Beranda Tiket Wisata

Kapalo Banda Taram Tiket & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kapalo Banda Taram : Rp20.000Jam Buka: 07.00 - 17.30No. Telepon: -Alamat: Taram, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia, 26271

Pada mulanya, Kapalo Banda Taram tidak terlalu populer sebagai tempat wisata di Sumatra Barat. Hal itu karena letaknya yang berada dekat dengan Lembah Harau yang sudah lebih dahulu terkenal. Namun, tempat ini menjadi terkenal karena ada pengunjung yang mengulas tempat ini di media sosial. Hal menarik yang bisa ditemukan di sini yaitu keindahan alamnya yang menawan dan membuat betah.

Salah satu wahana yang menjadi daya tarik dari danau ini yaitu wisata rakitnya. Pengunjung bisa menyewanya untuk mendapatkan pengalaman mengendarai rakit secara langsung. Selain itu, di sini juga tersedia tempat untuk bersantai atau berolahraga. Tak perlu takut kelaparan karena terdapat beberapa kios yang menjual makanan sekaligus suvenir.

Harga Tiket Masuk Kapalo Banda Taram

Harga tiket masuk ke Kapalo Banda Taram tergolong cukup terjangkau. Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya untuk menyewa rakit. Biaya lain yang harus disiapkan pengunjung yaitu untuk menyewa penginapan dan fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk Rp20.000
Sewa rakit Rp10.000-Rp20.000/jam
Penginapan mulai dari Rp300.000

Baca: HARAU DREAM PARK Tiket & Wahana

Jam Buka Kapalo Banda Taram

Kapalao Banda Taram beroperasi setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Jam operasional tersebut sedikit berbeda pada hari Jumat, dengan jam buka pukul 14.00.

Jam Operasional
Senin-Kamis 07.00-17.30
Jumat 14.00-17.30
Sabtu-Minggu 07.00-17.30

Naik Rakit Berkeliling Danau

Pengunjung yang menyewa rakit di Kapalo Banda Taram
Salah satu wisata menarik di Kapalo Banda Taram yaitu menaiki rakit berkeliling danau sambil menikmati udara yang segar. Foto: Google Map/Pangeran Sriwijaya

Salah satu wisata menarik pusat rekreasi ini yaitu naik rakit keliling danau. Rakit-rakit yang tersedia merupakan milik dari warga setempat. Selama kurang lebih satu jam, rakit tersebut bisa dipakai lengkap dengan kayuhnya. Cara untuk menaiki rakit ini yaitu harus berdiri sambil mendayung dengan kayuh bambunya.

Pengunjung bisa mengendarai rakit dengan santai sambil menikmati lingkungan sekitar. Angin yang sejuk akan menerpa wajah saat menaiki rakit. Tak hanya itu, pemandangan langit dan hutan sekitar akan terpantul di permukaan air danau. Dengan keindahan alamnya itu, jangan lupa untuk minta difoto ketika sedang mengendarai rakit.

Baca: HARAU VALLEY Tiket & Ragam Daya Tarik

Menikmati Pemandangan Alam di Sekitar Danau

Pemandangan bukit dan area irigasi di Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram memiliki pemandangan yang indah yaitu bukit yang ditumbuhi pohon rimbun, air danaunya yang jernih, serta langit yang biru saat cuaca cerah. Foto: Google Map/Sam Ica

Danau di Kapalo Banda Taram memiliki air yang jernih dan dingin, sehingga bebatuan yang ada di dasar danau pun bisa terlihat. Di sekitar danau terdapat hutan rimbun, sawah, dan perbukitan. Pengunjung bisa mendengar suara kicauan burung yang saling bersahutan dari dalam hutan. Sesekali bisa terlihat burung-burung yang beterbangan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Salah satu tempat untuk menikmati pemandangan alam di sini yaitu di tepi danau dan pondokan. Sambil menikmati pemandangan, pengunjung bisa menyantap bekal dari rumah atau membeli makanan di kios yang tersedia. Di bawah pondokan, ada beberapa ayunan yang bisa digunakan oleh umum. Pengunjung bisa menikmati suasana danau sambil duduk di ayunan dan mencelupkan kaki ke air.

Baca: Air Terjun LUBUAK BULAN Keunikan & Ragam Aktivitas

Bermain Air di Area Irigasi dan Anak Sungai

Bermain air di anak sungai Kapalo Banda Taram
Pengunjung bisa juga berenang dan bermain ayunan di kawasan anak sungai dari Kapalo Banda Taram. Foto: Google Map/Permadi Sri Herlambang

Kejernihan air danaunya seakan menggoda siapa saja yang berkunjung untuk bermain air atau sekadar menceburkan kaki. Bagi yang ingin berenang di danau ini, tidak perlu takut tenggelam karena danau tidak terlalu dalam. Pengelola menyediakan tempat penyewaan ban renang bagi anak-anak yang juga ingin berenang di sini.

Selain di danau, area irigasi dan anak sungai juga bisa menjadi tempat bermain air. Terdapat aliran air bertingkat yang menarik untuk dilihat di area irigasi. Lalu, jika bermain air di anak sungai, pengunjung tidak perlu kepanasan karena di sekitarnya terdapat pohon yang tinggi dan rimbun. Di kedua area tersebut banyak pengunjung yang berswafoto atau mengambil potret pemandangan alam.

Baca: SARASAH BUNTA: Kawasan Wisata 5 Air Terjun

Fasilitas di Kapalo Banda Taram

Sebagai sebuah area wisata, fasilitas yang tersedia tergolong lengkap. Bagi yang senang wisata jelajah, pengelola menyediakan jalur untuk melakukan jungle tracking. Bagi yang hobi wisata alam, di sini tersedia area yang cukup luas untuk berkemah dan outbound.

Fasilitas lainnya yang ada di sini yaitu toilet, musala, area parkir, dan tempat untuk membeli makanan serta suvenir. Selain itu, di sini juga tersedia kamar mandi bilas, balai pertemuan, dan area untuk berfoto.

Lokasi Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram berlokasi di Desa Taram, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Lokasi wisata ini terletak 11,5 kilometer dari pusat kota Payakumbuh. Untuk sampai ke sini pengunjung bisa melalui jalur utama atau jalur alternatif.

Bagi yang menggunakan mobil atau motor, bisa menggunakan jalur utama. Jalur tersebut merupakan jalan raya searah yang menuju ke Lembah Harau. Sedangkan jika menggunakan sepeda, jalur alternatif bisa menjadi pilihan.

Patokan dari jalur alternatif ini yaitu Tugu Adipura yang berada di sekitar Pasar Ibuh. Dari tugu itu, pengunjung bisa bersepda menuju ke Tugu Labuah Basilang dan belok kiri menyusuri Jalan Rangkayo Rasuna Said. Memakan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Kapalo Banda Taram dengan menggunakan sepeda.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 20

Berikan Rating