalui sepeda. Pengunjung yang menggunakan sepeda disarankan menggunakan alas kaki sendal gunung. Hal ini untuk mengatasi medan yang melintasi air.

Fasilitas

Tidak banyak fasilitas pendukung yang tersedia. Kondisinya yang masih alami belum tersedianya kamar kecil, tempat makan, atau pun tempat beribadah. Wisatawan yang memerlukan fasilitas tersebut perlu kembali ke perkampungan warga.

Lokasi dan Akses Air Terjun Badorai

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Kaki Gunung Marapi. Tepatnya di Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lokasinya berjarak 10 km dari pusat Kota Bukittinggi dengan jarak tempuh 30 menit.

Dari Kota Bukittinggi wisatawan dapat menggunakan transportasi pribadi. Rute yang dipilih adalah Bukittinggi – Jalur Pendakian Marapi. Lokasi air terjun masih berada di satu jalur dengan jalur pendakian Marapi via Badorai. Selanjutnya, wisatawan perlu memarkirkan kendaraan dan meneruskan dengan perjalanan kaki selama 15 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini